Friday, November 1, 2013

Cenote Angelita di Mexico adalah Sungai Purba Bawah Laut






Cenote Angelita - Sungai bawah laut Purba yang Indah

Kegiatan menyelam atau Diving adalah salah satu kegiatan olahraga yang sangat menyenangkan dan menakjubkan, karena disamping bisa ber olahraga juga bisa menikmati pemandangan di bawah air yang begitu indah. Menyelam sekaligus memberi tantangan tersendiri dan memiliki resiko yang tidak ringan karena kita berada di ekosistem diluar kebiasaan kita hidup, ada ungkapan yang menyatakan kalau didarat manusialah yang menjadi penguasa tetapi didalam lautan manusia harus berhadapan dengan ribuan bahkan jutaan binatang laut yang siap menyerang kapan saja.

Cenote Angelita atau Goa Bidadari Kecil, tempat di mana terdapat 3 keganjilan sekaligus. Jika kamu menyelam sedalam lebih dari 30 meter maka kamu akan menemui bahwa air di sekitarnya segar layaknya air tawar, namun setelah kedalaman melebihi 60 meter maka air akan berubah menjadi asin, lalu kamu akan melihat pemandangan sebuah “sungai” dengan pepohonan dan daun-daun yang berguguran lalu mengambang.

Lalu bagaimana ke dua jenis air itu tidak tercampur, air tawar tidak mempengaruhi air asin, juga sebaliknya? Lubang besar bawah tanah umumnya di isi dengan air segar dengan kedalaman 35 kaki atau lebih. Lebih dari itu, penyelam akan mengalami keganjilan kadar garam, yakni batasan yang membedakan di mana air segar berada di atas dari air asin (atau “duduk” diatas air asin).

Beberapa tahun yang silam ada sebuah berita dari seorang penyelam Cenote Angelita, Meksiko. Bahwa ketika dia sedang menyelam pada sebuah kedalaman dimana keadaanya tidak seperti biasa, Disana ada sebuah gua. Jika kita menyelam sampai kedalaman 30 meter, airnya air segar (tawar), namun jika kita menyelam sampai kedalaman lebih dari 60 meter, airnya menjadi air asin, lalu kita dapat melihat sebuah "sungai" di dasarnya, lengkap dengan pohon dan daun daunan. fenomena alam apakah ini???

Berikut saya tampilkan gambar-gambar yang aku dapatkan dari mbah Google;



Gambar yang ini begitu menakjubkan dan tampak seperti sungai ...




Gambar Ini juga tampak seperti kubangan sungai..




Begitu mengagumkan..




Mungkin ini pintu masuk kedalam gua..




Ada juga ranting-ranting dan daun yang berguguran...




Begitu mempesona..


Setelah memperhatikan gambar diatas saya begitu kagum dengan fenomena alam ini, cuma kok tidak ada binatang binatang laut yang berkeliaran, mungkin takut di foto kali ya??
lantas apakah dibalik kejadian alam yang kadang diluar akal manusia, setelah muter muter saya temukan jawaban dari salah seorang ilmuwan Indonesia.

Menurut salah seorang peneliti Sungai Bawah Laut di Mexico diperkirakan dapat menimbulkan berbagai hal yang membahayakan bagi kehidupan di bawah laut. Memang dalam sebuah penelitian menujukkan gas sulfida (H2S) disungai bawah laut itu tidak membahayakan manusia.

Secara umum Gas Sulfida memiliki sifat yang asam, dan bila bercampur dengan air laut atau garam yang ada dalam kandungan air laut, maka gas ini bisa berbahaya bagi mahkluk hidup yang ada di laut, namun tidak berbahaya bagi manusia, demikian dikatakan Menristek Suharna Surapranata kepada vivanews.com.

Hal itu disampaikan Suharna Surapranata dalam pembukaan di The 4th GEOSS Asia – Pacific Symposium, Denpasar, Bali, Rabu 10 Maret 2010,

Kendati demikian, Suharna mengakui fenomena alam sungai di dalam laut itu merupakan bagian dari vulkanologi atau studi tentang gunung berapi, lava, magma dan fenomena geologi yang berhubungan.

"Di Indonesia memang belum pernah terjadi, namun sangat mungkin fenomena itu terjadi karena hal itu merupakan fenomena alam, dan sejauh ini penelitian tentang sungai bawah laut belum selesai, dan masih melakukan pemetaan tematik," jelasnya.

Seperti diketahui, 'sungai' bawah laut yang terjadi di perairan perairan Cenote Angelita, Mexico, pada kedalaman 60 meter itu bukanlah sungai sebenarnya.

Warna kecoklatan seperti air sungai itu merupakan lapisan gas hidrogen sulfida. Namun warna kecoklatan itu bukan berasal dari air tawar.
Disebutkan, bagian kecoklatan yang mirip air sungai itu adalah lapisan bagian bawah gas hidrogen sulfide atau H2S. Gas yang biasanya dihasilkan dari saluran pembuangan kotoran.

Suasana dalam laut itu mirip sungai lengkap dengan lapisan seperti air yang berwarna agak kecoklatan. Ada pohon lengkap dengan dedaunan jatuh berguguran.

Bahan tulisan dari berbagi info
----------
Sampai disini postingan tentang Cenote Angelita di Mexico adalah Sungai Purba Bawah Laut, semoga artikel atau tulisan diatas dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda, salam sukses selalu ...

Edit; wawansurya
Sumber ;
http://wawansurya.de.vu
http://wawansurya.tk
http://wawansurya.infos.st
http://wwbisnis.blogspot.com
www.affiliate-waones.com
http://waones-sbm.blogspot.com
http://mitra-sbm.blogspot.com
Terima kasih sudah Mau Berkunjung Keblog Ini .. bila ada yang tidak berkenan .... Comment aja ... yah!!!

merchant 
Search Engine

Artikel Menarik Lainnya :



1 comment: