Tuesday, December 24, 2013

Mengetahui dan Cara Memperbaiki Layar Laptop Blank Putih






Mengenal dan Mengatasi Layar Laptop Rusak Blank Putih
Layar komputer sering nge-blank putih dan normal lagi setelah direstart.?

Untuk mengatasi permasalahan layar laptop blank putih seperti gambar disamping sudah sangat umum bagi para pengguna laptop dan komputer. masalah ini masih tergolong ringan ketimbang kipas pendingin laptop sobat yang mati, hardisk sobat rusak, RAM yang rusak, atau pun yang paling parah sekali jika motherboard laptop sobat yang rusak.

Layar blank putih diakibatkan oleh kabel flexible laptop dalam persendian lipatan laptop yang sudah kadang nempel kadang nyambung, sehingga jika layar digerakkan sedikit, tiba - tiba layar laptop sobat ngeblank putih,...

Cara mengatasi permasalahan yang sifatnya sementara jika keadaan layar laptop belum parah. Cara penanganan sementara sebagai berikut :
1. Tekan tombol Fn + F2 sampai gambar di LCD laptop muncul.
2. Jangan menggerakkan laptop sampai gambar pada laptop muncul, karena ini akan menambah kerusakan kabel fleksibel.
3. Jangan sering buka dan tutup laptop.
Jika langkah diatas tidak berhasil mengatasinya berarti layar laptop sobat sudah terlalu parah dan sobat harus ikuti langkah kedua untuk mengatasi atau memperbaiki laptop sobat yang tiba - tiba blank putih tersebut :
1. Membongkar laptop bagian LCD. buka penutup baut pada LCD, kemudian lepaskan bautnya, setelah itu gunakan obeng min ( - ) untuk membuka Casing LCD ( membuka laptop bagian LCD sebaiknya berhati - hati agar tidak merusak casing Laptop ).
2. Setelah Cover LCD terbuka kemudian melepas bagian LCD, buka 4 baut penahan LCD pada bagian samping kiri dan kanan, tarik pelan - pelan dan letakkan di atas keyboard laptop, lihat dibagian belakang LCD terdapat beberapa kabel diantarnya adalah ada kabel LCD, kabel Camera, Kabel Antenna Wifi serta kabel Inverter.
3. Lepaskan plester / solasi / selotapenya, tarik perlahan kabelnya sampai terlepas dari socketnya, bersihkan pin conektornya, kemudian pasang kembali, ganti plester / solasi / selotapenya supaya lebih kuat dan tidak bergeser pada saat buka tutup laptop.
4. Hidupkan Laptop.
5. Apabila laptop sobat sudah normal dan Setelah itu pasang LCD kembali dan jangan pasang casingnya dulu dalam keadaan LCD yang masih terbuka dan Laptop masih ON, lakukan buka tutup laptop sobat berkali - kali, kalau tidak ada masalah berarti laptop kamu sudah normal dan masalahnya hanya pada socket kabel LCD yang loggar.
6. Tetapi kalau ternyata LCD laptop sobat kembali lagi blank warna putih semua, berarti sobat harus melepas kabel LCDnya untuk menyambung kebel yang putus atau menggantinya dengan yang baru.

------------------

Cara Mengakali dan Memperbaiki Layar Blank Putih pada Laptop
"gan, layar laptop gw sering blank putih gitu kenapa ya?" tanya gw pada guru sekolah yg kebetulan lumayan ngerti masalah perlaptopan. "ooh, itu emang salah satu kendala A Note m540ss tuh. Kemungkinan kabel yang nyambung ke LCD udah gak kuat panas yud"jawab nya. "ooh..gitu ya, kira-kira berapaan pak klo ganti baru?"tanya gw lagi. "kalo gak salah lumayan mahal juga tuh, sekitar 800ribuan."jawabnya. Gw langsung tercengang kaget mendengar angka yang lumayan gede itu, lalu gw coba browsing ke beberapa situs banyak juga sih yang membahas kasus ini tapi kebanyakan mereka cuma kasih pencegahan doang bukan pengobatan bahkan merekomendasikan untuk dibawa ke service center yang biaya nya kurang lebih seperti temen gw bilang tadi.

Faktor Laptop blank putih :
1. Kurangnya sirkulasi udara pada laptop, biasanya terjadi jika kita sering menaruh si laptop di atas bantal atau kasur padahal hal ini sangat berbahaya untuk kesehatan laptop kita. Jadi sebaiknya jika kita memang tetap ingin menaruhnya di atas kasur sebaiknya beralaskan fan khusus si laptop (malah kalo bisa jangan cuma diatas kasur aja tapi dimana-mana pun perlu). Murah koq harganya cuma 30ribu s/d 100ribuan aja (ini yang tidak bermerek tapi tetap berangin)
2. Getaran yang berlebihan, usahakan jangan menaruh laptop di dalam tas yang longgar. Maksudnya beli lah tas yang memang khusus lappy, karena jika tas khusus akan meredam sedikit getaran pada laptop.. Memang sih harga tas laptop lumayan mahal, berkisar antara 200ribu s/d 400ribuan. Tapi menurut gw sangat efektif.

Nah sekarang karena laptop kita udah terlanjur nge-blank maka gw akan berbagi tips hemat mengakali layar putih blank pada A note m540ss atau merk lain yang memiliki kasus yang sama, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Klik Start > Control Panel > Power Option > Power Schemes > Portable/laptop > lalu lakukan setting seperti pada gambar di bawah ini :


Lakukan setting seperti pada gambar, gampangkan? nah..maksud pengaturan ini adalah sebagai berikut :
• Apabila si laptop tiba-tiba nge-blank putih layarnya maka jangan sentuh si Lappy sedikitpun, baik itu mouse maupun tubuhnya.(tp jika blank hitam itu artinya settingan kita bekerja jadi jangan khawatir)
• Karena kita sudah setting turn off monitor selama 2 menit (1 menit jg gpp), maka kita harus menunggu laptop mematikan monitornya sendiri.
• Nah, kalo monitor si lappy udah blank hitam silahkan kita mengelus-elusnya dengan menggerakkan si tikus..ups..maksudnya si mouse.
• Horee..laptop udah gak ngambek lagi, silahkan lanjutkan kerjaan anda. Hehehe..
Namun karena kondisi laptop kita sebelumnya sudah bermasalah maka sebaiknya belilah fan (kipas) khusus laptop untuk mengurangi resiko yang lebih besar dan juga belilah tas khusus laptop biar dia tidak bergoyang lagi.
---------------

Sampai disini postingan tentang Mengetahui dan Cara Memperbaiki Layar Laptop Blank Putih sebagai salah satu kunci kesuksesan me-service sendiri yang bisa anda terapkan khususnya yang baru terjun di dunia trik komputer pemula seperti saya.

Setelah anda Mengetahui dan Cara Memperbaiki Layar Laptop Blank Putih, Mungkin anda tertarik untuk bisa memasang dan menyusun Gambar dalam postingan pada blog anda, silahkan anda baca pada artikel 7 Cara Mudah Membuat dan Menyusun Gallery Photo Pada Posting Blog

Semoga postingan Mengetahui dan Cara Memperbaiki Layar Laptop Blank Putih diatas dapat bermanfaat untuk anda, salam sukses selalu ...

Sumber : http://kolombloggratis.blogspot.com/2012/12/cara-memperbaiki-layar-laptop-blank.html#ixzz2m0K3mQLM

Edit; wawansurya
Sumber ;
http://wawansurya.de.vu
http://wawansurya.tk
http://wawansurya.infos.st
http://wwbisnis.blogspot.com
www.affiliate-waones.com
http://waones-sbm.blogspot.com
http://mitra-sbm.blogspot.com
Terima kasih sudah Mau Berkunjung Keblog Ini .. bila ada yang tidak berkenan .... Comment aja ... yah!!!

merchant 
Search Engine

Artikel Menarik Lainnya :



26 comments:

  1. koq udah gw fn + f2 ttp blankk?

    ReplyDelete
  2. mantab gan.
    .
    .
    .
    .
    salam semangat
    .
    .
    http://kabartebo.blogspot.com/2015/01/cara-memperbaiki-film-tampil-hitam-putih.html

    ReplyDelete
  3. Leptop saya tidak bisa jga gan, sudah dicoba semua cara di atas dan masi tetap putih.
    itu apa harus di ganti kabel flaksibelnya ya gan.
    Terimakasih atas infonya gan.

    Kunjungi blog saya jga ya gan.
    http://www.dunia-rahul.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. Laptop ngacir,,eeh acer sy juga,,putih aja,,,jd gimana mau setting (gk ada yg diliat Gan!!),,selain awan putih mega mendung...salam

    ReplyDelete
  5. Akhirnya layar laptop saya menjadi putih. Wkwkwk. Waktunya mencoba.

    ReplyDelete
  6. sifff gan.... berhasil... makasih tutor nyah !!!

    ReplyDelete
  7. Klo laptop sy 5 menit layar putih 5 menit layarnya normal.

    Gimana solusinya gan....

    ReplyDelete
  8. Lah nyopot kabel flexibelnya gmna gan?

    ReplyDelete
  9. Bagaimana dgn komputer all in one lcdnya blank putih,

    ReplyDelete
  10. Kalo laptop yg hidup kedip kedip layar putih. Setelah beberapa hari tidak dinyalakan, waktu saya nyalakan lagi layar putih dan tidak bisa digunakan tapi laptop nyala. Itu bagaimana ??

    ReplyDelete
  11. nice info gan jangan lupa mampir
    www.dairyku17.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. Sama nih laptop gue acer juga muncul blank putih terus setiap di nyalain, yaampun bikin emosi. Padahal lg di buat nugas :'(

    ReplyDelete
  13. gk berhasil ..

    kunungi juga mrread.net

    ReplyDelete
  14. Gan gmn mau seting toh layarnya kn ngeblank -.-

    ReplyDelete
  15. Kalau aku pas ngeblank putih cukup tutup laptopnya biar ngesleep, trus buka lagi dan sudah kembali normal

    ReplyDelete
  16. Makasih bang tutorialnya.
    Laptopku jadi normal lagi. Hehe
    Mantap deh pokoknya.

    ReplyDelete
  17. Gan, punya saya blank putih tapi ada pointer nya.. gimana tuh?

    ReplyDelete
  18. Gan klo masih blank putih, padahal tes layar bagus n fleksibel baru tpi tetap blank putih, gimana solusiny gan?

    ReplyDelete
  19. Laptopku klau di nyalain blank layarnya tapi stelah di diamkan slama 2jam terkadang normal tapi stelah dimatikan dihidupkan kembali blank lagi knapa gan

    ReplyDelete
  20. Sudah ditekan FN+F2 tetap gabisa mas. Itu gimana ya?

    ReplyDelete