Sunday, January 13, 2013

10 Penyebab Utama Mengapa Komputer Menjadi Blue Screen




Penyebab Komputer Sering Blue Screen






Setelah memposting yaitu,Cara Simple Menghilangkan Border Foto atau Gambar Pada Postingan di Blog
dan pada artikel halaman lainnya tentang Easy Ways to Eliminate Border Images for this article in Blog Posts

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai Penyebab Komputer Menjadi Blue Screen.
Untuk para pengguna komputer yang yg mengalami komputernya menjadi Blue Screen dapat membuat panik sementara jika tidak mengetahui penyebabnya.Banyak yg tidak mengetahui mengapa komputernya menjadi blue screen.

Mungkin dengan adanya artikel Penyebab Komputer Menjadi Blue Screen ini dapat mengurangi sedikit kepanikan teman – teman ketika menghadapi komputer yang blue screen.

Baiklah mari kita lihat 10 Penyebab Komputer Menjadi Blue Screen.

1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Ini merupakan biangnya biang kerok pada BsOD. Kenapa? Karena umumnya pada BsOD, pesan ini yang paling sering muncul. Pesan kesalahan ini disebabkan umumnya kerena ada ketidakcocokan driver yang terinstall di komputer.

Daftar Penyebab:
- Masalah driver yang bentrok atau tidak cocok
- Masalah Video Card, hal ini mencakup video card yang di overclock melebihi batas atau Anda baru berganti Video card dan Anda belum menguninstall driver Video card lama dari chipset berbeda
- Masalah Audio Card, meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card

2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Nah, pesan ini setidaknya sudah sedikit “nyambung” memberikan gambaran di mana kerusakan berada, yaitu ada di partisi atau filesystemnya tetapi bukan di harddisknya. Kita bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa kabel SATA atau PATA atau bisa mengecek partisi dengan tool chkdsk.

3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Bila Anda mendapatkan pesan seperti ini, dapat disebabkan karena:
- Overclock Hardware yang berlebihan
- Komponen komputer yang kepanasan
- BIOS yang korup
- Memory dan CPU yang cacat

4. DATA_BUS_ERROR
Pesan ini disebabkan karena adanya kemungkinan bahwa memory atau slot memory di motherboard rusak.

5. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Disebabkan karena adanya kerusakan hardware, termasuk memory utama, memory video card, atau memory di processor (L2 Cache)

6. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Disebabkan karena adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset.

7. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Kesalahan terjadi pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver.

8. BAD_POOL_CALLER
Kesalahan ini dapat terjadi karena kesalahan atau driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru.

9. PEN_LIST_CORRUPT
Pesan ini disebabkan karena adanya kerusakan RAM

10. MACHINE_CHECK_EXCEPTION
Disebabkan oleh cacatnya CPU, atau yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak.Itulah sepuluh pesan yang umumnya muncul di BsOD.


Cara Memperbaiki Blue Screen Windows 7

“Blue Screen Of Death (BSOD)” terjadi karena adanya critical error pada Sistem Operasi Windows yang menyebabkan semua aplikasi yang sedang berjalan terpaksa harus dihentikan. Dalam kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman tentang beberapa tips cara memperbaiki komputer yang mengalami BlueScreen

Terkadang untuk kita para pemula, atau orang baru pada dunia komputer merasa sangat kesal dan sedikit merasa takut sih.Nah disini akan saya berbagi pengalaman tentang menghadapi masalah pada windows dimana tiba-tiba layar berubah menjadi biru yang biasa disebut oleh orang yang berkecimpung didunia IT (BlueScreen).

Pertama-tama jika sobat semua menghadapi masalah seperti yang tadi saya ceritakan sikap yang pertama yang kita lakukan adlah jangan panik, apalagi jika sobat semua melihat screen yang bertuliskan Dumping memory, don’t panic (heheheh maksudnya slow ) jangan heboh trus bilang memory RAM rusak atau Windows 7 product jelek.

Sebenarnya langkah yang dilakukan adalah sederhana, pertama restart computer anda, lalu tunggu computer booting ulang. Wah koq blue screen lagi, ups jangan langsung marah yah, coba matikan computer anda , Tekan Power button pada computer , dan tahan sampai computer bener-bener off.

Kemudian hidupkan lagi computer, ketika booting tekan F8 dan dan tunggu nanti anda akan masuk pada jendela pilihan booting, nah disini pilih booting dengan safe mode, tunggu sampai windows booting dengan safe mode.

Nah sekarang anda sudah masuk ke operasi system safe mode.Langkah selanjutnya klik start windows pilih control panel >> system & security >> action Center >>recovery >>open System restore >> next >> next >> finish >> yes. Tunggu dan biarkan windows restart otomatis, setelah itu windows akan booting lagi, nah sekarang windowsnya sudah bisa booting lagi dengan normal dan tidak blue screen lagi atau dumping memory.

Nah jika Cara yang diatas tidak juga bisa menyelesaikan masalahnya cobara cara yang lain yaitu.
Repair System Operasi Windows
Adakalanya BlueScreen terjadi karena ada beberapa file Windows yang corrupt, untuk mengatasinya cara yang paling gampang adalah dengan melakukan Repair pada sistem operasi Windows, dengan menggunakan DVD Operasi Sytem Windows anda.
Dan jika Cara diatas juga belum bisa mengatasi masalah si biru tadi, sekarang coba cara yang lain yaitu,
Memeriksa Perangkat Hardware.

Yang pertama anda periksa itu adalah Hard disk, terkadang kondisi hard disk yang bad, atau kurang baik, bisa mengakibatkan Blue Screen, jika memang Hard disk baik baik saja, dan anda tidak menemukan kerusakan yang berarti ada baiknya anda memeriksa Memory RAM anda, Pastikan kalau RAM anda terpasang dengan baik, atau kalau memang dibutuhkan periksa RAM Anda dengan menjalankan program "Windows Memory Diagnostic"

Semoga tulisan ini dapat membantu.

Sekian informasi sederhana saya mengenai Penyebab Komputer Menjadi Blue Screen.
Untuk orang yang kurang mengerti mengenai blue screen ini dapat mencari pengertian dari blue screen pada situs – situs melalui browsing google seperti wikipedia.

Nah jika belum juga bisa mengatasinya, saya sarankan Anda untuk menganalisa apa yang menyebabkan sehingga computer Anda Blue Screen.

Oh iya, jika ingin mengetahui berapa harga blog atau website anda, silahkan anda baca pada halaman lainnya dibawah;
Cara Mengetahui Berapa Harga Blog Anda
HOW TO KNOW WHAT PRICE AND RATING BLOG

dan artikel yang mungkin berhubungan dengan blog anda;
Cara Alternatif agar Blog kita Mudah Dicari di Google
Easy way to make our blog Searched in Google

Selamat mencoba yah,,,semoga bermanfaat.

Edit ; wawan surya
Sumber;
www.affiliate-waones.com
http://waones-sbm.blogspot.com

http://mitra-sbm.blogspot.com
merchant 
Search Engine

Artikel Menarik Lainnya :



3 comments:

  1. Makasih banyak atas infonya, begitu detail dan begitu mudah difahami. :)

    Pusat Service Komputer & Laptop

    ReplyDelete
  2. lengkap banget gan,, thanks,, komputer saya sering alami blue screen... sampe di install ulang,, ehh gak lama kemudian gitu lagii,, karna bingung musti gmn,, yahh di ke bengkelin aja deh,, klo dri awal nemu blog ini mungkin bisa dicoba dlu tutor nya,, hehe

    mampir gan: hal yang wanita perhatikan dari pria

    ReplyDelete
  3. Lucky Computer Solution
    Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa service dan maintenance komputer
    PANGGILAN dengan tim professional dan terpercaya Termurah di Bandung, Cimahi, Sumedang, Garut.

    Pastikan anda selalu menggunakan jasa Lucky Computer Solution.
    Masalah apa saja yang bisa di tangani tim teknisi kami ?
    #Komputer mati total
    #Komputer sering Hang
    #Komputer lambat
    #Terkena virus
    #Install program
    #Install ulang Operasi sistem Windows
    #Pemasangan jaringan
    #Komputer mati sendiri
    #Komputer Restart sendiri
    #Komputer Nyala Monitor Mati
    #Komputer Tidak Konek Monitor

    Jangan khawatir dengan biaya, karna Lucky Computer Solution memberikan harga yang begitu murah, dan terjangkau smua kerusakan hanya 120.000 sudah termasuk pembersihan seluruh komponen computer + Pasta Procesor + install ulang + Driver + Backup DATA + Program kerja +
    hubungi call service kami di :
    081-220-769-974 atau Pin BB 25CB7BAF

    ( Catatan : LCS hanya melayani Area Bandung, Cimahi, Sumedang. Diluar Bandung kota dikenakan biaya transportasi )

    ReplyDelete