Sunday, May 25, 2014

Contoh - contoh Soal Psikotes Terbaru







Contoh Soal Psikotes Lengkap dan Jawabannya


Contoh Soal Psikotes - Psikotes yaitu sesuatu metode kontrol psikologi yang menggunakan suatu alat psikodiagnostik secara spesifik serta dipergunakan oleh beberapa pakar yang telah betul-betul terlatih bagi mengukur bisa juga tahu beragam perihal perihal diri seseorang, baik dari sisi kecerdasan, ketertarikan, sikap, serta susunan kepribadiannya.

Bagi kalian yang sedang mecari pekerjaan, sebelum diterima pasti ada syarat-syarat atau serangkaian tes agar bisa diterima. Setelah melengkapi dengan surat lamaran kerja, CV, dan Daftar Riwayat Hidup, anda akan menghadapi tes psikotes sebelum benar-benar dinyatakan lolos seleksi. Baik itu tes CPNS atau pun tes untuk melamar disebuah kantor/perusahaan, tes psikotes merupakan hal yang akan sering Anda temui ketika melamar pekerjaan.

Contoh soal psikotes bagi sebagian orang memang cukup penting karena dengan belajar tes tersebut selain menambah wawasan juga bisa menjadi bahan persiapan bila nanti menghadapi psikotes. Saat kita yakin dan mencoba untuk mengerjakan beberapa puluh dan bahkan ratusan contoh saya rasa kita bisa melewati tantangan ini. Harapan semua orang saya rasa semuanya sama yaitu menginginkan lulus dan berlanjut ke tahapan selanjutnya biasanya test wawancara.

Dengan melakukan latihan maka kita sudah memenuhi syarat untuk lulus uji test psikotes. Selain itu,sebelum melakukan test persiapkan beberapa hal penting yang berkaitan dengan tahapan pertama ini. Persiapkan secara matang diri anda dan jangan tergesa gesa saat mengisi jawaban karena bila anda mengisi dengan buru buru maka akan mengacaukan pikiran anda dan hasilnya pasti tidak akan maksimal. Hal penting lainnya adalah dengan berdoa. Ya, benar sekali jangan pernah lepas dari doa dan meminta kepada Tuhan Yang Maha Esa agar semua hal yang kita lakukan di berkati dan diberkahi serta mendapatkan hasil yang kita inginkan. Bagi teman teman yang ingin sukses dalam tes psikotes,maka perbanyaklah mencoba mengerjakan contoh soal psikotes.

Contoh soal psikotes dan jawabannya sangat bermanfaat juga bagi kamu yang ingin latihan sendiri untuk menguji seberapa mengerti kamu mengenai ilmu arismetik,logika angka,logika gambar,logika formil dan sebagainya yang telah kamu miliki. Saat menghadapi psikotes umumnya pada setiap lembar jawaban atau soal psikotes anda diminta mengisi isian nama,tanggal,dsbnya. Begitu anda diperbolehkan untuk mulai mengisi jangan lupa dan jangan menunda untuk mengisinya serta isilah dengan lengkap dan rapi. Dengarkan baik-baik setiap ucapan dan pengarahan dari pengawas tes.

Demikian juga petunjuk yang ada di setiap soal tes jangan lupa untuk membaca petunjuk tersebut terlebih dulu barulah anda mengerjakan soal tesnya. Jadi jangan langsung mengisi atau menjawab soal yang ada tanpa membaca dan mengetahui cara serta mengerti petunjuk pengisiannya. Jadi bila anda sudah pernah mencoba belajar mengerjakan contoh soal psikotes dan jawabannya bisa dipastikan anda pasti lancar mengerjakannya. Dengan banyak belajar maka teman teman diharapkan akan mampu dan berhasil dalam berbagai tes dilingkup penerimaan kerja baik untuk psikotes masuk bank,psikotes masuk POLRI, psikotes masuk CPNS ataupun untuk psikotes masuk di berbagai lembaga swasta lainnya. Jadi jangan ragu untuk belajar contoh soal psikotes dan jawabannya.

Contoh soal psikotes dan jawabannya memang berbagai macam tergantung tempat atau instansi yang melakukan tes tersebut,karena itu anda harus selektif untuk memilih bahan sesuai kebutuhan anda. Bila anda mencarinya di internet banyak juga disediakan contoh soal psikotes dan jawabannya yang bisa anda Mengunduh secara langsung dan gratis. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa soal soal psikotes yang bisa kamu dapatkan secara gratis diinternet masih memiliki banyak keterbatasan yaitu keterbatasan dalam jumlah soal. Namun demikian soal-soal ini patut untuk didapatkan sebab hal kecil yang diperbuat tentunya akan lebih bermanfaat dari pada tidak pernah berbuat dan mencoba sama sekali serta sebagai solusi untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian psikotes.

Saat menghadapi psikotes jangan enggan untuk bertanya ke pengawas tes. Bila ada sedikit saja yang anda tidak mengerti mengenai soal tersebut maka bisa langsung ditanyakan ke pengawas tes yang ada. Jangan pernah bertanya ke peserta di kanan atau kiri anda,tetapi bertanyalah ke pengawas tes yang ada. Jangan melihat jawaban orang lain,karena akan membuat hasil anda bertentangan dengan kondisi pribadi yang sesungguhnya tetapi isilah apa adanya. Untuk jenis-jenis soal tertentu jawablah yang mudah terlebih dulu. Agar tidak bingung sewaktu mengerjakan psikotes ada baiknya mencoba dulu contoh soal psikotes dan jawabannya.

Soal psikotes dan jawabannya merupakan suatu media pembelajaran bagi calon mahasiswa atau calon pegawai yang akan mengikuti seleksi masuk entah dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja. Karena psikotes merupakan bagian dari rangkaian seleksi sebuah lowongan kerja yang kerap memiliki arti penting. Psikotes percaya atau tidak merupakan perangkat untuk menangkap kecenderungan para pelamar yang meliputi kemampuan intelektual atau kepribadian mereka. Dua hal ini tentunya akan disesuaikan dengan karakteristik pekerjaan yang tersedia.

Kalau menurut saya kegagalan dalam psikotes bukan karena anda buruk secara psikologis tetapi anda kurang siap dalam proses tersebut karena di pengaruhi oleh banyak faktor antara lain anda kurang menguasai bahan,tempat tidak tenang sehingga menganggu konsentrasi sehingga mempengaruhi proses pengerjaan. Sebenarnya masih banyak faktor yang berperan lulus tidaknya seseorang dalam mengikuti psikotes tapi bila anda sudah antisipasi sebelumnya dengan banyak belajar mengerjakan contoh soal psikotes kemungkinan besar anda lulus lebih besar. Jadi anda wajib belajar mengerjakan contoh soal psikotes dan jawabannya.

Contoh soal psikotes biasanya berisikan pertanyaan dan jawabannya agar memudahkan dalam mengerjakannya. Selain itu soal soal psikotes ini sangat bermanfaat juga bagi kamu yang ingin latihan sendiri untuk menguji seberapa tinggi ilmu Arismetik,logika angka,logika gambar logkai formil dan sebagainya yang telah kamu miliki. Dengan mempelajari soal psikotes maka diharapkan akan mampu dan berhasil dalam berbagai tes dilingkup penerimaan kerja,baik untuk psikotes masuk Bank, psikotes masuk POLRI, psikotes masuk CPNS ataupun untuk psikotes masuk di berbagai lembaga swasta lainnya.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa soal soal psikotes banyak tersedia yang bisa kamu dapatkan secara gratis bila anda mencarinya di internet biarpun memiliki beberapa keterbatasan. Namun demikian soal-soal ini patut untuk didapatkan,sebab hal kecil yang diperbuat tentunya akan lebih bermanfaat dari pada tidak pernah berbuat sama sekali dan sebagai solusi untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian psikotes. Karena sudah menjadi syarat mutlak dalam proses rekruitmen karyawan baik dalam lembaga pemerintahan maupun perusahaan swasta anda harus melalui tahapan ini. Dengan persiapan yang cukup kemungkinan besar lulus ujian psikotes lebih besar dibandingkan mereka yang tidak pernah mencoba berlatih mengerjakan contoh soal psikotes.

Contoh soal psikotes berbagai macam bentuknya sesuai dengan kriteria tempat pelaksanaan ujian tersebut,jadi pelajari semua yang berhubungan agar bisa menjadikan modal awal dalam melangkah menjalani ujian psikotes. Beberapa contoh dan kumpulan soal psikotes berisikan soal logika yang biasanya dipake buat melatih logika anda dan mengetahui cara berpikir seseorang dalam menghadapi suatu masalah. Tidak ada jawaban benar atau jawaban salah disini namanya juga psikotes,cuma buat mengetahui cara berpikir dan melatih logika, jadi semua versi jawaban bakal diterima.

Sebagai contoh seperti ini seorang pria menggunakan pakaian berwarna serba hitam,celana hitam,sepatu hitam,kaos kaki hitam,sarung tangan hitam dan kacamata hitam. Ia berjalan di sebuah lorong hitam. Seluruh lampu di lorong itu padam total. Kemudian sebuah kendaraan berwarna hitam dengan lampu yang juga padam meluncur memasuki lorong. Namun tepat di depan orang itu kendaraan berhenti. Bagaimana mungkin pengendara kendaraan bisa melihat lelaki itu. Anda dihadapkan kepada suatu masalah,jadi dituntut untuk berfikir menghadapi masalah tersebut. Jadi disini selain melatih anda untuk mengasah kecerdasan anda untuk berfikir menyelesaikan masalah dan jawaban yang kamu berikan mencerminkan kepribadian kamu.

Tujuan - Mengapa Harus Memilih Contoh Soal Psikotes?
Contoh soal psikotes biasanya dicari saat kita mau menghadapi ujian masuk sebuah instansi maupun perusahaan karena hampir semuanya memberlakukan tes ini agar bisa mengetahui kemampuan, minat, bakat dan tingkat kecerdasan dari calon pendaftar. Untuk soal ini bisa kita dapatkan di toko buku, tanyakan ke teman yang pernah melakukan tes ini dan mencari informasi lewat internet. Psikotes adalah salah satu jenis tantangan yang harus di lewati sebelum menjadi karyawan, guru atau bidang bidang pekerjaan lainnya.

Psikotes biasanya di lakukan setelah lamaran kerja di serahkan kepada pencari kerja. Persaingan kerja memang sangat menentang dan menjadi momok saat ini. Untuk menjadi apa yang diinginkan kita terlebih dahulu melewati beberapa tahapan tertentu,jika gagal pada satu tahapan maka otomatis tidak bisa mengikuti tantangan selanjutnya serta harus mengulanginya pada lain waktu.

Psikotes bukan lah hal biasa,banyak orang gagal saat di uji,namun sebenarnya hal tersebut memiliki beberapa faktor yang menyebabkannya antara lain merupakan kesalahan serta malasnya seorang mengerjakan contoh soal sebelumnya. Karena itu sangat diperlukan adanya bahan yang bisa dijadikan pedoman karena itu anda perlu adanya contoh soal psikotes.

----------------------------------------------------------------

Contoh Lainnya Soal Psikotes dan Tips Mengerjakannya

Berikut dibawah ini terdapat contoh soal psikotes dan cara mengerjakan soal psikotes yang sering di keluarkan oleh perusahaan dalam ujian psikotes.
(silahkan klik dibawah ini untuk melihat contoh Test yang lainnya selain yang dibahas pada postingan ini)

1. Tes Logika Aritmatika
2. Tes Logika Penalaran
3. Tes Analog Verbal Test
4. Tes Kraeplien/Pauli
5. Wartegg Test
6. Draw A Man Test (DAM) / Tes Menggambar Orang
7. Army Alpha IntelegenceTest
8. Draw A Tree Test (DAT) / Tes Menggambar Pohon
9. Edwards Personal Preference Schedule (EPPS)

Tips Lulus Tes Psikotest seperti dilansir waones articles.com dari pengalaman atau learning by doing antara lain:
- PANDUAN PSIKOTES TERBARU
- Fungsi Test Psikotest
- PSIKOTES : Pengertian, Pembahasan dan Contoh Soal
- Tips Rahasia Lolos Seleksi Psikotes
- Definisi Psikotest dan Cara Menjawab Soal
- Kiat mengatur waktu dalam ujian Psikotes
- Latihan soal psikotes dan jawabannya
- Contoh - contoh Soal Psikotes Terbaru   >>> anda sedang baca ini

-----------------------------------------------------------------------



Tes psikologi (Phsicology Test) atau lebih sering disebut tes psikotest merupakan salah satu bagian dan tahap perektutan karyawan di banyak perusahan. Apakah perusahaan BUMN, perbankan (bank), TNI, Polri, cpns dan akademisi seperti UI (Universitas Indonesia) maupun perusahaan swasta seperti astra dan yang lainnya. Tujuan dari psikotes itu sendiri memiliki kesamaan diantaranya yaitu untuk mengukur aspek individu secara psikis. Psikotes juga dapat diaplikasikan kepada anak-anak maupun dewasa dan bisa berbentuk tertulis, proyektif, atau evaluasi secara verbal yang teradministrasi untuk mengukur fungsi atau kemampuan kognitif dan emosional seseorang.

Psikotes berbeda dengan tes potensi akademik (TPA), psikotes secara umum lebih kepada tes kepribadian. Jadi didalam penilaian psikotes tidak berdasarkan siapa yang paling pintar, karena bisa saja orang yang secara akademik tidak begitu pintar mengalahkan orang yang lebih pentar darinya dan lolos ujian psikotes. Hal ini sering terjadi, bahkan mungkin Anda pernah mengalaminya atau melihat orang lulusan perguruan tinggi terbaik belum bekerja atau diterima kerja di sebuah perusahaan karena selalu gagal dan tidak lolos psikotes.

-------------------------

Selain Tes psikotes seperti yang telah dijelaskan disini masih panjang dan berkelanjutan. Hal diatas hanya sebagian kecil dari soal soal psikotes. Maka tips psikotes yang ampuh adalah berdoa agar lancar dalam mengerjakan psikotes. Demikian artikel psikotes .

Silahkan anda lanjutkan pada pembahasan Psikotest selanjutnya seperti yang tercantum diatas ... Atau kemenu utama PANDUAN PSIKOTES TERBARU

Semoga bermanfaat ..

Mudah-mudahan teman semua bisa lolos uji tes psikotes dan dapat diterima. Jika bermanfaat bagikan ke teman yang lain yaa :)

Sumber : Singo Group Co., PT. Gilland Ganesha, CV. Flamboyan, CV. Laris, Yayasan KPT, GigaFarm, SingoFarm, Cangkok.com, Cangkok.co.id, CV. Indragung, ggkarir.com, ggiklan.com, bursa-kerja.ptkpt.net, flamboyan.co.id, gilland-ganesha.com, ptn-pts.org, indragung.co.id, lowongan-kerja.net, kerja.biz, indonesia-info.net, laris.co.id, lowongan-kerja.kpt.co.id, beasiswa.ptkpt.net, pekerjaan.net, soal-psikotest.com, psychologymania.com, dsb.

Gambar: Google Image

Bila anda akan meng-copy atau memperbanyak bahasan psikotes ini,
seyogyanya anda tetap mencantumkan semua sumber-sumber tersebut di atas.


Edit; wawansurya
Sumber utama bahasan;
http://wawansurya.de.vu
http://wawansurya.tk
http://wawansurya.infos.st
http://wwbisnis.blogspot.com
www.affiliate-waones.com
http://waones-sbm.blogspot.com
http://mitra-sbm.blogspot.com
Terima kasih sudah Mau Berkunjung Keblog Ini .. bila ada yang tidak berkenan .... Comment aja ... yah!!!

merchant 
Search Engine

Artikel Menarik Lainnya :



1 comment:

  1. Psikotes itu mudah jika tahu trik menghadapinya! Psikotes itu gampang jika tahu cara menjawabnya!
    Simak caranya di Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya atau Download Soal Psikotes

    ReplyDelete