Sunday, May 25, 2014

Test Edwards Personal Preference Schedule (EPPS)






Mengetahui dan Belajar Tes EPPS



Tentang Tes EPPS
Pada umumnya saat tes epps kita akan diminta untuk memilih kecenderungan (yang kita sukai) atau sifat yang melekat pada diri kita sendiri diantara 2 pernyataan. Terkadang ke-2 pernyataan tersebut tidak ada yang kita sukai atau merupakan sifat kepribadian kita, kita tetap harus memilih salah satu yang mendekati diri kita.

Sungguh ironi melihat hal ini, namun inilah fakta yang sering terjadi dikalangan jobseekers atau pelamar kerja. Psikotes memang merupakan fenomena tersendiri bagi para pelamar kerja. Oleh karena itu saya ingin membantu dan akan memberikan beberapa tips mengerjakan soal psikotes terutama Tentang Tes EPPS dan cara agar lolos psikotes kepada Anda dan berharap Anda tidak lagi gagal dalam ujian psikotes.

----------------------------------------------------------------

Contoh Lainnya Soal Psikotes dan Tips Mengerjakannya

Berikut dibawah ini terdapat contoh soal psikotes dan cara mengerjakan soal psikotes yang sering di keluarkan oleh perusahaan dalam ujian psikotes.
(silahkan klik dibawah ini untuk melihat contoh Test yang lainnya selain yang dibahas pada postingan ini)

1. Tes Logika Aritmatika
2. Tes Logika Penalaran
3. Tes Analog Verbal Test
4. Tes Kraeplien/Pauli
5. Wartegg Test
6. Draw A Man Test (DAM) / Tes Menggambar Orang
7. Army Alpha IntelegenceTest
8. Draw A Tree Test (DAT) / Tes Menggambar Pohon
9. Edwards Personal Preference Schedule (EPPS) >>> anda sedang baca ini

Tips Lulus Tes Psikotest seperti dilansir waones articles.com dari pengalaman atau learning by doing antara lain:
- PANDUAN PSIKOTES TERBARU 
- Fungsi Test Psikotest
- PSIKOTES : Pengertian, Pembahasan dan Contoh Soal
- Tips Rahasia Lolos Seleksi Psikotes
- Definisi Psikotest dan Cara Menjawab Soal
- Kiat mengatur waktu dalam ujian Psikotes
- Latihan soal psikotes dan jawabannya
- Contoh - contoh Soal Psikotes Terbaru  

-----------------------------------------------------------------------

9. Edwards Personal Preference Schedule (EPPS)

Tes EPPS (Edwards Personal Preference Schedule)
Tujuan tes epps (edwadrs personal preference schedule) ini untuk mengukur dan meninjau kepribadian orang dilihat dari kebutuhan-kebutuhan yang mendorongnya dalam pekerjaan serta sejauh mana sifat yang kita miliki terhadap kococokan dengan posisi kerja yang kita lamar.

Tes ini terdiri atas pilihan-pilhan jawaban yang paling mencerminkan diri anda. Tes ini dipergunakan untuk mengetahui seberapa besar motivasi, kebutuhan dan motif seseorang.

Tips Mengerjakan Edwards Personal Preference Schedule adalah:

a.Jawablah setiap pertanyaan dengan jujur sesuai dengan kondisi anda, setidaknya yang paling mendekati, karena pertanyaan akan berulang di nomor-nomor berikutnya, sehingga apabila jawaban anda tidak sinkron, hal ini akan merugikan Anda. Kejujuran anda terkait dengan cerminan kesesuaian diri anda terhadap lowongan pekerjaan yang anda lamar.

b. Secara keseluruhan, tes EPPS ini memang paling sulit untuk di-adjustment (diakali), namun setidaknya ada beberapa pertanyaan yang bisa di-adjustment untuk disesuaikan dengan lowongan pekerjaan yang anda pilihan. Misalnya ketika anda melamar menjadi pegawai Bank, pilihlah jawaban-jawaban yang mencerminkan kejujuran, keteraturan, kedisiplinan dan mampu bekerja dalam teamwork.

c. Karena sulitnya proses adjusment tehadap tes ini, jalan paling praktis yang dapat ditempuh adalah memperbaiki diri (self improvement) anda dalam segala hal, setup diri anda menjadi seakan-akan seseorang profesional dalam setiap tingkah laku keseharian anda seperti: jujur, tepat janji, tanggung jawab dan disiplin. Karena cerminan pola pikir dan tingkah laku positif diri anda, akan tertuang tanpa anda sadari dalam hasil tes.

Contoh Soalnya:
1. A. Saya suka memuji orang yang saya kagumi
B. Saya ingin merasa bebas untuk melakukan apa saja yang saya kehendaki

2. A. Saya merasa bahwa dalam banyak hal saya kalah dibandingkan orang lain
B. Saya suka mengelakkan tanggung jawab dan kewajiban-kewajiban

Tes EPPS (Edwards Personal Preference Schedule)
Pada umumnya saat tes epps kita akan diminta untuk memilih kecenderungan (yang kita sukai) atau sifat yang melekat pada diri kita sendiri diantara 2 pernyataan. Terkadang ke-2 pernyataan tersebut tidak ada yang kita sukai atau merupakan sifat kepribadian kita, kita tetap harus memilih salah satu yang mendekati diri kita.

Tujuan tes epps (edwadrs personal preference schedule) ini untuk mengukur dan meninjau kepribadian orang dilihat dari kebutuhan-kebutuhan yang mendorongnya dalam pekerjaan serta sejauh mana sifat yang kita miliki terhadap kococokan dengan posisi kerja yang kita lamar.

Contoh soal EPPS



Adapun contoh pertanyaannya soal epps sebagai berikut:

A. Saya suka menolong teman bila mereka sedang mengalami masalah
B. Saya senang melakukan pekerjaan bersama hingga selesai

Tips lainnya dan cara mengerjakan soal epps

Sebelum mengerjakan soal epps, nanti Anda akan diminta oleh panitia penyelenggara psikotes Anda untuk memilih salah satu kecenderungan yang menurut Anda ada pada diri Anda. Jika jawaban Anda adalah pernyataan yang pertama Anda diminta melingkari huruf A dan jika Anda memilih jawaban terhadap pernyataan yang kedua, Anda diminta melingkari huruf B.

Saran saya dalam menjawab pertanyaan soal epps ini kepada Anda adalah jawablah pertanyaan yang sesuai atau mendekati sifat apa yang dibutuhkan atas pekerjaan atau posisi yang Anda duduki setelah Anda lulus psikotes dan diterima kerja nantinya. Jangan menjawab diluar dari itu, walau Anda memiliki loyalitas tehadap teman namun disini Anda tidak diminta untuk itu, melainkan keprofesionalan Anda saat berkerja.

-------------------------

Selain Tes psikotes seperti yang telah dijelaskan disini masih panjang dan berkelanjutan. Hal diatas hanya sebagian kecil dari soal soal psikotes. Maka tips psikotes yang ampuh adalah berdoa agar lancar dalam mengerjakan psikotes. Demikian artikel psikotes .

Silahkan anda lanjutkan pada pembahasan Psikotest selanjutnya seperti yang tercantum diatas ... Atau kemenu utama PANDUAN PSIKOTES TERBARU

Semoga bermanfaat ..

Mudah-mudahan teman semua bisa lolos uji tes psikotes dan dapat diterima. Jika bermanfaat bagikan ke teman yang lain yaa :)

Sumber : Singo Group Co., PT. Gilland Ganesha, CV. Flamboyan, CV. Laris, Yayasan KPT, GigaFarm, SingoFarm, Cangkok.com, Cangkok.co.id, CV. Indragung, ggkarir.com, ggiklan.com, bursa-kerja.ptkpt.net, flamboyan.co.id, gilland-ganesha.com, ptn-pts.org, indragung.co.id, lowongan-kerja.net, kerja.biz, indonesia-info.net, laris.co.id, lowongan-kerja.kpt.co.id, beasiswa.ptkpt.net, pekerjaan.net, soal-psikotest.com, psychologymania.com, dsb.

Gambar: Google Image

Bila anda akan meng-copy atau memperbanyak bahasan psikotes ini,
seyogyanya anda tetap mencantumkan semua sumber-sumber tersebut di atas.


Edit; wawansurya
Sumber utama bahasan;
http://wawansurya.de.vu
http://wawansurya.tk
http://wawansurya.infos.st
http://wwbisnis.blogspot.com
www.affiliate-waones.com
http://waones-sbm.blogspot.com
http://mitra-sbm.blogspot.com
Terima kasih sudah Mau Berkunjung Keblog Ini .. bila ada yang tidak berkenan .... Comment aja ... yah!!!

merchant 
Search Engine

Artikel Menarik Lainnya :



5 comments:

  1. trimakasih gan sangat membantu. terutama tips utk mengupgrade diri mnjadi pribadi yg lebih baik hehe

    ReplyDelete
  2. Ada saatnya peserta tes EPPS dihadapkan pada pilihan antara dua pernyataan yang sama-sama 'tidak enak' dan bahkan terkesan 'kasar' juga 'ofensif'.

    contoh : "Saya menjadi sangat terangsang" ; "Ingin rasanya saya memperolok orang yang saya anggap bodoh" ; "Jika saya salah, saya harus dihukum" ; "Saya menyalahkan orang lain bila keadaan tidak menguntungkan" ; "Saya menjadi sangat marah dan membanting barang" ; dsb

    Kejujuran dan konsistensi adalah kunci. Ada banyak tips di internet maupun buku di pasaran yang memberi tahu cara lulus tes EPPS namun tidak satupun yang menjamin karena tes ini memang sulit 'diakali', berbeda dengan Kraeplin yang masih bisa cheating (asal tidak ketahuan). Jika dihadapkan pada dua pilihan sulit di EPPS, pilihlah 'satu yang lebih wajar dari yang lainnya, dan usahakan tidak bertolak belakang dari penyataan sebelum maupun sesudahnya'.

    IT IS EASIER SAID THAN DONE, jadi persiapkan fisik dan mental anda.

    Gunakan AKAL & BUDI, jangan terlalu lama berpikir untuk EPPS ini.
    n.b. : saya lulus psikotes BPJS Ketenagakerjaan (dulu PT Jamsostek) dengan cara ini saat pelaksanaan EPPS, meski gagal di interview.

    ReplyDelete