Monday, August 19, 2013

10 Penyebab Laptop / Komputer Hang dan Cara Mengatasinya dengan Tuntas




Penyebab Laptop / Komputer Hang dan Cara Mengatasinya



Setelah memposting tentang 10 Penyebab Utama Mengapa Komputer Menjadi Blue Screen dan
10 Cara Mudah Untuk Mengatasi Laptop Lambat Loading

Dalam Posting saya kali ini, saya akan mencoba membahas tentang bagaimana cara Mengatasi Laptop / Komputer Hang. Misalnya ketika komputer hang, komputer bluescreen, komputer tidak bisa booting, serta komputer restart sendiri. Maka, dalam postingan kali ini saya akan mencoba membahas tentang beberapa permasalahan yang menyebabkan Komputer atau laptop tidak work.

10 Penyebab Laptop / Komputer Hang dan Cara Mengatasinya dengan Tuntas, Inilah beberapa permasalahan yang mungkin terjadi pada Laptop atau Komputer anda dan cara mengatasinya.

1. Laptop hang karena kekurangan Memory
Masalah laptop hang karena minimnya RAM yang terpasang merupakan hal yang umumnya sudah diketahui oleh semua pengguna laptop.

Untuk itu cobalah cek kapasitas memory yang terpasang, untuk laptop sekelas Intel Pentium 4 dengan OS Windows XP dan aplikasi standar sebaiknya upgrade-lah memory menjadi minimal 1 GB.

2. Laptop hang karena terlalu banyaknya program yang terinstall.
Periksalah program apa saja yang terinstall dengan cara klik Add/Remove Program di Control Panel dan un-install program-program yang hanya menjadi "accesories" tersebut.

3. Laptop hang karena terlalu banyak startup programs dan service yang berjalan.
Hal ini berkaitan dengan point no 2, semakin banyak program yang terinstall, semakin banyak pula program dan service yang akan dijalankan ketika windows startup.

Untuk menonaktifkan startup program dan service yang berjalan otomatis tersebut, masuklah ke "System Configuration Utility" dengan cara ketik: msconfig pada menu run, kemudian pada tab servicedan startup lakukan uncheck terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan.

Untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan, kita bisa menggunakan tool Prosesexplorer. Dengan tool ini kita dapat melihat dan menonaktifkan (kill) aplikasi apa saja yang tidak diperlukan atau dicurigai sebagai virus.

4. Laptop hang karena Temporary File yang sudah membengkak
Penyebab laptop hang yang ke empat adalah sudah membengkaknya file-file temporary(sementara). Untuk Windows Xp lokasi file tersebut ada di:"C:\Documents and Settings\nama_user\Local Settings\Temp" dan"C:\WINDOWS\Temp".

Untuk membersihkannya, delete-lah file-file yang terdapat di kedua lokasi tersebut atau jalankan program Disk CleanUp dengan cara klik start-run, ketik: "cleanmgr" lalu pilih drive yang akan di-cleanup.

5. Laptop hang karena terlalu banyak program yang berfungsi sebagai "security program"
Security program seperti program antivirus dan firewall merupakan aplikasi tambahan yang harus ada pada laptop, tetapi janganlah terlalu berlebihan misalnya dengan menginstall 2-3 program antivirus sekaligus.

Untuk masalah security windows, yang terpenting adalah lakukan update, aktifkan firewall dan gunakan antivirus yang tidak membebani laptop seperti misalnya PCMAV Antivirus serta berhati-hatilah ketika menggunakan USB Flashdisk / Memory Card.

6. Laptop hang karena masalah pada hardisk
Hardisk merupakan komponen kedua setelah RAM yang bisa menyebabkan laptop menjadi hang.
Masalah Laptop hang yang disebabkan oleh hardisk ini diantaranya karena:
- hardisk low space
- hardisk yang terfragmentasi
- hardisk yang sudah lama, sehingga rpm-nya menurun
- hardisk error / bad sector

Cara mengatasi laptop hang karena masalah pada hardisk diatas adalah:
- upgrade kapasitas hardisk dengan menambah atau ganti hardisk
- lakukan defragmenter pada hardisk secara berkala
- hindarkan hardisk dari debu, goncangan dan panas berlebih.
- perbaiki kerusakan pada hardisk dengan tool checkdisk atau dengan cara manual:
1. Buka Windows Explorer, klik kanan pada hardisk C->Properties->Pilih "tools"->Check Now
2. Centang "scan for and attempt recovery of bad sector"
3. Start

7. Laptop hang karena adanya virus, malware atau spyware pada laptop.
Apabila laptop kita sudah terlebih dahulu terserang virus atau malware.
Maka sebaiknya jalankan Windows Safe Mode, matikan fasilitas system restore dan gunakanlah program Virus Cleaner seperti misalnya Norman Malware Cleaner untuk membersihkan virus atau malware tersebut dan lakukan pula update pada sistem operasi.

8. Laptop hang karena System Files ada yang corrupt atau bahkan hilang.
Biasanya terjadi setelah laptop terinfeksi virus dan file-file yang terinfeksi tersebut terlanjur rusak atau terdelete oleh antivirus. Solusi yang paling gampang adalah dengan merepair sistem operasi yang digunakan.

9. Laptop hang karena masalah hardware overheat.
Hardware overheat baik itu terjadi pada hardisk, vga card, processor atau cpu secara umum bisa menyebabkan menurunnya kinerja laptop yang pada akhirnya laptop menjadi hang, lambat atau bahkan sering restart.
Untuk itu pastikan sirkulasi udara pada bagian dalam CPU berjalan dengan baik begitu juga pada fan (kipas angin) harus bersih dari debu dan dapat berputar dengan lancar.

10. Laptop hang karena adanya masalah konektifitas pada jaringan / network
Hal ini bisa terjadi karena trafic jaringan yang tinggi, hub atau switch yang hang atau adanya virus yang mencoba masuk ke sistem laptop kita.

Untuk mengatasinya, coba lepas dan pasangkan kembali konektor RJ45 pada LAN Card atau Roset LAN, restart Switch / hub dan gunakan program Port scanner untuk melihat packet data apa saja yang masuk dan keluar dari laptop kita.

Sekian artikel tentang 10 Penyebab Laptop Hang dan Cara Mengatasinya, semoga bermanfaat. :)

Referensi : http://www.catatanteknisi.com
Sumber : http://top-ilmu.blogspot.com/2012/10/10-penyebab-laptop-hang-dan-cara.html#ixzz2OMCqaSk9


beberapa Pertanyaan lewat browsing yang Terselesaikan
Lihat lainnya»
Laptop hang bila koneksi internet ke LAN?
Laptop saya Toshiba A20 , saya coba koneksi internet dengan kabel LAN di kantor selalu hang begitu socket LAN dicolokkan. Cursor mouse tidak bisa bergerak, tidak bisa di restart, jadi harus cabut betere untuk shut downnya.
Sudah saya scan pake avast tidak ada virus ditemukan.
Biasanya saya pake telkomnet-instan dan tidak pernah ada masalah.

Any solution pliss...??
Jawaban Terbaik - Dipilih oleh Suara Terbanyak
Bagaimana jika Ethernetnya dicolokkan ke jaringan lain akan membuat hung laptop?
Jika ya, ada kemungkinan problem di Ethernet card ataupun system operasi komputernya.

beberapa jawaban dan solusinya;
> Coba troubleshoot spt ini:
1. Install firmware dan driver terbaru dari vendor.
2. Jika masih hung juga, Siapkan kartu ethernet cadangan (misal PCMCIA ethernet card)
2. Disable ethernet existing, dan install Ethernet cadangan.
3. Jika hasilnya tetap sama, reinstall OS.

> Kalau seperti itu bukan kena virus, tetapi ada yang konfik dalam registry anda atau hardware anda.

> Masalah ini tidak bisa diselesaikan sekedar ditulis dalam beberapa baris kata, tetapi harus dicek untuk ditemukan persoalannya dimana baru kemudian dicarikan solusinya. Terlalu luas kemungkinannya (walau bisa dirangkup dalam beberapa kelompok kemungkinan masalah, tetapi tiap kelompok mempunyai beberapa alternatif sendiri-sendiri).

> Tidak perlu pusing, cara paling gampang adalah kamu cek software yang terinsatall di komputer kamu apakah ada yang software yang mengatur atau memanajemeni jaringan, kalau ada kadang itu bisa jadi penyebab masalah. Kamu uninstall software tersebut dan masukan CD Windows kamu untuk repair instalan os kamu yang sudah dirubah-rubah oleh software tersebut.

Softawer apa saja yang bisa mengatur jaringan secara tidak tampak, anda harus konsultasi atau cek di internet untuk masing-masing softwarenya, apa saja yang dilakukan software tersebut.

> Kalau kamu tidak ada software yang dapat mengutak-atik jaringan dalam komputer kamu, kamu sekarang cek setting LAN kamu, apa sudah benar alamatnya dan parameternya. Kalau sudah benar semua, tidak ada software yang mengubah-ubah jaringan maka bisa jadi problem di hardware kamu yang konflik.

> Kalau kamu baru upgrade memory kamu cek memory itu kompetible gak, kalau semua hardware yang baru dipasang pada beres semua, kamu harus bawa komputer kamu ke service centernya untuk dicek fisik chip LAN kamu masalah atau tidak, kalau masalah kamu harus ganti... atau beli LAN card external.

• BL2000
hapus dulu driver ethernet cardnya, caranya klik kanan icon my computer terus masuk ke properties pilih windows device manager. liat di sana ada lan driver. hapus driver tersebut dengan delete biasa. lalu restart komputer.

kalo detect lan jawab next2 aja. kemudian coba colokkan lagi kabel lan kalo masih menyebabkan computer hang kemungkinan hardware-nya (ethernet card di notebook) silahkan aja bawa ke service toshiba terdekat. atau beli alat lan baru seperti USB to LAN ato PCMCIA-LAN.
Tetapi cara yang paling cepat adalah dengan menginstall ulang windows pada CPU tau laptop anda, dengan demikian masalah cepat teratasi, hal ini yang saya lakukan mengingat untuk mencari penyebab satu persatu untuk mendeteksi virus akan memerlukan waktu yang cukup lama, bahkan sampai berjam – jam untuk memperbaikinya.

Hang saat Koneksi Internet dengan DKU-5


Beberapa bulan yang lalu saya pernah mencoba koneksi internet menggunakan hp CDMA dengan bantuan kabel DKU-5. saya pake Nokia 2280. Setelah mencoba2 setting internetnya, ternyata lancar.. lumayan juga koneksinya, mungkin karna rumah saya dekat sekali dengan tower Indosat. hehe..

Beberapa hari kemudian temen saya pengin nyoba juga, dia minta bantuan saya karena mungkin dia anggap saya sudah pernah melakukannya dan berhasil. Namun pada saat saya setting koneksi internetnya, ternyata gagal. Pada saat dilakukan dial tiba-tiba komputer hang. Beberapa kali saya ulangi tetap saja masalah yang sama. Hari-hari berikutnya saya juga sering menemui kasus seperti ini.

Saya jadi heran mengapa terjadi demikian. usut punya usut, ternyata penyebab ke-hang-an pada saat dialing itu adalah spesifikasi hardwarenya. Komputer saya – yang sukses buat koneksi internet – adalah komputer Pentium II dengan Motherboard dan Processor sejenis, Intel. Nah yang terjadi dengan komputer yang ternyata hang pada saat dilakukan dialing, ternyata adalah komputer2 rakitan (seperti kebanyakan komputer sekarang), dimana processor dan mother boardnya berbeda merk dan developer. Sangat dimungkinkan hal ini yang menjadi penyebab utama keagalan koneksi internet dengan kabel DKU-5. Buktinya dengan menggunakan laptop (yang kebanyakan adalah Built-up) koneksi internet dengan kabel DKU-5 aman-aman aja tuh.

Saya sendiri belum menemukan solusi untuk mengatasi hal tersebut, selain mengganti komputer dengan yang non-rakitan, atau dengan menggunakan kabel konektor lain (selain DKU-5), misalnya kabel CA42.
Itulah pengalaman saya dengan koneksi internet menggunakan hp CDMA dengan kabel dku-5, moga2 bermanfaat buat pembaca sekalian. PISS..

Cara Mengatasi Komputer Hang




Dua artikel sebelum telah membahas mengenaipengertian komputer hang dan penyebab komputer hang. Kini belajar komputer lanjutkan membahas mengenai cara mengatasi komputer hang.

Sebelum kita membicarakan bagaimana cara mengatasi komputer hang, kita perlu tahu bahwa dalam beberapa kasus komputer seperti sedang hang padahal tidak. Mungkin saja komputer sedang melakukan proses namun berjalan lambat, untuk kasus ini kita hanya perlu bersabar menunggu beberapa saat sampai komputer selesai melakukan prosesnya.

Jika proses terlalu lama dan kamu tidak sabar menunggu, kamu bisa melakukan tindakan lebih lanjut. Pada sistem operasi yang lebih baru atau modern, misalnya windows 2000, windows xp, windows vista dan windows 7 telah menyediakan fitur yang dapat menghentikan atau membunuh aplikasi yang sedang melakukan proses yang tidak selesa-selesai. Fitur ini ada di dalam jendela task manager, untuk mengentikan suatu aplikasi kamu hanya perlu menyorot salah satu aplikasi kemudian menekan tombol End Task.

Agar lebih jelas perhatikan langkah mengakhiri program secara paksa di bawah ini.
1. Langkah pertama, tampilkan Task Manager, dengan klik kanan mouse kamu pada Task Bar, lalu pilih Start Task Manager

2. Setelah jendela “task manager” tampil, silahkan pilih salah satu program atau aplikasi yang loadingnya lama kemudian klik tombol “End Task”di ujung bawah.

Aplikasi yang sedang laoading lama biasanya ditandai dengan status Not Responding seperti gambar di bawah ini

3. Setelah itu menekan tombol End Task, tunggu beberapa saat sampai proses penutupan aplikasi dengan paksa selesai.

Langkah di atas dapat dilakukan jika proses aplikasi yang lambat, namun jika komputer hang sampai mouse tidak dapat digerakkan dan keyboard tidak dapat digunakan untuk menginput data. Yang harus dilakukan adalah menekan tombol restart atau tombol ON/OFF jika tidak ada tombol restart, kemudian menyalakannya lagi.

Seperti yang dijelaskan dalam artikel sebelumnya, hang dapat juga disebabkan oleh program yang tidak diinginkan, seperti virus yang menyusup ke komputer via flasdisk atau dari Internet. Untuk mengatasi hal ini tentunya dengan menggunakan program anti virus, cobalah dengan antivirus yang paling ringan seperti antivirus Smadav (buatan indonesia).

Komputer hang pada tingkat yang lebih parah dapat membuat komputer restart dengan sendirinya, bahkan sampai berkali-kali restart. Untuk mengatasi komputer restart dengan sendirinya akan dibahas pada artikel selanjutnya.
Kami harap panduan cara mengatasi komputer hang di atas bisa diterapkan untuk komputer atau laptop kamu yang sedang hang.
http://belajar-komputer-mu.com/cara-mengatasi-komputer-hang/

Pengertian Hang Komputer – Definisi Komputer Hang


Pembaca belajar komputer pastinya sudah tidak asin lagi dengan sebutan komputer hang, khususnya bagi mereka yang memang komputer atau laptopnya sering hang. Sebenarnya apa sih pengertian hang itu? Berikut ini penulis jabarkan mengenai pengertian hang komputer.

Pengertian hang adalah keadaan komputer dimana satu program, atau seluruh sistem berhenti menanggapi input atau masukkan. Yang paling sering terjadi misalnya semua jendela program diam tak beroperasi meskipun kursor mouse masih bergerak di layar, dan keyboard tidak dapat bekerja. Kursor mouse dapat juga terjebak dalam bentuk yang menunjukkan bahwa masih dalam proses loading yang lama. Untuk kasus seperti ini, sistem operasi terbaru telah menyediakan fitur yang dapat digunakan untuk mengakhiri program yang hang tanpa harus reboot atau restart atau logout komputer.

Namun ada hang yang lebih parah yang mempengaruhi seluruh sistem, sehingga menyebabkan seluruh jendela program tidak merespon masukan baik dari keyboard maupun dari mouse. Hampir selalu cara satu-satunya untuk pulih dari hang adalah dengan restart atau reboot komputer dengan menekan tombol resert atau on / off. Untuk sistem operasi Windows 7 dan Windows vista, umumnya hang selalu diawali dengan Blue Screen of Death (layar biru) atau sebuah peringatan untuk pengguna.

Hang tidak hanya terbatas pada komputer pribadi, komputer Server bisa juga menjadi hang. Dalam kasus tersebut, server berhenti untuk merespon permintaan. Hang pada komputer jenis ini biasanya ditangani dengan cara yang jauh lebih kompleks daripada sebuah tombol on / off atau tombol reset.
Ya, itulah penjelasan mengenai pengertian hang, semoga dapat menambah pengetahuan kamu di bidang komputer. untuk melengkapi pengetahuan mengenai pengertian hang, silahkan lanjutkan membaca penyebab komputer hang.

referensi : wikipedia
Penyebab Komputer Hang – Sebab Hang Komputer

Pengertian hang komputer dibahas sebelumnya, sekarang mari kita ketahui apa yang menjadi penyebab komputer hang.


Hardware merupakan salah satu penyebab komputer hang, baik karena mengalami kerusakan atau karena tidak cocok dengan perangkat keras lain di komputer, hal ini terjadi ketika pengguna melakukan upgrade perangkat keras ke tingkat yang lebih tinggi. Kerusakan hardware dapat juga disebabkan karena telah mencapai batas waktunya atau karena kotoran dan panas yang tinggi. Kartu grafis, RAM, Motherboard merupakan beberapa contoh hardware yang dapat menyebabkan komputer hang jika tidak cocok satu sama-lain.

Penyebab hang lainnya adalah ketika suatu aplikasi berebut proses secara bersamaan. Satu proses dapat dilanjutkan ke proses kedua kemudian menghentikan eksekusi sampai menerima tanggapan. Jika proses kedua sibuk, sinyal akan dipaksa untuk menunggu sampai proses tersebut dapat sampai ke tujuan. Namun, jika proses kedua sibuk mengirimkan sinyal ke proses pertama maka kedua proses akan menunggu selamanya untuk merespon sinyal dan tidak pernah melihat sinyal lain (peristiwa ini dikenal sebagai kebuntuan). Jika proses tidak berhenti, mereka akan hang dan harus ditutup dengan paksa. *maaf ya, untuk point kedua ini memang agak membingungkan*

Menurut wikipedia, Komputer atau laptop mungkin seperti sedang mengalami hang, namun sebenarnya tidak, hanya saja membutuhkan proses yang lambat. Ini disebabkan karena terlalu banyak program atau aplikasi yang sedang berjalan sekaligus, namun tidak didukung oleh memori (RAM) yang memadai atau perangkat keras lain yang lambat. Lambatnya proses ini dapat juga disebabkan oleh perangkat lunak atau software yang tidak diinginkan yang diam-diam memakan banyak memori, misalnya seperti Virus atau Spyware.

Semoga sedikit penjelasan mengenai penyebab komputer hang di atas dapat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan.


Penyebab Komputer Sering Mati, Hang Atau Crash
Sepuluh Penyebab Utama Kenapa Sistem Komputer PC / Laptop Sering Mati, Hang Atau Crash.




Apakah Anda pernah memiliki pengalaman dengan komputer PC atau laptop yang secara tiba-tiba berhenti beroperasi karena hang atau crash? Atau seringkali menemui pesan seperti, "This program performed an illegal operation and will be shut down"? Bahkan pada kasus tertentu, terkadang Anda juga menemukan bahwa mouse anda sering membeku dan Anda harus me-reset komputer Anda untuk mendapatkan kembali kontrol pada perangkat anda?

Ini adalah keluhan yang sangat umum bagi banyak pengguna komputer. Mengapa hal ini terjadi dapat disebabkan oleh banyak hal. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang penyebab paling umum dari masalah ini yang dikelompokkan berdasarkan kategori.

1. Konflik Antar Perangkat Keras (Hardware)
Konflik antar perangkat keras / hardware merupakan salah satu penyebab utama hang atau crash pada komputer PC maupun laptop. Secara umum setiap perangkat hardware (prosesor, mainboard, memory, dll) yang terpasang pada komputer anda berinteraksi melalui sebuah jalur IRQ (interrupt request channel). Contohnya, keyboard menggunakan IRQ1, printer biasanya terhubung pada IRQ7, dan floppy A pada IRQ6. Setiap hardware yg terhubung pada komputer memiliki jalur IRQ tersendiri, bersifat unik dan berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Jika pada PC anda terpasang banyak hardware yang tidak terinstal secara sempurna, hal ini akan menyebabkan adanya konflik pada beberapa perangkat hardware yang menggunakan IRQ yang sama. Akibatnya Hang dan Crash akan biasa terjadi pada saat kita menggunakan kedua hardware tersebut pada saat yang bersamaan.

Untuk dapat mencegah dan menanggulangi hal ini, yang dapat anda lakukan antara lain, melakukan update pada perangkat driver yang terpasang di komputer. Dengan begitu diharapkan update driver yang terbaru dapat mengatasi masalah konflik tadi. Jika hardware yang terinstal berupa PCI Card (modem, soundcard, tv tuner dll), pemindahan PCI Card ke slot lain pada mainboard sering kali dapat menuntaskan masalah yang terjadi. Sebelum melakukan langkah-langkah ini, ada baiknya anda terlebih dahulu membaca panduan yang ada di buku manual produk hardware yang bersangkutan, atau bisa mencari panduan dan review dari sumber resmi atau sumber lain yg dapat dipercaya.

2. Kerusakan Pada Random Acces Memory (RAM)
Masalah pada RAM
komputer anda biasanya menyebabkan Blue screen of death / BSOD (Layar Biru Kematian, atau kadang disebut "layar biru") dengan pesan yang muncul di monitor menyebutkan "Fatal Exception Error". Kadang-kadang memasang ulang RAM yang kita gunakan pada komputer dapat menyelesaikan masalah ini. Namun jika langkah ini telah anda lakukan dan komputer masih menunjukkan gejala yang sama, sebaiknya anda berkonsultasi dengan tenaga ahli yang biasa menangani masalah ini sebelum menentukan untuk menggantinya dgn yg baru.

Seringkali gejala "Fatal Exception Error" bisa juga terjadi karena ketidak cocokan (mismatch) pada chip RAM yang terpasang. Ini terjadi pada komputer PC yang memiliki dua keping RAM. Misalnya memadukan antara RAM 70-nanosecond (70ns) dengan 60ns akan memaksa komputer bekerja mengikuti kecepatan Ram yg lebih rendah. Hal ini sering mengakibatkan crash bila RAM bekerja terlalu keras (overworked) seperti menjalankan aplikasi berat (main game misalnya).

Menaikkan nilai wait state pada RAM melalui menu bios sedikit banyak dapat menyelesaikan masalah diatas. Cara lain dengan mengatur ulang posisi Ram yang terpasang. Lepaskan Ram yang sering mengakibatkan crash. (Usahakan untuk tidak menyentuh tepi bagian bwh RAM yg berwarna keemasan). "Parity error" biasanya juga merujuk pada kesalahan RAM. RAM yg lebih bagus mengadopsi teknologi error correction check (ECC). Sebaiknya jangan memasangkan Ram ini bersama tipe Ram yg non-ECC karena kemungkinan besar akan menimbulkan masalah.

3. Kesalahan Pengaturan Menu BIOS
Setiap mainboard/motherboard memiliki pengaturan terhadap chipset yang sudah ditentukan oleh Vendor pembuatnya. Cara yg biasa digunakan untuk masuk ke menu BIOS adalah dengan menekan DELETE/DEL atau F2 pada keyboard saat komputer dihidupkan (beda produk beda pula cara masuk ke fungsi menu BIOS). Saat berada di menu BIOS, anda harus lebih berhati-hati. Catat semua perubahan yang anda lakukan pada selembar kertas adalah langkah pengamanan yang baik. Anda akan dengan mudah mengembalikan perubahan setting keposisi semula bila komputer menjadi tidak stabil.

4. Masalah Pada Hard Disk Drives
Setelah beberapa waktu digunakan, file/data yang ada didalam harddisk akan menjadi potongan data yg tersebar di beberapa bagian memori, atau istilahnya terfragmentasi. Adalah kebiasan yg baik bila mendefrag harddisk minimal seminggu sekali atau dijadwalkan melalui Task Scheduler. Keuntunganannya file dapat diload lebih cepat dan mencegah hang (screen freeze) pada komputer PC. Harddsik yang sarat muatan dapat mengurangi kinerja komputer. Bersihkan file-file yang tidak terpakai atau file yang sudah tidak diperlukan lagi dari temporary file dan temporary internet files. Untuk lebih mudahnya sebaiknya anda menggunakan bantuan software utilities.

5. Fatal OE Exceptions dan VXD Errors
Fatal OE exceptions dan VXD errors, sering disebabkan oleh masalah pada VGA card yang terpasang pada komputer. Periksa apakah ada hardware konflik antar device. Jika anda baru saja menambahkan VGA Card baru menggantikan VGA Onboard sebaiknya cek kembali settingan di menu BIOS motherboard anda. Update driver yang dianggap perlu, dan cari informasi / review mengenai perangkat yg anda gunakan.

6. Virus Komputer
Umumnya efek yg diakibatkan virus adalah ketidak stabilan pada komputer. Beberapa tipe virus menghapus boot sector pada harddisk sehingga windows gagal untuk start/booting. Anda mungkin akan tersadar betapa pentingnya sebuah software Anti Virus yang bisa bekerja dengan baik setelah komputer anda terjangkit virus dan virus tersebut berhasil dengan sukses menghilangkan data-data yang anda miliki. Sebaiknya anda membiasakan untuk secara teratur melakukan update pada database antivirus yang anda gunakan minimal sebulan sekali.

7. Masalah Pada Printer
Memprint file/dokumen yang berukuran besar, biasa dikenal dengan istilah postscript dapat mengakibatkan hang atau crash pada komputer PC. Printer umumnya hanya memiliki memory dengan kapasitas kecil, yang disebut buffer. Memory ini akan dengan mudah mengalami overloaded. Aktifitas printer juga menggunakan sebagian besar resource dari CPU, ini juga akan mengakibatkan performa komputer menjadi menurun.

PC juga akan mengalami crash jika printer berusaha utk memprint karakter yg tak dikenalinya. Kadang printer juga tidak dapat merecover/memulihkan dirinya sendiri setelah crash yg diakibatkan kekacauan pada buffer printer. Cara yang dapat dilakukan untuk memulihkan buffer adalah dengan melepaskan koneksi printer dari sumber listrik selama sekitar 10 detik, dan printer anda bisa kembali digunakan.

8. Masalah Pada Perangkat Lunak (Software)
Software yang tidak terinstal dengan baik merupakan penyebab umum crash pada PC. Menginstall kembali/reinstal software tersebut seringkali dapat menyelesaikan masalah diatas. Biasakan membaca READ ME yang disertakan pada setiap sofware untuk menyesuaikan kebutuhan minimum yg diperlukan software tersebut untuk dapat digunakan dengan baik. Boot windows pada posisi Safe Mode (F8) kadang-kadang dapat menyelesaikan beberapa masalah yang berhubungan dengan software. Singkirkan start-up yg dicurigai mengakibatkan windows crash melalui menu msconfig yang diketikan dari menu Run.

9. Suhu PC Terlalu Panas (Overheat)
Central processing unit (CPU) biasanya dilengkapi dengan Kipas pendingin (heatsink fan) untuk menjaga suhu tetap stabil. Jika heatsink fan mengalami kerusakan atau kinerja kipas pendingin menurun atau CPU dipakai dalam waktu yang lama akan menghasilkan pesan kesalahan yang disebut "kernel error". Hal ini biasa terjadi pada chip yg di overclocked diatas kecepatan standarnya. CPU bermasalah pada beberapa kasus dapat diatasi dengan mendisable CPU internal cache pada bios, meskipun ini akan membuat kinerja CPU jadi menurun tapi yang jelas komputer menjadi lebih stabil.

10. Masalah Pada Suplai Daya Listrik (Power Supply)
Tegangan yg tidak stabil mengakibatkan pasokan daya antar perangkat menjadi labil dan dapat mengakibatkan crash. Pertimbangkan menggunakan UPS (Uninterrupted Power Supply), ini akan memberikan anda kesempatan untuk men-shutdown komputer secara normal bila ada gangguan listrik. UPS juga merupakan investasi yg bagus untuk menjamin keselamatan data2 penting anda dari terputusnya aliran listrik yang tiba-tiba.

*****
Hanya inilah yang bisa saya paparkan berdasarkan pengalaman dan membaca berbagai artikel di internet tentang penyebab serta tata cara untuk Memperbaiki Laptop atau Komputer yang Hang. Semoga cara ini bisa membantu rekan-rekan semua agar terhindar/terobati masalah Laptop atau Komputer bisa Hang.

Dan setelah anda mengetahui Cara Mengatasi Laptop atau Komputer yang Hang,  mungkin anda tertarik untuk belajar mengabungkan beberapa gambar untu bahan presentasi atau gambar lebih simple tampilnya dan lebih hemat halaman. Silahkan anda baca pada artikel  Cara Mudah mencetak beberapa slide menjadi satu halaman pada ms power point 

Semoga postingan 10 Penyebab Laptop / Komputer Hang dan Cara Mengatasinya dengan Tuntas diatas dapat bermanfaat untuk anda, salam sukses selalu ...

Edit; wawansurya
Sumber ;
http://wwbisnis.blogspot.com
www.affiliate-waones.com
http://waones-sbm.blogspot.com
http://mitra-sbm.blogspot.com

merchant 
Search Engine

Artikel Menarik Lainnya :



No comments:

Post a Comment