Sunday, September 15, 2013

Manfaat Kunyit Asam Untuk Kesehatan dan Pengobatan






Kunyit Asam Obat Alami yang Menyegarkan



Setelah memposting tentang,
- Mengenal Angin Duduk = angina pectoris
- Smoking Helps Protect Against Lung Cancer

Pada Kesempatan ini saya ingin berbagi tentang khasiat Kunyit Asam dan Manfaatnya.
Seperti yang sudah kita ketahui, Kunyit Asam adalah salah satu tumbuhan obat yang sudah tidak asing lagi bagi para ibu-ibu rumah tangga yang kesehariannya sering berada didapur.

Di Indonesia, jamu menempati urutan pertama sebagai minuman herbal berkhasiat yang ampuh menjaga kesehatan, kecantikan juga stamina. Jamu memang terbuat dari beragam tumbuhan herbal dan juga rempah. Maka itu wajar jika kemudian khasiatnya menjadi beragam. Salah satu jenis jamu yang digemari khususnya bagi wanita adalah jamu kunyit asam. Tak seperti jamu lainnya, rasa kunyit asam sedikit manis dan juga menyegarkan. Kabarnya jamu ini memiliki beragam khasiat terutama bagi Anda para wanita. Salah satu manfaat kunyit asam ini adalah melangsingkan tubuh. Tak percaya? Berikut uraiannya.

Kunyit Asam: Si Segar yang Menyehatkan


Jamu kunyit asam terbuat dari bahan utama yakni kunyit dan juga asam. Kunyit sendiri merupakan kelompok umbi-umbian yang dikenal memiliki banyak manfaat. Selain sebagai pewarna alami, ia juga bisa menambah cita rasa makasan. Kunyit dalam dunia kesehatan sudah lama dikenal khasiatnya antara lain mendinginkan badan, membersihkan perut khususnya pada lambung, merangsang juga melepaskan kelebihan gas yang ada di dalam tubuh. mencegah terjadinya penggumpalan darah dan lain-lain.

Bahan jamu kunyit asam lainnya adalah asam jawa. Ia digolongkan sebagai buah dan banyak digunakan dalam bebagai masakan khas Indonesia. Pohon asam jawa bernama tamarindus indica yang dimasukkan ke dalam suku polong-polongan. Asam jawa dikenal ampuh menambah kesegaran tubuh. Kombinasi manfaat kunyit dan asam jawa ini berpadu dalam segelas minuman jamu kunyit asam.

Saat ini minuman kunyit asam sudah bisa dijumpai dalam bentuk kemasan instan. Minuman ini memang dikenal sangat berkhasiat dan dicari banyak orang. Manfaat kunyit asam cukup beragam, antara lain:

1. Ramuan kunyit asam sudah sejak dahulu kala dikenal sebagai minuman untuk memperlancar proses menstruasi pada wanita. Jika ditinjau dari segi ilmiah ternyata kunyit memang memiliki kemampuan dalam mendorong organ hati agar menghasilkan empedu pemecah lemak sementara itu asam jawa juga ternyata bisa memacu denyut jantung agar memompa darah lebih baik sehingga peredaran darah jauh lebih baik.

2. Manfaat lain dari kunyit asam adalah untuk melangsingkan badan. Kabarnya, senyawa yang ada di dalam kunyit dan juga asam jawa bisa membuat sistem metabolisme di dalam tubuh jauh lebih baik. Selain itu, kunyit asam ini bisa membuat peredaran darah lancar sehingga lemak terbuang dan oksigen dengan mudah mengalir ke seluruh tubuh. Hal ini akan membuat tubuh Anda segar, sehat dan berat badan terjaga sebab lemak sukar untuk menumpuk.

3. Memperbaiki luka di dalam lambung. Hal ini terkait dengan kandungan kurkumin atau warna kuning pada kunyit.

4. Sebagai anti-inflamasi. Khasiat ini terkait dengan kandungan minyak atsiri pada kunyit.

5. Mencampur kunyit asam dan daun sirih juga ampuh membersihkan organ kewanitaan.

Racik Sendiri Kunyit Asam Anda!

Saat ini, dengan mudah Anda bisa mendapatkan jamu kunyit asam instan. Memang terbuat dari bahan herbal, tapi semua yang instan tetap tak sepadan jika dibandingkan dengan racikan sendiri. Karena itu, tak ada salahnya jika Anda memperoleh manfaat kunyit asam dari hasil racikan Anda sendiri. berikut resepnya.

Siapkan bahan, antara lain:

• Asam jawa sebanyak 250 gram.
• Kunyit sebanyak 250 gram.
• Gula jawa sebanyak 1/8.
• Air mentah sebanyak 1 liter.
• Garam sebagai penyedap.

Cara Membuat Kunyit Asam:

Pertama, bersihkan kunyit dan buka kulitnya. Setelah itu haluskan dengan parutan atau blender. Kemudian saring dan ambil airnya. Panaskan kompor dan rebus air perasan kunyit tadi. Setelah panas, masukkan gula dan juga asam. Aduk hingga rata. Selanjutnya masukkan garam. Kembali aduk hingga mendidih. Angkat dan dinginkan. Setelah itu siap diminum.
http://khasiat-temulawak.blogspot.com/2012/12/manfaat-kunyit-asam-bagi-wanita.html


Ulasan Khas Jamu >>>>
Jangan mengkonsumsi Jamu kunyit Asam tiap hari



Jamu Diusulkan Jadi Warisan Budaya Dunia
Oleh: Marmi Panti Hidayah

Jamu dari ramuan kunyit, asam, dan sirih dianggap bisa melancarkan haid, menghilangkan bau tak sedap, dan mampu mengatasi keputihan. Namun amankah meminum jamu tersebut setiap hari?

Dokter umum yang menekuni pengobatan herbal (fito farmaka) dr. Ujang Hermawan menjelaskan, pada prinsipnya, kunyit dan sirih memiliki manfaat sebagai pengobatan herbal. Kunyit dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan, melindungi hati, dan bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan hepatitis, arthritis, menurunkan kolesterol darah, juga sebagai antibakteri dan antijamur.

“Kunyit juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah kegemukan, mengobati gangguan kandung kemih dan penyakit saluran empedu, hingga mencegah timbulnya kanker,” ujar alumnus Fakultas Kedokteran UGM ini.

Sedangkan sirih, Ujang melanjutkan, bermanfaat sebagai antiseptik. Misalnya untuk mengatasi masalah keputihan dan kesehatan mulut dengan cara direbus lantas diminum. Sirih juga memiliki kandungan antikanker, antidiabetik, dan pengobat hepatitis.

Memang begitu banyak manfaat kunyit dan sirih. Namun dia mengingatkan bahwa jamu adalah obat. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan jamu jika perlu saja, bukan jadi konsumsi sehari-hari seperti bahan makanan atau minuman lain.

Kata Ujang, seandainya obat tersebut dikonsumsi setiap hari, sebenarnya percuma juga. Kelebihannya justru akan dibuang sia-sia.

“Bahkan mengonsumsi ramuan tersebut setiap hari juga bisa menimbulkan penyakit baru,” jelas dokter.

Lebih lanjut dijelaskan, jamu kunyit, asam, dan sirih yang dikonsumsi secara terus-menerus bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada lambung. Apabila kebiasaan tersebut diteruskan, maka berpotensi mengganggu sistem pencernaan, terutama liver/hati.

Dokter yang pernah berpraktik di Poliklinik Haji Pondok Gede, Jakarta, ini menepis mitos yang menyebut kebiasaan minum ramuan tersebut bikin wanita mandul atau peranakan kering. Menurut dia, masalah kemandulan atau infertilitas disebabkan banyak hal, bukan karena sering minum ramuan kunyit, asam, dan sirih.

Kendati merupakan pengobatan herbal, ada orang-orang yang disarankan tidak meminum ramuan tersebut. Mereka adalah yang menderita alergi atau hipersensitif dengan ramuan itu. Misalnya, setelah minum muncul reaksi gatal di kulit atau reaksi lainnya.

“Selain itu, orang-orang yang mempunyai gangguan pencernaan terutama mempunyai penyakit yang berhubungan dengan asam lambung sebaiknya menghindari minum jamu ini,” jelasnya.


Kunyit Asam, Ramuan Alami untuk Atasi Masalah Menstruasi
Nurvita Indarini – detikHealth

Jakarta, Kunyit asam adalah ramuan alami yang dipercaya secara turun-temurun mengatasi berbagai keluhan kaum perempuan. Selain diyakini bisa menjaga badan tetap langsing, kunyit asam juga dipercaya mengatasi masalah menstruasi.

"Saya punya masalah dengan haid yang kurang teratur, kalau menggunakan obat dari dokter saya agak khawatir dengan bahan kimianya," ujar pembaca detikHealth, Dwi, Rabu (17/4/2013).

Dwi pun rajin mencari informasi bagaimana mengatasi masalah menstruasi secara alami. Akhirnya dari saran teman-temannya, Dwi mencoba minum jamu kunyit asam yang diracik sendiri.

"Saya mulai meminumnya sejak masih kuliah dulu. Sekarang setelah bekerja saya juga masih meminumnya walaupun tidak begitu rutin. Hasilnya, haid saya jadi teratur, tidak terasa sakit, dan cepat bersihnya apabila haid berakhir," papar Dwi.

Yurinda juga salah satu pembaca detikHealth yang merasakan khasiat jamu. Setiap 2-3 hari sekali dirinya selalu menyempatkan diri mengonsumsi jamu seperti beras kencur, jamu hitam, maupun air luntas.

Pada saat nyeri menstruasi, Yurinda pun lebih mengandalkan jamu untuk mengatasinya,
Jamu yang dokonsumsinya adalah jamu buatan perusahaan jamu kenamaan Tanah Air. Menurutnya tak hanya nyeri haid yang hilang, jamu juga menjaga agar organ genitalnya tidak mengeluarkan aroma tidak sedap.

"Pilihan mengkonsumsi jamu sudah menjadi kebiasaan saya sejak berusia 13 tahun hingga sekarang. Selain bebas bahan pengawet dibandingkan dgn minuman-minuman kesehatan yang diproduksi industri besar, jamu tidak perlu diragukan lagi kealamiannya dan bebas dari bahan kimia yang bisa berbahaya bagi tubuh kita," tutur Yurinda.

Pembaca detikHealth lainnya, Mia, juga merasakan manfaat sehat kunyit asam. "Saya suka minum jamu kunyit asam selain segar rasanya, manfaatnya juga banyak bisa ngelancarin haid, bisa buat langsing badan, kata tukang jamu saya. Terus segar juga di badan. Oke deh pokoknya," ucap dia.

Safitri juga pengonsumsi jamu kunyit asam. Tak hanya kunyit asam, jamu beras kencur juga telah diakrabinya sejak masih duduk di Sekolah Dasar. Dua kali dalam sepekan Safitri meminum ramuan tradisional ini.

"Badan segar, keringat tidak bau, kulit halus. Dan pada saat saya sudah mensturasi
saya tetap minum jamu," terangnya.

Di usia remaja, dia juga meminum jamu produksi Tanah Air yang telah dijamin keamanannya. Rupanya kebiasaan minum jamu terus memberikan manfaat positif bagi Safitri.

"Mensturasi saya lancar, jarang sakit perut pada saat mensturasi. Saat ini saya sudah menikah dan mempunyai anak satu. Pada saat saya melahirkan dengan cara normal
sangat lancar sekali. Tidak ada masalah. Dengan minum jamu itu saya mendapatkan manfaat yang sangat banyak," tutur Safitri.

http://health.detik.com/read/2013/04/17/171423/2223051/775/kunyit-asam-ramuan-alami-untuk-atasi-masalah-menstruasi

Sekian semoga bisa membantu dan bisa menambah wawasan anda ...

Edit; wawansurya
Sumber ;
http://wwbisnis.blogspot.com/
www.affiliate-waones.com
http://waones-sbm.blogspot.com
http://mitra-sbm.blogspot.com
Makasih sudah Mau Berkunjung Keblog Ini Jangan Lupa Comment sama buku Tamu ya

merchant 
Search Engine

Artikel Menarik Lainnya :



No comments:

Post a Comment