Wednesday, October 16, 2013

Makna Hari Raya Idul Adha






Idul Adha – Hari Raya Qurban dan Haji bagi Umat Muslim





                                                                                 بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.
Setelah memposting Cara Memasang Tulisan Bismillah di Awal Artikel dan juga Artikel Cara Memasang Tulisan Alhamdulillah di Akhir Artikel serta saya juga menulis artikel tentang Cara Membuat Tulisan Arab yang Umum Untuk Copy Paste Posting dalam Keseharian.
Dan baru saja memposting tentang Perayaan Hari-hari Besar umat islam di seluruh dunia

Pada kesempaan ini blogwaone’s articles menyuguhkan tulisan Islami mengenai Makna Hari Raya Idul Adha , dalam rangka ikut serta merayakannya, meski belum bisa pergi haji tapi mencoba ikut sumbangsih dalam bentuk tulisan yang saya coba rangkum dari beberapa tulisan sobat blogger.

Sebelumnya saya mohon maaf kepada sobat-sobat Blog MyWaydan Blog SBM dan juga sobat dari Blog waone’s articles yang non muslim, kali ini saya ingin posting Blog dari sudut pandang muslim, akan tetapi tulisan ini mungkin bisa berguna juga buat anda yang non muslim sebagai bahan penambah wawasan anda.

Pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT atas anugerah kesehatan yang telah dianugerahkan olehNya kepada kita semua dan tak lupa shalawat dan salam kerinduan akan safa'atnya untuk baginda tercinta Nabi Besar Muhammad SAW serta do'a keselamatan bagi orang tua kita dan keluarga kita.

Idul Adha (di Republik Indonesia, Hari Raya Haji, bahasa Arab: عيد الأضحى) adalah sebuah hari raya Islam. Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim (Abraham), yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, akan mengorbankan putranya Ismail, kemudian digantikan oleh-Nya dengan domba.

Hari raya ”IDUL ADHA” juga disebut dengan hari raya qurban, di mana banyak orang yang beramal ibadah dengan menyembelihkan hewan untuk di korbankan, dan nantinya di bagikan kepada orang fakir dan miskin, di samping itu banyak juga orang yang datang memenuhi panggilan rukun islam yang ke 5 yaitu Berhaji bagi yang mampu, atau pun telah memenuhi syarat, oleh karna itu hari raya idul adha bisa di namakan hari raya haji atau hari raya kurban.

Hari Raya Idul Adha tahun ini jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah atau pada tanggalan masehi jatuh pada hari Selasa tanggal 15 oktober 2013, dimana hari itu jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul Fitri.

Pada hari raya Idul Adha dan juga beserta hari-hari Tasyrik diharamkan puasa bagi umat Islam. Jadi aku ingat ketika guruku pernah bercerita tentang kejadian Qurban pada jaman nabi Ibrahim as, yakni Salah satu peringatan hari besar Islam di dunia adalah Idul Adha . Idul Adha disebut juga Idul Kurban, sebab diilhami dari peristiwa yang dialami oleh Nabi Ibrahim dan putranya Ismail. Ketika itu, Nabi Ibrahim mendapat perintah untuk menyembelih anaknya sebagai bukti takwa kepada Tuhan.

Sesaat sebelum anaknya bernama Ismail disembelih, turun kekuasaan Tuhan yang mengganti anaknya dengan seekor domba. Dari sanalah, Idul Kurban bermula sebagai bentuk pengorbanan dan penyucian harta manusia. Idul Kurban ini diperingati setiap 10 Dzulhijah. Dan Tiga hari setelahnya, kurban masih bisa dilakukan. Umat Islam dilarang berpuasa pada 11-13 Dzulhijah yang disebut dengan hari Tasyriq.

Adapun syarat hewan yang bisa di qurbankan adalah sebagai berikut;

1. Hewan ternak , contohnya Sapi, Kerbau, Kambing
2. Hewan yang diqurbankan harus memenuhi syarat, misal : Sapi minimal harus berumur 2 tahun dan sudah masuk pada tahun yang ke 3
3. Kondisi fisik hewan kurban juga harus di perhatikan
4. Hewan qurban disembelih pada saat waktunya ,maksimal 2 hari setelah shalat idul adha.
5. Dan tentunya dari semua hewan yang akan dijadikan qurban juga harus diperhatikan bahwa kondisi hewan tersebut tidak dalam keadaan sakit.





Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi harinya untuk melakukan salat Ied bersama-sama di tanah lapang, hampir sama seperti ketika merayakan Idul Fitri. Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.


Hari Idul Adha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim. Terkadang Idul Adha disebut pula sebagai Idul Qurban atau Lebaran Haji. Hari raya Idul adha ini juga merupakan bukti kecintaan kita terhadap allah SWT, dengan cara memberikan / menyisihkan sedikit hartanya untuk orang di sekeliling kita, dan dapat membersihkan Dosa harta-harta yang telah dihasilkan oleh orang-orang yang telah mampu selama ini.

Demikian tulisan Islami yang saya share ini ... semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita dan membawa keberkahan bagi saya khususnya dan pembaca semua pada umumnya , dan semoga Allah SWT melindungi kita semua dari hal-hal yang buruk, dan semoga kita selalu diberi berkah kesehatan oleh-Nya ,,,, Aamiin.


                                                                                      الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ    
                                                                              وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Edit; wawansurya
Sumber ;
http://wawansurya.de.vu
http://wawansurya.tk
http://wawansurya.infos.st
http://wwbisnis.blogspot.com
www.affiliate-waones.com
http://waones-sbm.blogspot.com
http://mitra-sbm.blogspot.com
Terima kasih sudah Mau Berkunjung Keblog Ini .. bila ada yang tidak berkenan .... Comment aja ... yah!!!

merchant 
Search Engine

Artikel Menarik Lainnya :



No comments:

Post a Comment