Wednesday, October 16, 2013

Perayaan Hari-hari Besar Islam






Perayaan-perayaan Hari besar Umat Muslim se-Dunia
Tulisan asli : Seputar Peringatan Hari Besar Islam
AnneAhira.com >> Budaya Islam





                                                                                 بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.
Setelah memposting Cara Memasang Tulisan Bismillah di Awal Artikel dan juga Artikel Cara Memasang Tulisan Alhamdulillah di Akhir Artikel serta saya juga menulis artikel tentang Cara Membuat Tulisan Arab yang Umum Untuk Copy Paste Posting dalam Keseharian.
Dan baru saja memposting tentang Makna Hari Raya Idul Adha

Kali ini waone’s articles menyuguhkan tulisan Islami mengenai Perayaan Hari-hari Besar umat islam di seluruh dunia, dalam rangka ikut sumbangsih dalam bentuk tulisan yang saya coba rangkum dari beberapa tulisan sobat blogger.

Sebelumnya saya mohon maaf juga untuk sobat-sobat Blog MyWay, Blog SBM dan Blog waone’s articles yang non muslim, pada kesempatan ini saya ingin posting Blog dari sudut pandang muslim, akan tetapi tulisan ini mungkin bisa berguna juga buat anda yang non muslim sebagai bahan penambah wawasan anda.

Pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT atas anugerah kesehatan yang telah dianugerahkan olehNya kepada kita semua dan tak lupa shalawat dan salam kerinduan akan safa'atnya untuk baginda tercinta Nabi Besar Muhammad SAW serta do'a keselamatan bagi orang tua kita dan keluarga kita.

Peringatan hari besar Islam kerap dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Peringatannya bergantung atau mengikuti adat dan kultur yang berkembang di tiap wilayah. Misalnya, peringatan hari besar Islam di Indonesia selalu diwarnai kultur kedaerahan di Indonesia.

Peringatan Hari Besar Islam Bercampur Budaya
Di berbagai daerah Indonesia, kita bisa temui peringatan hari besar Islam yang ditandai dengan tahlilan, memandikan benda pusaka peninggalan leluhur, dan adat-adat lainnya, seperti sekatenan, grebeg maulud, dan tumplak wajik.

Adat yang dilakukan tersebut sebenarnya tidak ada dalam riwayat agama Islam. Toh, sahabat Nabi dan Rasul pun tidak mencontohkan demikian. Terlebih, Nabi dan Rasul tidak pernah menganjurkan hal tersebut.
Salah-salah, hal tersebut menyebabkan bentuk-bentuk musyrik sebab yang biasa dilakukan identik dengan kebiasaan agama, selain Islam. Namun, kultur tetaplah kultur. Apa yang dilakukan dan diyakini oleh kebanyakan orang sepertinya memang menjadi kemestian untuk dianggap menjadi sebuah kebenaran.

Peringatan Hari Besar Islam di Kalender Hijriah
Peringatan hari besar Islam mengikuti kalender penanggalan islam, yakni kalender Hijriah. Kalender Hijriah ini ditandai dengan hijrahnya Nabi Muhammad dari Mekah ke Madinah. Khalifah Umar bin Khatablah yang menetapkan penggunaan kalender Hijriah.

Penetapan mulainya 1 Hijriah dilakukan 6 tahun setelah Nabi Muhammad wafat. Kalender Hijriyah berkisar antara 29-30 hari setiap bulannya dan tiap tahun terdiri dari 12 bulan. Kalender Hijriah difokuskan pada silkus sinodik bulan kelender lunar (bulan penuh).

1. Idul Adha



Salah satu peringatan hari besar Islam di dunia adalah Idul Adha. Idul Adha disebut juga Idul Kurban, sebab diilhami dari peristiwa yang dialami oleh Nabi Ibrahim dan putranya Ismail. Ketika itu, Nabi Ibrahim mendapat perintah untuk menyembelih anaknya sebagai bukti takwa kepada Tuhan.

Sesaat sebelum anaknya bernama Ismail disembelih, turun kekuasaan Tuhan yang mengganti anaknya dengan seekor domba. Dari sanalah, Idul Kurban bermula sebagai bentuk pengorbanan dan penyucian harta manusia. Idul Kurban ini diperingati setiap 10 Dzulhijah.

Tiga hari setelahnya, kurban masih bisa dilakukan. Umat Islam dilarang berpuasa pada 11-13 Dzulhijah yang disebut dengan hari Tasyriq.

2. Idul Fitri
Idul Fitri dilakukan setelah umat Islam menjalani ibadah puasa selama satu bulan. Satu bulan ini berkisar antara 29-30 hari. Idul Fitri diperingati setiap 1 Syawal. Penanggalan Islam dipandang dari dua sisi, yakni teknik hisab dan rukyat sehingga kerap terdapat perbedaan jatuhnya Idul Fitri atau Idul Adha.

3. 1 Muharam
1 Muharam diperingati oleh umat Islam di dunia. Tanggal tersebut merupakan penanggalan baru dalam tahun baru Islam. Tahun baru Islam dimulai pada bulan Muharam. Jadi, lembaran amal dan perilaku manusia bagi umat Islam dimulai dari tanggal 1 Muharam.

4. Maulid Nabi
Kelahiran Nabi Muhammad pun kerap diperingati umat muslim di dunia. Kelahiran Nabi Muhammad diperingati setiap 12 Rabiul Awal. Sebagian dari kaum Sunni dan Syiah memperingatinya pula. Namun, kaum Syiah memperingati kelahiran Nabi Muhammad pada 17 Rabiul Awal.

17 Rabiul Awal bertepatan dengan kelahiran Imam Syiah mereka yang keenam, yaitu Imam Ja'far ash-Shadiq. Peringatan ini kerap disebut Maulid Nabi atau Maulud. Beberapa ulama menyatakan bahwa peringatan Maulid Nabi merupakan sesuatu yang bid'ah, karena bukan merupakan ajaran nabi.

5. Hari Asyura
Hari Asyura pun diperingati sebagai peringatan hari besar Islam. Hari Asyura diperingati pada 10 Muharam sebagai hari berkabung atas wafatnya cucu Nabi Muhammad, yakni Husain bin Ali dalam pertempuran di Karbala.

Bagi kaum Sunni, hari tersebut diyakini sebagai hari saat Nabi Musa berpuasa sebagai bentuk syukur atas terbebasnya kaum Yahudi dari Fir'aun. Menurut keyakinan kaum Sunni, Nabi Muhammad pun berpuasa pada hari tersebut dan meminta umatnya untuk berpuasa juga.

6. Isra' dan Mi'raj
Isra' dan Mi'raj diperingati sebagai peringatan hari besar Islam, karena mengingat sejarah perintah turunnya kewajiban shalat lima waktu. Di dalam kalender Hijriyah, isra' dan mi'raj ditandai pada tanggal 27 Rajab. Isra' dan Mi'raj adalah perjalanan Rasulullah Saw, mengunjungi Masjid Aqsha setelah naik ke langit ketujun dan bertemu dengan Allah di sidratul muntaha. Di sidratul muntaha, Rasulullah saw. mendapat perintah untuk melaksanakan shalat lima waktu yang juga diwajibkan kepada umatnya.

7. Nuzulul Qur'an
Nuzulul Qur'an diperingati sebagai peringatan hari besar Islam di bulan suci Ramadhan. Ia ditandai di kalender hijriyah pada tanggal 17 Ramadhan. Dikabarkan, Al-Qur'an diturunkan pertama pada tanggal tersebut saat Rasulullah Saw. sedang bertahannus di gua hira.

Hukum Merayakan Peringatan Hari Besar Islam
Hampir setiap peringatan hari besar Islam selalu diperingati oleh kaum muslimin. Meski kini santer menjadi perdebatan, apakah peringatan-peringatan hari besar Islam tersebut boleh dilaksanakan atau tidak? Sejatinya, permasalahan ini tidak perlu diributkan. Namun tetap saja ada yang menjadikannya sebagai permasalahan besar. Bahkan, hingga diklaim sebagai bid'ah dan mendapatka balasan neraka.

Sejatinya, tak semua yang tidak dilakukan dan tidak ada larangan Rasulullah Saw. disebut sebagai bid'ah. Benar, definisi bid'ah adalah melakukan perbuatan yang tidak dilakukan Rasulullah Saw. Namun, apakah kita hanya sebatas melakukan amaliah yang dilakukan Rasulullah Saw. saja? Jika demikian, tentu cukup banyak sahabat Rasulullah Saw. yang melakukan perbuatan bid'ah. Beranikah mengklaim mereka telah melakukan perbuatan bid'ah?

Umar bin Khattab adalah salah satu sahabat yang telah melakukan perbuatan yang tidak pernah dilakukan Rasulullah Saw. sebelumnya. Yaitu, menjadikan shalat tarawareh 20 rakaat dengan shalat berjamaah. Padahal, Rasulullah Saw. tidak pernah melakukan hal tersebut.

Termasuk penanggalan hijriyah, juga termasuk dalam kategori bid'ah. Karena Rasulullah Saw. tidak melakukan dan menganjurkan seorang pun untuk membuat kalender hijriyah. Hanya kebijakan Umar bin Khattab hingga terciptalah kelender hijriyah. Karena itu, jangan pandang pengertian bid'ah dengan begitu sempit.

Seharusnya klaim bid'ah layak diucapkan pada perbuatan yang sudah jelas nash menyebutkannya tidak boleh, namun dilakukan. Misalnya, melaksanakan puasa tanggal 1 Syawal. Ini diklaim bid'ah karena memang Rasulullah Saw. dan para sahabatnya tidak melakukan, plus diiringi dengan dalil yang mengharamkan puasa tanggal 1 Syawal.

Iringilah Peringatan Hari Besar Islam dengan Ibadah
Untuk memperkecil ruang lingkup perdebatan, hendaklah dalam setiap kali memperingati hari besar islam dengan ibadah. Misalnya dengan menyantuni anak yatim, melakukan pengajian, membaca Qur'an, sunatan masal dan sebagainya. Namun jangan diklaim bahwa peringatan hari besar islam hanya diisi dengan kegiatan ibadah tertentu. Inilah yang bakal bisa diklaim sebagai biang munculnya bid'ah.

Pasalnya, jika memperingati hari besar Islam dilaksanakan dengan ibadah seperti pengajian. Tak ada satu dalil, baik al-Qur'an maupun Hadis, yang melarang melakukan kegiatan dengan pengajian. Bahkan Rasullullah Saw. sangat menganjurkan umatnya untuk menuntut ilmu. Rasulullah Saw bersabda, "Jadilah kamulah seorang 'alim yang mengajarkan ilmunya, atau menjadi pelajar, atau menjadi pendengar, atau pencinta ilmu.Dan janganlah kamu jadi yang kelima, maka kamu akan celaka. " yang kelima maskudnya adalah orang yang benci dengan ilmu.

Di dalam hadis yang lain, Rasulullah Saw. ditanya, "Ya Rasul, amal apa yang paling afdhal?" Lalu dijawab oleh Rasulullah Saw."orang yang berilmu yang dengan ilmunya mengenal Allah."

Maka dari itu, adalah bijaksana bila mengadakan peringatan hari besar Islam hendaklah diisi dengan kegiatan keagamaan. Jangan masukkan budaya-budaya yan tidak mendukung kearah ilmu dan amal. Pasalnya, inilah yang bisa menjadi kian merebaknya perdebatan antara, apakah boleh memperingati hari besar Islam atau tidak? Persoalan ini sejatinya ditinjau dari dua tinjauan.

Jika ditinjau dari tidak pernah dilakukan Rasulullah, tentu saja tidak pernah. Namun jika ditinjau dari sisi apa yang diperingati dan aktivitas apa yang dilakukan, tentunya tak serta-merta mengklaimnya dengan bid'ah.

Demikian tulisan Islami yang saya share ini ... semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita dan membawa keberkahan bagi saya khususnya dan pembaca semua pada umumnya , dan semoga Allah SWT melindungi kita semua dari hal-hal yang buruk, dan semoga kita selalu diberi berkah kesehatan oleh-Nya ,,,, Aamiin.



                                                                                      الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ    
                                                                              وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Edit; wawansurya
Sumber ;
http://wawansurya.de.vu
http://wawansurya.tk
http://wawansurya.infos.st
http://wwbisnis.blogspot.com
www.affiliate-waones.com
http://waones-sbm.blogspot.com
http://mitra-sbm.blogspot.com
Terima kasih sudah Mau Berkunjung Keblog Ini .. bila ada yang tidak berkenan .... Comment aja ... yah!!!

merchant 
Search Engine

Artikel Menarik Lainnya :



No comments:

Post a Comment