Friday, March 1, 2013

Hypnotherapy : Hipnotis dengan Cara Therapy pada Subjek






Cara mempraktekan Hypnotherapy Pada Subjek

Sebelum membaca lebih dalam tentang yang dimaksud pada halaman ini, sebaiknya anda baca dulu tentang halaman 'Pendahuluan' atau
Silahkan baca dulu disini
Pendahuluan Hipnotis

Salam Blogger,
Mohon Terlebih Dahulu Membaca Disclaimer Sebelum Melanjutkan Penelusuran tentang Hypnosis pada blog terkait atau pada halaman lainnya.

Sekapur Sirih : Apa Yang Dapat Dicapai Melalui Free Hypnosis Tutorial Ini 
Mungkin anda pernah membaca berbagai artikel mengenai hipnotisme ? Atau bahkan anda memiliki berbagai buku-buku tentang hipnotis ? Dan apakah seluruh informasi ini membuat anda benar-benar memahami hipnotis, atau bahkan terampil mempraktekkannya ?

Hipnotis pada saat ini mulai dikenal di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan stigma negatif yang selama ini lekat dengan segala sesuatu yang terkait dengan kata “hipnotis” secara perlahan mulai berubah. Hipnotis mulai disadari sebagai suatu teknik yang sangat efektif untuk pemberdayaan diri.

blog waone’s articles pada halaman khusus yng membahas tentang Hipnotis adalah halaman yang sengaja dishare, dan diharapkan dapat menjadi referensi yang cukup memadai bagi siapapun juga yang berminat untuk mengetahui dunia hipnotis.

Bagi kalangan awam yang ingin mempelajari hipnotisme, pada blog terkait atau pada halaman lainnya telah menyediakan informasi “Referensi Free E -Book”.

Misi utama dari adanya tutorial ini adalah memberikan kesempatan kepada masyarakat secara lebih luas untuk dapat pula menikmati pengetahuan ini, serta memanfaatkannya untuk berbagai hal yang positif, khususnya sebagai teknik pemberdayaan diri terkini yang sangat efektif.
***
Sebagian besar materi dari halaman yang menyangkut pembahasan tentang Hipnotis ini merupakan suntingan dari web atau blog yang cukup banyak pengunjungnya. Dan sebagai pelengkap, maka pada blog terkait atau pada halaman lainnya dalam blog ini juga memuat berbagai artikel dari pakar lainnya, baik yang berasal dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.
***
Meski dengan banyak kandungan materi yang beragam, maka blog waone’s articles yang khsusus membahas tentang Hipnotis hanya ditujukan kepada peminat hipnotisme pemula,atau dari kalangan awam, juga bagi para motivator dan pemerhati bidang pemberdayaan diri yang tertarik untuk memahami dunia pikiran bawah sadar.

                                                              Coba cari titik yang berwarna hitam dimana?

blog waone’s articles yang khusus membahas tentang Hipnotis mungkin memiliki wajah yang sangat sederhana, karena halaman ini lebih mengutamakan content dibandingkan dengan penampilan pembahasan secara khusus dan menyeluruh pada tampilan blog.

Blog ini tidak menjanjikan anda dapat menjadi seorang ahli dengan hanya berbekalkan informasi di situs ini. Akan tetapi bahwa dalam situs ini akan diberikan berbagai teori yang anda perlukan, serta langkah-langkah detail agar anda dapat melakukan praktek hipnotis sederhana.

Akhirnya blog waone’s articles yang khsusus membahas tentang Hipnotis ini ditujukan kepada siapapun juga yang menaruh minat terhadap hipnotisme dan hal-hal yang terkait dengan hipnotisme. Pada halaman yang membahas tentang hipnotis ini kiranya dapat menjadi sumber dari berbagai informasi dan pengetahuan yang dibutuhkan peminat hipnotisme secara mudah dan murah.
Salam hangat !
Dan ... Salam Hypnosis !

dan Halaman 'Disclaimer' atau
Silahkan baca dulu disini
Disclaimer - 
PENYANGKAL–GUGATAN











Pernyataan Resmi Penolakan Segala Bentuk Tuntutan Terhadap “blog waone’s articles”, Mencakup Blog terkait “Blog Surya Bina Mitra” dan “Blog My Way” Tak Terbatas Pada Isi Artikel, Dan Atau Iklan Di “blog waone’s articles” juga pada“ Blog Surya Bina Mitra” dan “Blog My Way” .

blog waone’s articles” menyatakan bahwa situs khusus yang membahas “HIPNOTIS” ini diperuntukkan khusus bagi mereka yang telah berusia minimal 18 tahun atau telah bertanggung-jawab secara pribadi di mata hukum.
***
Seluruh artikel yang ada di “blog waone’s articles” tidak dijamin kebenarannya atau akurasinya secara mutlak, karena merupakan buah pemikiran dan kesimpulan pembelajaran dari para penulisnya, yang disunting dari berbagai sumber melalui browsing internet
***
blog waone’s articles”, dengan ini menyatakan bahwa, tak akan bertanggungjawab kepada siapa pun dan pihak mana pun, untuk suatu dampak tak bisa diramalkan dari kehadiran dan isi “blog waone’s articles” di internet dan implikasi penggunaannya, dan untuk suatu kerugian material atau finansial, langsung atau tak-langsung, konsekuensial atau insidensial, sebagai suatu akibat yang muncul pemakaian informasi yang ada di “blog waone’s articles” ataupun dari suatu penyalahgunaan situs “blog waone’s articles” di internet dan atau penyalahgunaan isi, data dan atau informasi terkandung didalamnya, dan atas kemungkinan-kemungkinan munculnya masalah tak diharapkan, yang mana diluar kemampuan dan kendali “blog waone’s articles”.
***
Pembaca “blog waone’s articles” dengan ini menyatakan bahwa mempraktekkan isi tulisan / artikel merupakan keputusan dan tanggung jawab sendiri dari pembaca, Penulis Artikel “blog waone’s articles” tidak menanggung hasil ataupun efek langsung ataupun tidak langsung dari upaya mempraktekkan isi artikel itu.
***
blog waone’s articles”, dengan ini menyatakan bahwa, tak akan bertanggungjawab kepada siapa pun dan pihak mana pun, dalam hal apa pun, untuk suatu kehilangan, kerugian, atau kerusakan, apa-saja, mencakup tanpa tak-terbatas pada, kehilangan laba bisnis, kehilangan informasi bisnis, kehilangan peluang bisnis, interupsi bisnis, kerugian pribadi / kelompok, kerugian atau kerusakan konsekuensial atau insidensial, yang muncul atau timbul dari penggunaan atau menshare kembali tulisan yang berasal dari “blog waone’s articles”, karena situasi dan kondisi, suasana dan keadaan, sirkumtansi, liputan, cakupan dan rangkuman, diluar kemampuan dan kendali “blog waone’s articles”, meski “blog waone’s articles” telah diberitahukan akan kemungkinan kehilangan, kerugian, atau kerusakan sedemikian.
***
Para pembaca “blog waone’s articles” dengan ini menyatakan bahwa, telah membaca dengan teliti dan seksama, secara sadar tanpa paksaan dan tekanan dari pihak mana pun, mengerti dan memahami kandungan dan maksud pernyataan ini, dan setuju untuk terikat secara legal oleh semua termin dan kondisi, tersurat dan tersirat, terkandung disini, dan setuju untuk menerima dan melaksanakan tiap pasal terkandung disini, dengan segala implikasi, konsekuensi, dan resiko, langsung dan tak-langsung daripadanya; dan menyatakan bahwa, pernyataan ini adalah final eksklusif tunggal, merangkum dan mencakup, dan tak ada pernyataan lain dibuat “blog waone’s articles” untuk maksud sama, baik lisan maupun tertulis, selain ini.
***
Demikian pernyataan ini dinyatakan secara tertulis agar semua pihak maklum, dan dengan telah membaca pernyataan ini, dan terus mengakes pada halaman dari “blog waone’s articles” secara berlanjut, maka berarti telah mengerti, memahami, dan menyetujui seluruh isi pernyataan ini, baik secara tersurat maupun secara tersirat, dengan segala konsekuensi dan resiko, dan akibatnya.

Penulis ‘blog waone’s articles





Basic - Tutorial


TUTORIAL MENGENAL DAN BELAJAR HYPNOSIS

Disclaimer / PENYANGKAL–GUGATAN
- Disclaimer Tentang Hipnotis di Blog waone’s articles

Pendahuluan Basic/ Pendahuluan Hipnotis
- Sekilas tentang waone’s articles pada halaman Hipnotis
- TUTORIAL MENGENAL DAN BELAJAR HYPNOSIS HINGGA THERAPI HIPNOTIS - Selengkapnya

Bab.1 Pengenalan Hipnotis / Hypnosis
- Apakah Hipnotis Itu ?
- Bahasa Dari Manakah Hipnotis Berasal?
- Bagaimana Berlangsungnya proses imunisasi meliputi Hipnotis?
- Pentingnya Mengenal dan mengetahui tentang Hipnotis
- Apakah Sebenarnya Hipnotis atau Hypnosis itu

PELATIHAN HIPNOTIS / HYPNOSIS
Bab.2 Belajar Dasar Hypnosis
- Mekanisme & Pemodelan Pikiran Manusia
- Masuknya proses imunisasi meliputi INFORMASI Ke Pikiran Bawah Sadar
- Hypnotisability - Cara memasuki kondisi Hipnotis
- State of Consciousness : Mengotrol Kesadaran Pribadi
- Cara memberikan Sugesti pada Obyek
- Cara Menghimpun Kekuatan
- Cara mengetahui kebutuhan Dasar Hipnotis
- Cara berinteraksi dengan Subjek
- Cara mempengaruhi Subjek lebih Dalam

Bab.3 Belajar Dasar Hypnosis Lanjutan
- Cara Mempelajari Tehnik dan trik Hipnotis

Bab.4 Pemahaman Tentang Sugesti
- Uji Sugestibilitas diperlukan untuk Hipnotis
- Cara Uji Praktek Sugesti pada Subjek

Pemahaman Hypnosis & Hypnotherapy
Bab.5 Dasar Hypnotherapy
- Cara mempraktekan Hypnotherapy Pada Subjek

Bab.6 Pendekatan dan Pemahaman Ericksonian
- Ericksonian Approach : Cara memahami dan Belajar tentang Seni Hipnotis

Bab.7 Eksperimental Hypnosis
- Eksperimental Hypnosis : Bagaimana Mempersiapkan Eksperiment untuk Hipnotis bag.1
- Eksperimental Hypnosis : Bagaimana Mempersiapkan Eksperiment untuk Hipnotis bag.2
- Eksperimental Hypnosis : Bagaimana Mempersiapkan Eksperiment untuk Hipnotis bag.3

Penerapan Macam- macam Tehnik Therapi Hipnotis 
Bab.8 Penerapan Macam Tehnik Therapi Hipnotis Pada Subjek
- Cara mengatasi Kebingungan akibat Pengaruh Hipnotis
- Cara Paktis dan Mudah Untuk Hipnotis Anak Balita Atau Anak Penderita Autis
- Cara Menghipnotis Anak agar Prestasi Belajar Meningkat
- Cara menghilangkan Gagap dengan therapi hipnotis
- Cara Mengatasi Rasa bersalah dengan Therapi Hipnotis
- Cara mengatasi tidak bisa Tidur karena Gangguan pasangan mendengkur dengan therapi Hipnotis
- Cara Mengatasi agar Mudah bisa tidur lelap dengan Therapi Hipnotis
- Cara menghipnotis Pasien yang akan di Operasi agar tidak Trauma
- Cara mengatasi Sakit Reumatik dan lainnya dengan Hipnotis
- Cara agar jangan teringat terus pada seseorang dengan Therapi Hipnotis
- Cara mengatasi Gugup ketika wawancara dengan Therapi hipnotis
- Cara Meningkatkan Gairah Sex dengan Theerapi Hipnotis
- Cara Mengatasi dan menyembuhkan orang yang sensitif dengan Therapi Hipnotis

Bab.9 Penerapan Macam Tehnik Therapi Hipnotis Pada Diri Sendiri
- Cara Bisa Berhenti Merokok dengan Therapi Hipnoits
- Cara Mengatasi Kegemukan dan bagaimana menurunkan berat badan dengan Therapi Hipnotis
- Cara Melawan Kejahatan yang menggunakan Modus operasi Hipnotis
- Cara Praktis Melakukan Hypnotis Ke Diri Sendiri
- Cara Memotivasi Diri supaya Lebih baik dengan Therapi Hipnotis
- Cara Melepaskan diri dari keterikatan ingatan masa lalu melalui Therapi Hipnotis
- Cara mengatasi dan melepaskan Kecemasan dengan Therapi hipnotis

Tehnik - tehnik Hipnotis Tingkat Mahir
Bab.10 Belajar Tehnik Hipnotis Tingkat Tinggi
- Cara Memperdalam Belajar Hipnotis : Magic Rainbow
- Cara Memperdalam Belajar Hipnotis : Ruang
- Cara Memperdalam Belajar Hipnotis : Tempat pekan raya
- Cara Memperdalam Belajar Hipnotis : Tropical Island
- Cara Memperdalam Belajar Hipnotis : Time Capsule
Cara Belajar Hipnotis tingkat Tinggi dengan NLP

Bab.11 Chicken Soup For The Soul
- Self Image : Mawas diri untuk Ketenangan Batin

Referensi Free E-book
- Informasi Seputar E-Book Gratis tentang Hipnotis


disunting dan diedit dari;
HIPNOTIS.NET
Ensiklopedia Hipnotisme Indonesia
------------------------------
Pemahaman Hypnosis & Hypnotherapy
Bab.5 Dasar Hypnotherapy

Hypnotherapy : Hipnotis dengan Cara Therapy pada Subjek

Apakah Hypnotherapy Itu ?
Secara sederhana Hypnotherapy merupakan singkatan dari Hypnosis dan Therapy, dapat diartikan sebagai aplikasi Hypnosis di bidang terapi, atau terapi yang memanfaatkan Hypnosis sebagai teknik utama.

Prinsip dasar Hypnotherapy adalah memasukkan sugesti ke Pikiran Bawah Sadar seorang Client yang sudah berada dalam kondisi “Hypnos”, dimana sugesti tersebut dimaksudkan untuk menghasilkan “efek penyembuhan”.

Mengingat bahwa area yang di-intervensi adalah Pikiran Bawah Sadar, maka Hypnotherapy ditujukan untuk menangani kasus-kasus yang terkait dengan mental-emosional, termasuk penyakit fisik yang dipicu oleh mental-emosional yang dikenal dengan sebutan penyakit-penyakit Psikosomatis.

Apakah Hypnosis sama dengan Hypnotherapy ? 
Dalam arti misalkan seseorang yang telah mempelajari dan dapat mempraktekkan Hypnosis dengan baik, secara otomatis dapat melakukan Hypnotherapy ? Tentu saja tidak ! Seseorang yang sudah sangat trampil sekalipun dalam melakukan Hypnosis, tidak serta merta dapat melakukan Hypnotherapy.

Hypnotherapy berkaitan dengan jiwa manusia, dan untuk itu dibutuhkan pengetahuan yang memadai di luar pengetahuan untuk membawa Subyek ke kondisi “Hypnos”.
Hati-hatilah dalam mempraktekkan Hypnotherapy ! Kita berhadapan dengan sesuatu yang sangat serius, yaitu “jiwa” manusia !

Hypnotherapy Modern : Client Centered Therapy



Di masa silam, kurang lebih sampai dengan tahun 1940an, Hypnotherapy dilakukan dengan gaya “Authoritarian”, sehingga Hypnotherapy lebih mirip dengan aplikasi Stage Hypnotism di bidang therapy. Hal ini kemungkinan dipengaruhi oleh perkembangan teknik Hypnosis yang masih sangat lekat dengan mesmerisme. Dengan pendekatan Authoritarian maka Hypnotherapy tidak banyak menghasilkan efek penyembuhan permanen, sehingga pada kurun waktu tersebut pendekatan Psikoanalisa lebih banyak dipilih.


Perkembangan berikutnya mulai merambah ke paradigma baru yaitu “Client Centered Therapy”, dimana Client benar-benar ditempatkan sebagai “pusat”, sedangkan Hypnotherapist lebih berperan sebagai fasilitator. Hypnotherapy moderen mulai meninggalkan gaya Authoritarian, berganti dengan gaya “Cooperative” dan “Permissive”.

Client Centered Therapy menganggap bahwa Client-lah yang benar-benar memahami “apa yang sesungguhnya terjadi”, dan dari Client pulalah terdapat “sumber penyelesaian”. Hypnotherapist lebih berperan untuk membantu Client untuk “menemukan permasalahannya”, juga “menemukan solusinya”, dan akhirnya Hypnotherapist membantu untuk mengintegrasikannya menjadi efek penyembuhan.


Prinsip Client Centered Therapy menempatkan manusia sebagai Subyek, dan bukannya sebagai Obyek seperti halnya Hypnotherapy masa silam. Client Centered Therapy benar-benar menganggap bahwa manusia bukanlah “mahluk sederhana” seperti mesin atau komputer yang dapat dengan mudah di-program, melainkan menempatkan manusia sebagai mahluk yang kompleks dengan berbagai pertahanan dan fondasi keyakinan.
Hypnotherapy moderen adalah “Client Centered Therapy” !

Mencari Akar Permasalahan (Root Cause)



Suatu gangguan atau permasalahan seringkali berakar dari suatu kejadian di masa silam. Perilaku manusia dapat diibaratkan sebagai “pohon perilaku”, memiliki akar, batang, ranting, dan daun. Symptom atau gejala yang ditunjukkan dapat dianalogikan sebagai daun, sehingga terkadang kita perlu untuk “memperbaiki” di tingkat akar agar terjadi penyembuhan permanen.

Sebagai contoh, seorang anak yang mengalami “pelecehan”, misalkan ditertawakan oleh teman-temannya bahkan gurunya ketika ia tidak dapat mengerjakan tugas di depan kelas, mungkin saja mengakibatkan di saat dewasa yang bersangkutan menjadi pribadi yang tidak percaya diri.


Pikiran bawah sadar merupakan area yang unik dengan cara kerja yang berbeda dengan pikiran sadar. Suatu stimulus tertentu dapat mempengaruhi pikiran bawah sadar, dan selanjutnya dapat menimbulkan reaksi yang tidak terduga di masa datang dalam bentuk perilaku yang mengganggu atau menyimpang dari keadaan normal.


Oleh karena itu dalam konsep Hypotherapy moderen, terkadang diperlukan teknik untuk mengetahui akar dari suatu gangguan agar dapat dilakukan “penyembuhan” di tingkat akar, sehingga diharapkan dapat “membelokkan” jalur perilaku, atau “neuro-path”, sehingga terjadi kesembuhan secara permanen.
Berkaitan dengan teknik Hypnotherapy untuk mencari akar suatu permasalahan, maka terdapat 2 istilah penting, yaitu :
Initial Sensitizing Event (ISE) : Yaitu suatu peristiwa yang mengawali suatu permasalahan yang terjadi di kemudian hari.
Subsequent Sensitizing Event (SSE) : yaitu rangkaian peristiwa yang memperkuat ISE, sehingga benar-benar menciptakan permasalahan di kemudian hari.
Ketika ISE dan SSE telah diketemukan, maka dapat dilakukan penyembuhan di tingkat ISE dan SSE yang akan mempengaruhi “neuro-path”, sehingga akan mempermudah penyelesaian permasalahan.
***
Pada umumnya suatu ISE tidak akan “mempengaruhi” neuro-path di kehidupan mendatang bilamana tidak diperkuat dengan beberapa SSE yang terjadi dalam waktu yang relatif berdekatan dengan ISE dimaksud.
Sebagai contoh :
Seorang anak suatu hari dimarahi oleh ibunya, karena melakukan kesalahan sewaktu diberikan tugas, mungkin si ibu mengatakan : “Dasar kamu bodoh, mengerjakan apa saja selalu tidak beres !”.
Kejadian ini mungkin tidak berakibat apa-apa, kecuali jika terdapat rangkaian kejadian berikutnya yang memiliki sifat mirip, misalkan sehari kemudian si anak diberikan tugas untuk maju ke depan kelas oleh gurunya, dimana ia tidak dapat mengerjakan tugas dimaksud, dan sang guru mengatakan, misal : “Dasar kamu memang tidak pernah mampu jika diberikan tugas !”.
Dari uraian di atas, kejadian pertama merupakan ISE dan kejadian kedua merupakan SSE.
***
Pencarian ISE dan SSE dilakukan dengan teknik Age Regression dalam kondisi “Deep Trance”. Seorang Hypnotherapist harus benar-benar trampil untuk memastikan rangkaian suatu ISE dan beberapa kemungkinan SSE.
Dalam kasus riel, seringkali Client tidak mengetahui atau tidak memiliki dugaan terhadap ISE dan SSE yang mungkin pernah terjadi. Untuk kasus seperti ini, maka Hypnotherapist dapat mencari ISE dan SSE dengan bantuan teknik “Affect Bridge” (baca artikel terpisah mengenai ini).
***
Terhadap ISE dan SSE yang telah diketemukan, dapat dilakukan penyembuhan dengan berbagai teknik therapeutic, dimana pada prinsipnya teknik yang dipergunakan dimaksudkan untuk “menetralkan” ISE dan SSE dimaksud, sehingga tidak lagi sensitif dan dapat “mempengaruhi” neuro-path.

Age Regression-Usia Regresi



Age Regression atau biasa disingkat dengan “regression” atau regresi, adalah suatu teknik untuk mengakses memori masa silam.
Secara teoritis, seluruh peristiwa dalam kehidupan akan direkam di memori, seperti layaknya berupa data di sebuah harddisk komputer, baik data kronologis, maupun emosi dan persepsi yang menyertainya. Dalam kondisi “Hypnos”, Client dapat dipandu untuk mengakses data yang terdapat di memori-nya.


Regression merupakan teknik khas dari Hypnotherapy yang tidak terdapat di teknik lainnya. Oleh karena itu seorang Hypnotherapist “wajib” untuk menguasai teknik ini dengan baik.
Dalam konteks therapy, Regression dipergunakan untuk banyak hal, antara lain :





Mencari Akar Permasalahan (Discovering Root Cause)
Untuk suatu suatu kasus yang diduga berkaitan dengan persitiwa yang pernah terjadi di masa lalu. Dalam Hypnotherapy akar permasalahan dikenal dengan istilah Initial Sensitizing Event (ISE) dan Subsequent Sensitizing Event (SSE).


Mencari Data Yang Terlupakan
Secara teoritis, pikiran bawah sadar dapat mengakses memori dengan sangat detail, bahkan sampai dengan menampilkan kembali suatu peristiwa atau pengalaman di waktu tertentu dalam orde tanggal & jam. Kemampuan pikiran bawah sadar ini dapat dimanfaatkan untuk mencari data yang terlupakan (misalkan : mencari benda atau nama orang yang terlupakan).


Mengalami Kembali Suatu “State” Positif Tertentu
Regression dapat membantu Client untuk mengalami kembali suatu kepribadian positif di masa tertentu, sehingga dapat dimanfaatkan untuk memberdayakan kondisi saat ini. Teknik ini disebut juga dengan “Part Personality Retrieval).
***
Regression merupakan teknik yang dapat memicu “resiko” tertentu, karena obyek dari teknik ini adalah memori masa silam. Oleh karena itu Hypnotherapist harus benar-benar memahami dengan baik seluruh sistem & prosedur Regression, serta berlatih dengan baik, sebelum menerapkannya sebagai bagian dari proses therapeutic terhadap Client yang sesungguhnya.
***
Pada dasarnya terdapat 2 jenis kualitas Regression, yaitu :
Revivification
Teknik Regression yang dapat membawa Client untuk “mengalami kembali secara nyata” atas suatu peristiwa yang pernah dialami. Revivification memunculkan emosi dan persepsi yang hadir bersama persitiwa dimaksud.
Hypermnesia
Teknik Regression yang membawa Client untuk “mengingat secara kuat” kronologis dari suatu peristiwa, tetapi tidak atau kurang menyertakan emosi dan persepsi yang hadir bersama peristiwa dimaksud.
***
Bagaimana cara melakukan Regression yang benar dan aman ? Bagaimana membedakan hasil Regression, apakah pada kualitas Revivification ataukah Hypermnesia ?

Parts Therapy
Bagian Terapi


Perilaku yang sangat sulit diubah pada umumnya berakar kepada suatu “keuntungan tersembunyi” yang terdapat pada perilaku dimaksud, disebut juga sebagai “Secondary Gain”.

Secara sederhana, dalam diri Client terdapat 2 pribadi yang saling bertentangan, dimana satu pihak berusaha untuk menuju perubahan yang diinginkan, sedangkan di sisi lain terdapat pihak yang berusaha mempertahankan perilaku dimaksud karena adanya “Secondary Gain”.


Prinsip dasar dari Parts Therapy, Hypnotherapist harus melakukan identifikasi dan pemisahan kepribadian Client sehingga menjadi 2 bagian yang saling bertolak-belakang. Untuk keperluan Parts Therapy sebaiknya Client dalam kondisi Medium Trance.

Setelah dilakukan pemisahan kepribadian secara tegas (benar-benar terpolarisasi), maka kepada masing-masing pribadi dilakukan penggalian lebih mendalam, dengan maksud untuk mengetahui alasan atau latar belakang dari masing-masing sisi kepribadian ini dalam membentuk motivasi dan perilaku dari Client.


Setelah penggalian dilakukan dengan seksama, dan telah diperoleh berbagai hal yang diperlukan, maka Hypnotherapist harus melakukan “leading” untuk memotivasi agar sisi kepribadian yang “menghambat” dapat menuju ke sisi pribadi yang ingin “berubah”. Teknik yang dipergunakan harus benar-benar melibatkan empati agar pergerakan motivasi dari kepribadian yang “menghambat” ini berlangsung secara “smooth”.

Setelah kedua kepribadian ini mulai “bertemu” di titik yang positif, maka Hypnotherapist harus melakukan peng-integrasian motivasi antara kedua kepribadian ini. Pada sesi ini biasanya dapat berlangsung Abreaction (pelepasan emosi) yang lebih bernuansa keharuan.
Hypnotherapist harus melakukan konfirmasi terhadap Client untuk meyakinkan bahwa Client telah memasuki kondisi yang sangat positif.
Teknik Parts Therapy umumnya digabung dengan teknik Anchoring, Symbol Empowerment, dan tentu saja Direct Suggestion yang berupa kesimpulan dan empowerment.

Object Imagery
Obyek Pencitraan


Dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita menggambarkan suatu kondisi melalui metafora, misalkan : “beban hidup saya semakin berat” , dimana dalam hal ini kesulitan hidup digambarkan sebagai suatu benda yang memiliki berat. Inilah yang dimaksudkan dengan Object Imagery.

Seorang Hypnotherapist harus selalu jeli untuk mengamati seluruh kalimat-kalimat yang dilontarkan oleh Client, terutama pada masa Pre-Induction atau saat konsultasi, karena mungkin saja Client akan melontarkan kalimat-kalimat “Object Imagery”.

Pada prinsipnya jika suatu permasalahan dapat dirubah ke dalam bentuk Object, maka Hypnotherapist akan lebih mudah untuk me-manipulasi permasalahan tersebut, yaitu dengan menindak lanjuti Object dimaksud.




Di sisi lain, saat dilakukan therapy, akan lebih mudah jika Hypnotherapist merujuk kepada Object yang telah disebutkan oleh Client, karena Client akan lebih mudah merasakan citra yang timbul jika Hypnotherapy menggunakan Script yang dikaitkan dengan Object dimaksud.
Teknik Object Imagery terutama bekerja dengan sangat baik bagi Client dengan tipe Kinestetik.

Back to Basic pada Blog terkait atau pada halaman ;
TUTORIAL MENGENAL DAN BELAJAR HYPNOSIS HINGGA THERAPI HIPNOTIS - Selengkapnya

Perlu diketahui pada Back to Basic tersebut, adalah menyajikan tentang Tutorial Cara Belajar Hypnosis selengkapnya, dan disajikan dengan tahap demi tahap untuk melakukan praktek hipnotis, serta evaluasi atas setiap tahapan dimaksud !
Adapun seluruh materi yang ditampilkan di situs ini merupakan hasil edit dari suntingan E-Book dan cuplikan artikel yang khusus membahas tentang Hypnosis.

Mempelajari dengan cara “Self Study” membutuhkan disiplin yang kuat serta mental pembelajar mandiri. Oleh karena itu anda adalah faktor utama atas keberhasilan anda !

Jika memang anda memiliki niat yang kuat, serta bersedia untuk melakukan tahap demi tahap yang disarankan, maka andapun akan berkesempatan pula untuk menjadi seorang ahli, bahkan tidak mustahil anda dapat melampaui mereka yang dididik secara khusus di kelas “Live Training” selama berpuluh-puluh jam !

Edit; wawansurya
Sumber ;
www.affiliate-waones.com
http://waones-sbm.blogspot.com
http://mitra-sbm.blogspot.com
HIPNOTIS.NET
Ensiklopedia Hipnotisme Indonesia

merchant 
Search Engine

Artikel Menarik Lainnya :



No comments:

Post a Comment