Sunday, April 19, 2015

Hidup Sesudah Mati






Literatur Modernisasi Dalam Perspektif Islam
Hidup Sesudah Mati


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hai? Apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat wal'afiat yahh.. :WA kali ini tidak akan memposting Artikel yang berhubungan dengan Posting dan Gambar Porno :) tetapi WA akan mencoba menshare tentang bahasan mengenai ARTIKEL AKHIR ZAMAN yang disunting dari berbagai sumber dan sumber utama.

Pada pembahasan yang lalu, waones articles telah menyinggung bahasan mengenai Dajjal Versus Imam Mahdi, dan bila anda ingin membaca artikel lainnya yang berhubungan dengan artikel Akhir Zaman, silahkan klik Open dibawah ini dan Klik pada Link judul artikel tersebut.

Selamat membaca !!!
-------------
Klik Open >>>



















=========================
--------------------
Edisi Akhir Zaman


 -------------

Hidup Sesudah Mati  

Hidup sesudah mati

Ini merupakan penjabaran dari sang induk “Al-Bidayah wan Nihayah”. Jika “Petaka Akhir Zaman”. Merupakan rambu perjalanan bagi mereka yang telah mati. Fase perjalanan yang diawali dari alam barzakh, peniupan sangkakala, kemudian wilayah padang mahsyar yang terdiri dari pemberian syafa’at, lalu hisab dan pembagian catatan amal, kemudian timbangan, lalu perjalanan menuju telaga, dilanjutkan dengan ujian keimanan seseorang, kemudian diakhiri dengan ketentuan akhir dari segala yang akhir, surga atau Neraka.

Tahukah Anda berapa lama kita tinggal di padang mahsyar? Hanya satu hari, ya satu hari, namun ia bagai 50.000 tahun, hingga orang-orang kafir menyangka bahwa hidup mereka selama 60 tahun bagai 60 menit.
Tema poster ini sekaligus bantahan dan penolakan atas mereka yang mengingkari adanya fitnah kubur, telaga, syafa’at, hisab, mizan dan perkara-perkara ghaib lainnya. Materi di dalamnya hanya dinukil dari riwayat dan atsar yang telah disepakati
https://granadamediatama.wordpress.com/poster/hidup-sesudah-mati/
 
---------------------

Ini hasil penelitian terbesar tentang kehidupan setelah mati

Reporter : Al Amin
Ini hasil penelitian terbesar tentang kehidupan setelah mati
Ilustrasi Mayat. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Penelitian tentang apa yang terjadi setelah manusia meninggal terus dilakukan sejumlah ilmuwan di penjuru dunia. Sebuah pembuktian ilmiah diperlukan untuk menjelaskan gambaran tentang kehidupan setelah kematian.

Sekelompok ilmuwan di Inggris lalu melakukan penelitian tentang apa yang dialami manusia setelah jantungnya berhenti berdetak. Penelitian selama lima tahun tersebut dilakukan terhadap dua ribu orang yang mempunyai penyakit jantung.

Salah satu pasien jantung yang hidup kembali setelah dinyatakan meninggal selama tiga menit mengatakan, dirinya dapat dengan jelas saat dokter dan suster berusaha menghidupkannya kembali. Ia juga dapat mendengar semua suara peralatan yang berada di ruang rumah sakit tersebut.

Berikut hasil penelitian terbesar tentang kehidupan setelah kematian:

1. Manusia masih sadar setelah dinyatakan meninggal

Ini hasil penelitian terbesar tentang kehidupan setelah mati
 
Merdeka.com - Ilmuwan dari Southampton University mendapatkan bukti bahwa kesadaran dapat bertahan beberapa menit setelah seseorang dinyatakan meninggal. Sebelumnya, hal tersebut dianggap sesuatu yang tidak mungkin.

Kematian adalah suatu hal yang tidak dapat dihindarkan manusia. Namun sekarang, ilmuwan percaya bahwa mereka telah menemukan apa yang dialami seseorang ketika tubuhnya dinyatakan meninggal.

Penelitian medis terbesar yang mempelajari pengalaman hampir mati dan keluarnya ruh seseorang dari tubuh, menemukan fakta bahwa, kesadaran seseorang masih terjaga meski otak sudah sepenuhnya berhenti bekerja. Penemuan ini kemudian menjadi kontroversial dan mendapatkan skeptisisme luas.

2.
Habiskan lima tahun untuk meneliti 2 ribu orang


Ini hasil penelitian terbesar tentang kehidupan setelah mati
 
 Merdeka.com - Ilmuwan di Southampton University telah menghabiskan lima tahun penelitian terhadap lebih dari dua ribu orang yang menderita penyakit jantung. Penelitian sendiri dilakukan di 15 rumah sakit di Inggris, Amerika dan Austria.

Mereka mendapati bahwa, hampir 40 persen orang yang selamat menjelaskan kesadaran mereka saat secara medis mereka telah dinyatakan meninggal. Salah seorang bahkan mengaku dapat melihat dengan jelas saat tubuhnya berada di ruang operasi rumah sakit.

Meski tidak sadar dan dinyatakan 'meninggal' selama tiga menit, seorang pekerja berusia 57 tahun dari Southampton, menceritakan apa yang telah dokter dan suster lakukan terhadap tubuhnya. Dirinya juga dapat mendengar dengan jelas suara alat-alat yang berada di ruangan tersebut.

"Kita tahu otak tidak berfungsi ketika jantung berhenti berdetak," kata Dr Sam Parnia, seperti dikutip Telegraph, Kamis (9/10).

Mantan ilmuwan yang memimpin penelitian tersebut menambahkan, dalam kasus pria Southampton tersebut, dirinya tetap sadar selama tiga menit setelah jantung berhenti berdetak. Meski pun otak biasanya tidak bekerja setelah 20 hingga 30 detik setelah jantung berhenti bekerja.

"Dia dapat dipercaya dan semua yang dilihatnya benar-benar terjadi."

3.
Dari 2.060 pasien yang diteliti, 140 dapat ingat apa yang dialaminya

Ini hasil penelitian terbesar tentang kehidupan setelah mati

Merdeka.com - Dari 2.060 pasien penyakit jantung yang dipelajari, 330 selamat dan 140 mengatakan mereka memiliki pengalaman kesadaran saat dihidupkan kembali.

Meski kebanyakan dari mereka tidak dapat menceritakan secara spesifik pengalaman yang dialaminya, satu dari lima mengatakan mereka merasakan perasaan damai yang belum pernah dirasakannya. Sementara sepertiganya mengatakan, waktu seolah berputar cepat dan lambat.

Beberapa dari mereka mengaku melihat cahaya terang. Cahaya keemasan seperti cahaya matahari. Sebagian merasakan ketakutan luar biasa seolah mereka ditarik ke dalam air yang dalam. 13 persen lainnya merasa ruh terpisah dari tubuh dan lainnya merasa diangkat sangat tinggi.

4.
Obat-obat membuang ingatan orang yang hidup setelah mati

Ini hasil penelitian terbesar tentang kehidupan setelah mati
 
Merdeka.com - Dr Palnia yakin banyak dari orang yang memiliki pengalaman ketika berada dalam posisi hampir mati, namun obat-obatan yang digunakan saat menyelamatkan nyawa mereka, menghapus semua ingatan tersebut.

Diperkirakan ada jutaan orang yang memiliki pengalaman hampir mati. Tapi pembuktian ilmiah telah membuat semuanya ambigu.

"Banyak orang berasumsi bahwa kejadian ini halusinasi atau ilusi tapi mereka tampaknya berhubungan dengan kejadian sebenarnya," ujar Dr Palnia.

5.
Penelitian hidup setelah mati mendapat apresiasi tinggi

Ini hasil penelitian terbesar tentang kehidupan setelah mati
Merdeka.com - Peneliti psikologis di Nottingham Trent University, Dr David Wilde saat ini mengumpulkan data kasus pengalaman hidup setelah mati untuk menemukan pola hubungan dari semua kejadian ini. Dia berharap penelitian terakhir tersebut dapat mendorong pembelajaran baru mengenai topik kontroversi tersebut.

"Kebanyakan studi terlihat retrospektif, 10 atau 20 tahun lalu, namun peneliti mencari contoh dan menggunakan ukuran sampel yang benar-benar besar untuk mendapatkan validitas," ujar Dr David Wilde.

Dia menambahkan, ada bukti kuat yang mengatakan pengalaman tersebut sebenarnya terjadi setelah seseorang dinyatakan meninggal.

"Kita tidak mengetahui apa yang terjadi. Kita masih belum mengetahui apa yang terjadi setelah manusia meninggal dan semoga penelitian ini dapat memberikan lensa."

Penelitian tersebut kemudian diterbitkan dalam sebuah jurnal Resuscitation. Penelitian yang dilakukan Dr Sam Parnia tersebut mendapat apresiasi tinggi.

"Dr Parnia dan koleganya mendapat apresiasi yang tinggi karena telah menyelesaikan studi yang diharapkan akan membuka pintu terhadap penelitian lainnya tentang apa yang terjadi setelah kita mati," kata Editor-in-Chief Resuscitation, Dr Jerry Nolan.

Sumber :
http://www.merdeka.com/teknologi/ini-hasil-penelitian-terbesar-tentang-kehidupan-setelah-mati/penelitian-hidup-setelah-mati-mendapat-apresiasi-tinggi.html 
 
-------------------

Ilmuwan Jerman Buktikan ada Kehidupan Setelah Mati

Tim peneliti mengawasi kondisi pasien yang secara medis dinyatakan mati selama hampir 20 menit sebelum hidup kembali. Proses ini diulang pada 944 orang sukarelawan selama empat tahun terakhir

Ilmuwan Jerman Buktikan ada Kehidupan Setelah Mati
ilustrasi

Hidayatullah.com–Sebuah tim psikolog dan dokter yang bekerjasama dengan Technische Universität Berlin, Jerman, baru-baru ini mengumumkan adanya beberapa bentuk kehidupan setelah kematian.
Pernyataan mengejutkan ini didasarkan pada kesimpulan dari penelitian medis yang mereka lakukan terhadap pengalaman seseorang menjelang kematian.

Tim peneliti mengawasi kondisi pasien yang secara medis dinyatakan mati selama hampir 20 menit sebelum hidup kembali. Proses ini diulang pada 944 orang sukarelawan selama empat tahun terakhir.
Untuk membuat pasien dalam keadaan mati, tim peneliti melakukan pencampuran terhadap beberapa jenis obat-obatan termasuk epinefrin dan dimethyltryptamine.

Obat-obatan ini memungkinkan tubuh untuk bertahan dalam keadaan mati secara medis hingga melalui proses penghidupan kembali tanpa merusak tubuh.
Tubuh pasien kemudian dimasukkan ke dalam keadaan koma sementara dengan menggunakan campuran obat lain, yang harus disaring oleh ozon dari darah selama proses penghidupan kembali 18 menit kemudian.
Durasi sangat panjang dari pengalaman baru-baru ini dimungkinkan oleh perkembangan mesin cardiopulmonary recitation (CPR) yang disebut AutoPulse. Jenis peralatan ini telah digunakan selama beberapa tahun terakhir, untuk menghidupkan kembali orang yang telah mati antara 40 menit sampai satu jam.

Pengalaman menjelang kematian sebelumnya telah dihipotesiskan dalam berbagai jurnal medis sebagai memiliki karakteristik halusinasi, tetapi Dr Berthold Ackermann dan timnya, sebaliknya, menganggap mereka sebagai bukti keberadaan akhirat dan dari bentuk dualisme antara pikiran dan tubuh.
Tim ilmuwan yang dipimpin oleh Dr Berthold Ackermann, telah memantau operasi dan telah mengumpulkan kesaksian dari para pasien.

Meskipun ada beberapa variasi-variasi kecil dari satu orang ke orang lain, semua pasien memiliki beberapa kenangan saat berada dalam kematian medis. dan sebagian besar dari mereka menggambarkan beberapa sensasi yang sangat mirip. Sebagian kenangan termasuk perasaan detasemen dari tubuh, perasaan levitasi, ketenangan, keamanan, kehangatan, hingga melihat cahaya yang luar biasa.

Para ilmuwan mengatakan bahwa mereka sangat menyadari bahwa ada banyak kesimpulan mereka yang akan mengejutkan banyak orang, seperti fakta bahwa gambaran tentang kematian yang selama ini diketahui dari ajaran agama tampaknya sama sekali tidak terjadi. Padahal, para relawan merupakan umat dari berbagai kepercayaan seperti Kristen, Muslim, Yahudi, Hindu dan ateis.
“Saya tahu, hasil penelitian kami bisa mengganggu keyakinan beragama dari banyak orang” kata Mr Ackermann dikutip laman  worldnewsdailyreport.com.

“Tapi dengan cara ini, kami baru saja menjawab salah satu pertanyaan terbesar dalam sejarah umat manusia. Ya, ada kehidupan setelah kematian dan hal ini berlaku untuk semua orang,” lanjutnya.
Sebelum peneliti membuktikan masalah ini, Al-Quran dalam Surat Al Mujadilah sudah mengingatkan lebih dari 1400 tahun, “Pada Hari ketika mereka dibangkitkan Allah semuanya, lalu diberitakannya kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan. Allah mengumpulkan (mencatat) perbuatan itu, padahal mereka telah melupakannya. Dan Allah Maha menyaksikan segala sesuatu.”*
http://www.merdeka.com/teknologi/ini-hasil-penelitian-terbesar-tentang-kehidupan-setelah-mati.html
 
------------------

 
Kehidupan Setelah Kematian Dibuktikan Secara Ilmiah Ilustrasi (The Wired)
Dream - Kematian telah menjadi misteri bagi dunia medis sejak zaman dulu. Bahkan, berbagai jurnal dan penelitian medis terus berupaya mengungkap rahasia di balik sakaratul maut. Dalam jurnal dan penelitian itu, sakaratul maut dianggap sebagai halusinasi dari orang yang akan meninggal.
Namun baru-baru ini seoang ilmuwan Jerman, Berthold Ackermann berhasil mengungkapkan pengalaman menjelang kematian itu adalah hal yang nyata, dan menjadi bukti keberadaan akhirat dan sebagai bentuk dualisme antara pikiran dan tubuh.

Sebuah tim psikolog yang dipimpin Ackermann dari Technische Universität di Berlin mengumumkan mereka telah membuktikan melalui eksperimen secara klinis, adanya beberapa bentuk kehidupan setelah kematian.

Kehidupan Setelah Kematian Dibuktikan Secara Ilmiah

Pengumuman mengejutkan ini didasarkan pada kesimpulan dari penelitian tipe baru tentang pengalaman mendekati kematian yang diawasi secara medis. Dalam penelitian menggunakan metode canggih tersebut, pasien secara klinis 'dimatikan' selama hampir 20 menit sebelum dihidupkan lagi.
Penelitian dan penemuan kontroversial ini telah diulang terhadap 944 sukarelawan selama empat tahun terakhir. Dalam proses mematikan dan menghidupkan kembali pasien untuk mencari tahu pengalaman mendekati kematian, tim membutuhkan campuran rumit obat-obatan termasuk epinefrin dan dimethyltryptamine.

Campuran obat-obatan rumit itu memungkinkan tubuh untuk bertahan saat mati dan proses penghidupan kembali tanpa merusak bagian-bagian tubuh.
Proses itu juga melibatkan alat canggih bernama AutoPulse. Alat ini sudah digunakan dalam beberapa tahun terakhir untuk menghidupkan kembali orang mati antara 40 menit hingga satu jam sebelumnya.
Tim kemudian memonitor dan menyusun testimoni dari para pasien selama sakaratul maut, mati dan hidup kembali.

Meskipun bervariasi, namun pasien memiliki memori yang hampir mirip satu sama lain ketika mereka dalam keadaan sakaratul maut, mati dan hidup kembali.
Para pasien mengatakan mereka merasa terpisah dari tubuhnya, kemudian memiliki perasaan melayang dan tenang, nyaman dan penuh kehangatan. Mereka juga merasa terputus dari dunia nyata dan melihat cahaya yang luar biasa terang.

Tim yang dipimpin Ackermann menyadari penemuan mereka ini sangat mengejutkan semua orang, termasuk beberapa dari kalangan agamis yang selama ini menggambarkan sakaratul maut. Dan kematian yang ternyata berbeda dari apa yang digambarkan para pasien.
Para relawan adalah orang-orang yang berasal dari latar belakang agama yang berbeda, mulai dari Kristen, Islam, Yahudi, Hindu dan ateis.

Kisah-kisah kematian banyak terjadi di sekitar kita. Dari mulai menipu kematian sampai bahaya tidur tengkurap berujung kematian. Ini lengkapnya. (Ism, Sumber: Worldnewsdailyreport.com)

Menipu` Kematian

Kehidupan Setelah Kematian Dibuktikan Secara Ilmiah `Menipu` Kematian

Dream - Pada 1972, Max More melihat acara televisi anak-anak fiksi ilmiah yang disebut Time Slip --menampilkan karakter yang membeku dalam es. Dia tidak berpikir banyak tentang manusia beku sampai bertahun-tahun kemudian, ketika ia mulai bergaul dengan teman-teman yang mengadakan pertemuan tentang masa depan.
 
"Mereka mendapatkan majalah Cryonics dan mereka menguji seberapa futuristik-nya aku," ujar More dikutip Dream.co.id dari kantor berita BBC, Rabu 27 Agustus 2014. Tarif untuk mengawetkan otak saja, Anda harus membayar US$80.000 (Rp 935 juta) dan US$200.000 (Rp 2,3 miliar) untuk seluruh anggota tubuh. Ini lengkapnya http://bit.ly/1tQcSpE  (Ism)

Geger Pria Meninggal Dua Kali

Kehidupan Setelah Kematian Dibuktikan Secara Ilmiah Geger Pria Meninggal Dua Kali

Pasien itu bernama Masoud Al Hamdouni, seorang guru. Dokter di Rumah Sakit Princess Masma menyatakan pria itu meninggal karena serangan jantung. Setelah vonis kematian itu, dokter meminta pekerja rumah sakit untuk membawa jasad Al Hamdouni ke kamar mayat. Ini lengkapnya http://bit.ly/1pbig8g (Ism)

Tidur Tengkurap Berujung Kematian?

Kehidupan Setelah Kematian Dibuktikan Secara Ilmiah Tidur Tengkurap Berujung Kematian?

Rasul Muhammad SAW sendiri melarang orang tidur tengkurap. Dalam sebuah hadis riwayat Abu Dawud, Rasul pernah membangunkan seorang sahabat yang tengah tidur tengkurap di masjid. Bukan dengan tangan. Hadis itu menyebut Nabi Muhammad membangunkan sahabat itu dengan kakinya seraya melarang tidur dalam posisi tengkurap. Ini lengkapnya http://bit.ly/1p9KU59 (Ism)
 
Sumber : http://www.dream.co.id/news/ilmuwan-ini-buktikan-ada-kehidupan-setelah-kematian-140922b.html
------------------

KEMANA KITA SETELAH MATI ???? MENURUT AL QURAN , ALKITAB DAN HINDU DI BALI

(maaf tidak pny referensinya,yg hindu silahkan tambah)

1.AL QURAN
Setelah manusia memasuki fase alam barzah yang menjadi pertanyaan apa yang terjadi dan kemana perjalanan kita setelah meninggalkan dunia yang fana ini?
Barzakh  برْزَخٌ
Dapat berarti dinding pemisah / antara kedua tempat برْزَخٌ : حاجبٌ
Yaitu pemisah antara kehidupan dunia dan kehidupan akhirat.
Mari kita simak QS Ar-Rahman ayat 19-21: ayat 19. Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu, ayat 20. Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing. ayat 21. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Kemudian kita juga simak QS Al Mukminun ayat 99-100
ayat 99. (Demikianlah Keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, Dia berkata: “Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia)[1021], ayat 100. Agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah Perkataan yang diucapkannya saja. dan di hadapan mereka ada dinding sampal hari mereka dibangkitkan[1022].
[1021] Maksudnya: orang-orang kafir di waktu menghadapi sakratul maut, minta supaya diperpanjang umur mereka, agar mereka dapat beriman. [1022] Maksudnya: mereka sekarang telah menghadapi suatu kehidupan baru, Yaitu kehidupan dalam kubur, yang membatasi antara dunia dan akhirat.
Hadist Rasulullah , Dari al Bara’ bin azib  :
Kami keluar bersama Nabi sallahu alaihi wasalam, menggiring jenazah seorang laki laki dari golongan Anshar, sehingga kami sampai pekuburan. Ketika sedang di kubur, Rasulullah sallahu alahi wasalam, duduk menghadap ke Kiblat, dan kamipun duduk disekelilingnya, seakan akan diatas kami ada burung.
Sementara di tangan beliau ada dahan yang dicocokkan ke tanah (menampakkan wajah berpikir mendalam), lalu beliau memandang ke langit, dan memandang ke bumi. Lalu beliau bersabda,” mintalah perlindungan kepada Allah dari adzab kubur” sampai dua tiga kali. Lalu beliau menerangkan,”….

Sesungguhnya seorang hamba Mukmin, bila meninggalkan dunia (akan wafat) dan menghadapi akhirat. Turunlah kepadanya Malaikat dari langit. Dengan wajah yang cerah laksana matahari, dengan mereka kain kafan , diambil dari kain kafan surga, wangi wangian dari surga, mereka duduk sejauh mata memandang. Kemudian malaikat maut berkata,”kesejahteraan / kedamaian bagimu”sampai malaikat duduk di atas kepalanya.

Lalu malaikat berkata,” wahai jiwa yang baik, keluarlah kamu menuju maghfiroh (ampunan) dari Allah dan keridhoaanNya (cintaNya).
Nabi berkata Saw.,”maka keluarlah jiwa itu (ruh itu), seperti mengalirnya air dalam siqo (tempat air),lalu malaikat mengambilnya. Dan tidak ada sekejap matapun di tangan malaikat itu kecuali meletakkannya dalam kafan serta ramuan wewangian. Yang mana keluar darinya bau yang sangat harum sekali seperti
Misk (kasturi) yang terdapat dibelahan bumi.

Lalu Nabi bersabda,” malaikat malaikat itu naik ke atas bersamanya (membawanya). Setiap kali melintas kelompok malaikat, pasti mereka bertanya,” apakah gerangan Jiwa yang baik (sangat harum) ini ?”.
Mereka menjawab,”fulan bin fulan (identitas mayit) dengan nama yang paling indah, yang mana memiliki nama lebih baik nama-namanya yang ia dinamainya selama di dunia.

Sehingga pada akhirnya  mereka sampai langit dunia, meminta untuk dibukakan pintu untuk nya ( mayit ), maka terbukalah pintu langit untuk mereka.
Selanjutnya mereka mengiring lagi disetiap lapisan langit sampai langit berikutnya diiringi para malaikat. Pada akhirnya sampailah ke langit tujuh.

Maka Allah azza wajalla berfirman,” tulislah kitab hambaKu ini dalam illiyyin. Lalu kembalikanlah ia ke bumi. Sesungguhnya Aku menciptkannya (manusia)  dari (bumi /tanah) dalam  dikembalikan ke dalamnya (kubur) dan Aku mengeluarkannya (membangkitkan kembali) lagi  darinya”.
Kemudian Nabi berkata,” maka dikembalikanlah ruhnya kedalam jasadnya, lalu didatangilah oleh dua malaikat, kemudian di duduki (dibangunkan untuk duduk). Kedua malaikat itu berkata,”siapakah Tuhanmu ?. ia menjawab,”Allah Tuhanku”.
Lihat QS Ibrahim ayat 27 . Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan Ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat
Keduanya bertanya lagi,”apakah agamamu?”, ia menjawab,” agamaku Islam”. Mereka bertanya,”siapakah laki-laki yang diutus kepadamu?”. Ia menjawab,”Rasulullah”. Ditanya lagi,”apakah ilmumu?”. Ia menjawab,”Ku baca Alquran  lalu, kuyakini dan kubenarkan (amalkan). Maka terpanggilah panggilan dari langit ( Allah ) ; benar yang diucapkan hambaKu, maka berikanlah kepadanya kenikmatan pelaminan dari surga, dan berilah pakaian dari surga, bukalah baginya pintu menuju surga.
Nabi bersabda ,”maka datanglah kepadanya malaikat dengan kesenangan dan kenikmatan lalu melapangkan kuburnya sepanjang mata memandang”.

Nabi bersabda,” datang kepadanya seseorang yang sangat menawan wajahnya, pakaian yang sangat indah, serta bau yang sangat harum dan berkatalah kepadany,” berbahagialah kamu, dengan segala kenikmatan untukmu. Inilah hari yang telah dijanjikan untukmu.
Iapun bertanya ,” siapakah sesungguhnya kamu ? wajahmu yang membawa wajah segala kebaikan?”. ia menjawab,”aku adalah amal sholehmu”. Lalu ia berkata,”Ya Tuhanku, percepatlah kiamat, sehingga aku kembali kepada keluargaku dan hartaku”.

Kitab Illiyin
QS  Al Muthoffifiin 83 ayat 18. Sekali-kali tidak, Sesungguhnya kitab orang-orang yang berbakti itu (tersimpan) dalam ‘Illiyyin. [1564] ayat 19. Tahukah kamu Apakah ‘Illiyyin itu? ayat 20. (yaitu) kitab yang bertulis, ayat 21. Yang disaksikan oleh malaikat-malaikat yang didekatkan (kepada Allah). ayat 22. Sesungguhnya orang yang berbakti itu benar-benar berada dalam kenikmatan yang besar (syurga),
[1564] ‘Illiyyin: nama kitab yang mencatat segala perbuatan orang-orang yang berbakti.
Yang Dimurkai Allah SWT.

Sesungguhnya seorang hamba Kafir, bila meninggalkan dunia (akan wafat) dan menghadapi akhirat. Turunlah kepadanya Malaikat dari langit. Dengan wajah mengerikan yang hitam kelam  dengan mereka alat pintalan kasar dari neraka , mereka duduk di atas kepalanya sejauh mata memandang  .

Lalu malaikat berkata,” wahai jiwa yang kotor, keluarlah kamu menuju kemurkaan dan kemarahan Allah.
Nabi berkata,”maka diceraiberaikanlah jiwanya dalam tubuhnya  dan mencabutnya seperti mencabut seperti mencabut rembesan air yang banyak dari buluh domba yang  basah, lalu ditariknyalah   lalu malaikat mengambilnya dengan keras sampai terputuslah  urat urat dan syarafnya.. Dan tidak ada sekejap matapun di tangan malaikat itu kecuali meletakkannya dalam pintalan kasar Yang mana keluar darinya bau yang sangat busuk sekali dari bangkai yang paling busuk dibelahan bumi.

Lalu Nabi bersabda,” malaikat malaikat itu naik ke atas bersamanya (membawanya). Setiap kali melintas kelompok malaikat, pasti mereka bertanya,” apakah gerangan Jiwa yang kotor ini ?”. Mereka menjawab,”fulan bin fulan (identitas mayit) dengan nama yang sangat jelek, yang mana memiliki nama lebih jelek nama-namanya yang ia dinamainya selama di dunia.
Sehingga pada akhirnya  mereka sampai langit dunia, meminta untuk dibukakan pintu untuk nya ( mayit ), maka tidak terbuka pintu langit untuk nya.

Rasulullah sallahu alaihi wasalam  membacakan,” (surat al araf 40) sekali-kali tidak akan dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit dan tidak (pula) mereka masuk surga, hingga unta masuk ke lubang jarum. Demikianlah Kami memberi pembalasan kepada orang-orang yang berbuat kejahatan. Maka Allah azza wajalla berfirman,” tulislah kitab hambaKu ini dalam sijjin di kerak bumi yang terbawah, lemparlah sekeras kerasnya.

Kemudian Nabi membacakan ” (surat al haj 31) Barangsiapa mempersekutukan sesuatu dengan Allah, Maka adalah ia seolah-olah jatuh dari langit lalu disambar oleh burung, atau diterbangkan angin ke tempat yang jauh. Kemudian Nabi berkata,” maka dikembalikanlah ruhnya kedalam jasadnya, lalu didatangilah oleh dua malaikat, kemudian di duduki (dibangunkan untuk duduk). Kedua malaikat itu berkata,”siapakah Tuhanmu ?. ia menjawab,” ha? , ha? aku tidak tahu”.
Keduanya bertanya lagi,”apakah agamamu?”, ia menjawab,” ha? , ha? aku tidak tahu”. Mereka bertanya,”siapakah laki-laki yang diutus kepadamu?”. Ia menjawab,” ha? , ha? aku tidak tahu”. Maka terpanggilah panggilan dari langit ( Allah ) ; ia telah mendustakan (kebenaran), maka berikanlah kepadanya siksaan pelaminan dari neraka,  bukalah baginya pintu menuju neraka. Nabi bersabda ,”maka datanglah kepadanya malaikat dengan siksaan panas,dan racun racun neraka ”. Kuburnya disempitkan sehingga tulang tulang rusuknya bercampur baur”.

Datanglah kepadanya orang yang sangat jelek wajahnya, pakaian yang sangat jelek, bau yang sangat busuk. Lalu orang ituberkata ,kuberitahukan kepadamu” bagimu dengan azab yang engkau akan raskan. Inilah hari yang engkau sudah dijanjikan. Lalu ia bertanya,”siapakah engkau ini?yang berwajah jelek dan membawa kesengsaraan”. Ia menjawab ,”aku adalah amalan kamu yang jelek. Ia berkata,” ya Tuhanku janganlah datang hari Kiamat. Dalam riwayat lain ; Dalam kubur ; dikirimlah  seorang yang buta, tuli dan bisa yang ditangannya pemukul yang sangat keras dari besi jikala dipukulkan ke gunung maka akan hancur menjadi debu. Lalu dipukulkanlah kepadanya sampai terdengar antara Timur dan Barat kecuali dua ( jin dan manusia) sampai menjadi tanah, lalu dikembalikan (dihidupkan lagi ) ruhnya

Kitab Sijjin
QS  Al Muthoffifiin 83
ayat 7. Sekali-kali jangan curang, karena Sesungguhnya kitab orang yang durhaka tersimpan dalam sijjin[1562]. ayat 8. Tahukah kamu Apakah sijjin itu? ayat 9. (ialah) kitab yang bertulis. ayat 10. Kecelakaan yang besarlah pada hari itu bagi orang-orang yang mendustakan, ayat 11. (yaitu) orang-orang yang mendustakan hari pembalasan. ayat 12. Dan tidak ada yang mendustakan hari pembalasan itu melainkan Setiap orang yang melampaui batas lagi berdosa,

Tentang Ruh Mayit
Nabi sallahu alaihi wasalam : “sesungguhnya mayit itu mengetahui siapa yang membawanya, dan siapa yang memandikannya dan siapa yang mendatanginya di kuburannya.”.
Rasulullah sallahu alaihi wasalam,” apabila jenazah diletakkan diatas pundak digotong orang-orang, apabila ruh mayat yang sholeh, ia berkata,”ayo lekaslah secepatnya bawa diriku”. Tapi bila tidak sholeh ia berkata,” celakah aku, akan kemana mereka ini membawa ku ?” suaranya terdengar semuanya kecuali manusia, apabila manusia dapat mendengarnya niscaya akan pingsan.

Dialog Nabi Dengan Mayat
Rasulullah sallahu alaihi wasalam sedang melihat lihat warga (kuburan) AlQolaibi, lalu beliau berkata,”apakah kalian mendapatkan yang dijanjikan Tuhan kalian dengan benar ?”. Lalu beliau ditanya,”apakah engkau mengajak berbicara dengan orang orang yang telah mati (apakah mereka mendengar ?”. Rasulullah menjawab,” kalian semua tidak lah mampu mendengar  lebih dari pada mereka ( maksudnya mayat lebih memiliki pendengaran yang hebat dibanding manusia hidup ), akan tetapi mereka tidak mampu menjawab.
Rasulullah sallahu alaihi wasalam bersabda,” sesungguhnya kuburan adalah persinggahan pertama dari persinggahan persinggahan akhirat. Barangsiapa yang selamat darinya maka selanjutnya lebih mudah baginya dan barangsiapa yang tidak selamat di dalamnya , maka selanjutnya jauh lebih berat siksaannya. Rasulullah sallahu alaihi wasalam menambahkan,.” dan tidaklah kumelilhat pemandangan yang sangat mengerikan kecuali pemandangan kuburan”

Perkataan Kubur Kepada Mayat
Suatu hari Rasulullah masuk dalam daerah perkuburannya lalu melihat perkumpulan orang orang yang sedang tertawa-tawa. Lalu beliau bersabda,” bila kalian semua mengingat kepada yang menghacurkan dengan cepat semua kenikmatan (duniawi), maka kalian akan disibukkan dengan itu daripada apa yang aku lihat. Sesungguhnya seseorang bila memasuki kuburnya , kuburan itu akan berkata kepadanya “aku adalah rumah keterasingan, aku rumah kesendirian, aku rumah tanah, aku rumah cacing. Dan bila hamba yang beriman sudah memasuki kubur maka  ia akan mengatakan,”selamat datang dan engkau termasuk keluarga kami, dulu engkau sungguh aku mencintaimu telah berjalan diatas pundakku, karena apa yang telah engkau perbuat. Sekarang giliranku menghadapimu, engkau saat ini dihadapanku, maka akan engkau lihat apa yang aku perbuat kepadamu. Lalu Nabi menjelaskkan,”maka kuburan itu menjadi luas sepanjang matanya memandang, dan terbuka pintu ke sorga.

Dan bila hamba yang bermaksiat atau kafir sudah memasuki kubur maka  ia akan mengatakan,” aku tidak menyambut kamu, dan engkau tidak termasuk keluarga kami, dulu engkau sungguh aku membencimu telah berjalan diatas pundakku, karena apa yang telah engkau perbuat. Sekarang giliranku menghadapimu, engkau saat ini dihadapanku, maka akan engkau lihat apa yang aku perbuat kepadamu. Lalu Nabi menjelaskkan,”maka kuburan itu menghempitnya sampai tulang rusuknya saling bertemu dan saling beradu. Nabi menjelaskannya sambil mencengkramkan tangan memasukkan jari jemarinya satu sama lainnya. Lalu Allah memberikan kepadanya 70 ular yang sangat besar, apabila salah satu diantara nya menyemburkan hembusan di tanah, maka akan terbakar tidak akan dapat tumbuh lagi tanaman apapun diatasnya selama lamanya. Maka ia dilahap dengan gigitan ular itu dan dikoyak koyaknya kondisi ini terus sampai hari perhitungan.

Rasulullah sallahu alaihi wasalam “kuburan bisa menjadi taman salah satu taman sorga, bisa juga menjadi lubang neraka”.
Jabir bin Abdullah Al Anshori berkata,” kami sedang keluar berjalan bersama Rasulullah sallahu alaihi wasalam suatu hari ke Saad Bin Muadz ketika wafat. Ketika Rasulullah sallahu alaihi wasalam menyolatkannya dan meletakkan di dalam kuburanya lalu menguburnya, beliau bertasbih, kamipun ikut bertasbih dalam jangka yang lama. Lalu Nabi bertakbir, kamipun ikut bertakbir. Lalu beliau ditanya,” Ya Rasulullah kenapa Engkau bertasbih dan bertakbir ? “sesungguhnya kuburan ini menyempitkan hamba Allah yang sholeh ini, lalu Allah melapangkannya baginya”.
Jadi Nabi dapat mengetahui bahwa : kuburan menyempit walau bagi orang sholeh, tetapi  tidak menyiksa, lain halnya orang kafir penyempitan sebagai siksaan, karena setelah itu kuburan orang sholeh dilapangkan Allah swt.
Masuklah Rasullah sallahu alaihi wasalam kepada Abi Salamah yang terbelalk matanya, beliau bersabda,”sesungguhnya roh itu bila ditarik (ajal) diikuti oleh mata”. Dan setelah itu orang-orang berteriakan terkejut. Lalu Nabi mengatakan, “janganlah kalian mengatakan terhadap diri kalilan kecuali dengan perkataan yang baik !”. Sesungguhnya para malaikat meng-amin kan apa yang kalian katakan !”. Lalu Nabi berdoa untuk Abi Salamah,” Ya Allah ampunilah Abi Salamah, angkatlah derajatnya sampai Mahdiyiin (derajat orang yang dipancarkan cahaya karena mengikuti petunjukNya ) dan berilah kepadanya kesudahan dalam golongan yang ghobirin (golongan umat Nabi Muhammad yang terangkat derajatnya) dan ampuni pula kami dan dirinya wahai pengatur alam semesta, lalu lapangkanlah baginya dalam kuburnya kemudian pancarkanlah cahaya baginya di dalam kuburnya. HR Muslim

Cahaya Dalam Kubur
Ada seorang wanita berkulit hitam, selalu membersihkan (menyapu) masjid (dalam riwayat juga seorang pemuda). Lalu Nabi merasa kehilangan (tidak melihat lagi). Kemudian beliau bertanya tentang wanita tadi. Kemudian para sahabat mengatakan,” sudah wafat !”. Beliau bersabda”apakah kalian menyakitku ?” ( seolah-olah orang orang meremehkan wanita itu). Lalu Nabi berkata,” tunjukkan kepadaku kuburannya !”. Lalu mereka menunjukkan kepada Nabi. Kemudian Nabi menyolatkannya ( sholat diatas kuburannya ), kemudian beliau bersabda,” kuburan kuburan disini penuh dengan kegelapan bagi orang orang yang di dalamnya, sesungguhnya Allah azza wa jalla memancarkan cahaya kepada kuburan kuburan ini bagi mereka yang ada di dalamnya karena sholatku kepada mereka”. HR Muslim

Adzab Kubur dalam Quran
Marilah kita simak QS At Taubah ayat 101. Di antara orang-orang Arab Badwi yang di sekelilingmu[657] itu, ada orang-orang munafik; dan (juga) di antara penduduk Madinah. mereka keterlaluan dalam kemunafikannya. kamu (Muhammad) tidak mengetahui mereka, (tetapi) kamilah yang mengetahui mereka. nanti mereka akan Kami siksa dua kali kemudian mereka akan dikembalikan kepada azab yang besar. [657] Maksudnya: orang-orang Badwi yang berdiam di sekitar Madinah
Siksaan : siksaan pertama di dunia lalu yang kedua siksaan disini adalah adzab kubur di alam barzakh. Lalu baru kepada azab yang lebih besar lagi diakhirat.
Kemudian diikuti QS Al Mukmin / Al Ghofir
ayat 45. Maka Allah memeliharanya dari kejahatan tipu daya mereka, dan Fir’aun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang Amat buruk. ayat 46. Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang[1324], dan pada hari terjadinya kiamat. (Dikatakan kepada malaikat): “Masukkanlah Fir’aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras”. [1324] Maksudnya: dinampakkan kepada mereka neraka pagi dan petang sebelum hari berbangkit.
Fir’aun dengan pengikutnya selalu dikepung adzab kubur dan tersiksa lagi dengan ditampakkan kepada mereka “masa depan di neraka” pagi dan sore sampai kiamat disinilah disamping siksaan fisik dalam kubur juga siksaan mental yang dahsyat !!.
Orang-Orang yang Mati Syahid
Mari kita simak QS Al Imran ayat 169. Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup[248] disisi Tuhannya dengan mendapat rezki. [248] Yaitu hidup dalam alam yang lain yang bukan alam kita ini, di mana mereka mendapat kenikmatan-kenikmatan di sisi Allah, dan hanya Allah sajalah yang mengetahui bagaimana Keadaan hidup itu.
Ruh Dapat mengetahui kondisi orang yang masih hidup:
  • Doa memasuki perkuburan.
  • Berita gembira dari kesholehan anaknya.
  • Amalan yang masih hidup diperlihatkan kepada orang yang telah wafat.
  • Silaturahmi antara ruh yang telah wafat bahkan saling menikah.
  • Mendapatkan kebahagiaan dengan amalan yang masih hidup.
Mendengar dari Kubur
Dalam hadist Riwayat Bukhori ; bahwa Nabi menjelaskan orang yang kafir atau munafik akan disiksa dalam kubur dengan martil besi  yang dipukulkan diatas kepalanya antara kedua telinganya hingga berteriak sekeras-kerasnya yang dapat didengar oleh yang disekitarnya kecuali manusia dan jin.

Dimanakah Keberadaan Ruh si Mayit
  • Para Nabi dan Rasul dalam Hadist shohih Bukhori Muslim: Derajat yang sangat tinggi di sebut dengan istilah  rofiiq  A’ laa yaitu derajat tertinggi di sisi Allah swt seperti yang diterangkan Rasulullah  “allahumma rofiiq A’laa”. Seperti halnya dalam perjalanan Nabi ke sidratul muntaha sewaktu Mi’raj bahwa penempatan manusia bertingkat tingkat.
  • QS Al-Imran 169: Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup[248] disisi Tuhannya dengan mendapat rezki.  [248] Yaitu hidup dalam alam yang lain yang bukan alam kita ini, di mana mereka mendapat kenikmatan-kenikmatan di sisi Allah, dan hanya Allah sajalah yang mengetahui bagaimana Keadaan hidup itu.
Orang orang yang mati syahid dalam kenikmatan yang berlimpah dari Allah swt. Dalam riwayat yang sangat banyak menunjukkan :
Arwah mereka dalam rongga burung  yang kehidjau hijauan keluar masuk  sorrga menuju sungai sungai sorga, memakan buah buahnya. Lalu pergi kembali lagi ke periuk periuk yang terbuat dari emas. Mereka bergelantungan di alam arsy . Apabila mereka merasakan nikmatnya aroma makanan dan minuman, mereka mengatakan : sampaikanlah  tentang keadaan ini semua kepada suadara saudara kami, sungguh kami hidup dalam sorga yang penuh rezki. Ini agar mereka (orang yang masih hidup di dunia) tidak lari berpaling dari jihad perang. Kemudian Allah swt berfirman,”Aku akan beritahukan kepada mereka !” Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup[248] disisi Tuhannya dengan mendapat rezki. Al Imran 169.

Rasulullah sallahu alaihi wasalam bersabda,” tidak ada satupun masuk sorga lalu menginginkan untuk kembali ke dunia, dan tidak akan memiliki apapun di dunia kecuali hanya ingin mati syahid lagi, keinginannya kembali ke dunia hanyalah berperang walaupun sepuluh kali. Hal ini karena mereka mendapatkan kemuliaan dan karunia ( buah dari syahid ).

Orang orang yang sholeh juga dalam kenikmatan yang diberikan Allah swt dalam hadist RAsulullah bersabda, : sesungguhnya arwah orang beriman dalam bentuk burung  yang bergelantung di pepohonan sorga dan akan dikembalikan ke jasadnya hari kebangkitan nanti. HR Ahmad. Jadi dijelaskan kenikmatan dalam sorga barzakh sampai hari kebangkitan. Barulah memasuki fase selanjutnya.

Ruh yang Dimurkai
Seperti yang diterangkan sebelumnya bahwa arwah manusia yang dibenci Allah dalam siksaan kubur . Dalam beberapa riwayat hadist siksaan kubur sangat berbeda beda itu semua tergantung pada perbuatan dosa dosanya :
  • Adzab tempaan besi panas.
  • Adzab batu besar.
  • Adzab cerobong panas.
Rasulullah sallahu alaihi wasalam bersabda,” jiwa orang beriman itu tergantung karena hutangnya sampai dilunasi”. HR Tirmidzi
Rasulullah berdoa untuk mayit “ Ya Allah ampunilah dirinya dan limpahkanlah rahmat serta berilah afiah (keselamatan) dan maafkanlah (atas kesalahanya), karuniakanlah kepadanya kemuliaan saat dimasukan dalam kubur, lapangkanlah kuburnya, mandikanlah dengan air, es dan embun. Bersihkanlah dari segala kesalahan kesalahan seperti bersihkan pakaian yang putih dari noda. Lalu berikanlah kepadanya pengganti rumah yang lebih baik dari rumahnya (didunia). Keluarga yang lebih baik dari keluarganya. Pasangan (suami/isteri) yang lebih baik dari pasangannya ( didunia ). Kemudian masukkanlah dalam sorga, lindungilah ia dari adzab kubur dan adzab api neraka. HR Muslim

2.AL KITAB
Lukas 16:19. “Ada seorang kaya yang selalu berpakaian jubah ungu dan kain halus, dan setiap hari ia bersukaria dalam kemewahan. 16:20 Dan ada seorang pengemis bernama Lazarus, badannya penuh dengan borok, berbaring dekat pintu rumah orang kaya itu, 16:21 dan ingin menghilangkan laparnya dengan apa yang jatuh dari meja orang kaya itu. Malahan anjing-anjing datang dan menjilat boroknya. 16:22 Kemudian matilah orang miskin itu, lalu dibawa oleh malaikat-malaikat ke pangkuan Abraham. 16:23 Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya. 16:24 Lalu ia berseru, katanya: Bapa Abraham, kasihanilah aku. Suruhlah Lazarus, supaya ia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat kesakitan dalam nyala api ini. 16:25 Tetapi Abraham berkata: Anak, ingatlah, bahwa engkau telah menerima segala yang baik sewaktu hidupmu, sedangkan Lazarus segala yang buruk.

Sekarang ia mendapat hiburan dan engkau sangat menderita. 16:26 Selain dari pada itu di antara kami dan engkau terbentang jurang yang tak terseberangi, supaya mereka yang mau pergi dari sini kepadamu ataupun mereka yang mau datang dari situ kepada kami tidak dapat menyeberang. 16:27 Kata orang itu: Kalau demikian, aku minta kepadamu, bapa, supaya engkau menyuruh dia ke rumah ayahku, 16:28 sebab masih ada lima orang saudaraku, supaya ia memperingati mereka dengan sungguh-sungguh, agar mereka jangan masuk kelak ke dalam tempat penderitaan ini. 16:29 Tetapi kata Abraham: Ada pada mereka kesaksian Musa dan para nabi; baiklah mereka mendengarkan kesaksian itu. 16:30 Jawab orang itu: Tidak, bapa Abraham, tetapi jika ada seorang yang datang dari antara orang mati kepada mereka, mereka akan bertobat. 16:31 Kata Abraham kepadanya: Jika mereka tidak mendengarkan kesaksian Musa dan para nabi, mereka tidak juga akan mau diyakinkan, sekalipun oleh seorang yang bangkit dari antara orang mati.”

Setiap org akan masuk ke tahta penghakiman. Seorang demi seorang. Masuk dalam tahta putih ataukah tahta pengadilan Kristus.
Tahta putih (why 20 : 11) –> untuk org2 yg tdk percaya kpd Tuhan Yesus. Tahta pengadilan Kristus –> untuk org2 yg percaya kpd Tuhan Yesus. Mengikuti jejak2 abraham — bapa org beriman — kita akan masuk ke dalam FIRDAUS.

Hidup kita ini ada pilihan –> Tempat penitipan.
 setiap org beriman kpd YESUS tempatnya di situ. Kalo org yg tdk percaya tempatnya di Alam Bersak — TEMPAT TRANSIT SEBELUM KE NERAKA. Nama orang itu TDK TERCATAT DI SORGA. Beda dg org miskin, LAZARUS — namanya ditulis.
Hartawan yg binasa. Menabur selama di dunia, menuai di kekekalan.

 3.HINDU
kalo secara Hindu di Bali, mati itu ada mati normal, mati ulah pati,mati salah pati, mungkin ada yang menambahkan...

kalo mati normal contohnya mati karena usia, mati karena sakit dll...trus setelah mati menurut cerita orang tua ada di tegal penangsaran (tanah lapang tempat menerima keputusan akhir) konon kalo di pulau bali terdapat di laut di depan Pura Goa Lawah......

diadili oleh Sang Hyang Suratma(sang pembawa catatan kehidupan manusia)...diputuskan deh ke sorga/neraka dan untuk berapa lama sesuai karmanya di dunia....setelah habis masanya kembali lagi ke dunia...tergantung sisa karmanya...

kalo turunan sorga akan menjadi anak yang tampan, berbudi luhur, cerdas dan nurut...

kalo turunan neraka akan menjadi anak yang bandel, susah diatur, cacat (ini konon bekas siksaannya di neraka), miskin, sial dll

ato bahkan yang amal baiknya masih tersisa banyak akan di berikan kebebasan memilih apakah lahir di antara keluarganya atau keluarga yang mapan di dunia ini....makanya kadang2 ada bule yang gak pernah tau bali tumben ke bali merasa inilah daerahnya sehingga betah dan gak mau balik..

kalo udah tinggi amal baiknya dan ilmunya bisa langsung moksa atau bersatu dengan brahman....

mati ulah pati contohnya karena ketidak sengajaan seperti dijatuhi batu dari atas, dimangsa binatang, di serang musuh, mungkin untuk jaman sekarang ditabrak mobil atau kena bom....nah menurut kepercayaan orang tua, rohnya akan tinggal di tempat kejadian, menunggu amal baik sanak saudara atau keturunannya sehingga roh itu bisa menuju tegal penangsaran untuk diadili.....kalo gak ada amal baik bertahun-tahun ia akan menjadi roh jahat dan akan menjadi Bhuta Cuil penghuni batu besar, kayu besar yang mengganggu manusia atau desa lokasi kejadian tersebut....jadi bahasa gampangnya dunia antara...biasanya banyak di dekat tempat suci tapi gak berani masuk...maksudnya untuk bisa mendengar mantra suci dan menyerap aura kesucian tempat itu sehingga ia bisa lepas .

mati salah pati itu mati akibat kesengajaan seperti bunuh diri, minum racun, menusuk diri dll...ni mati yang paling berat hukumannya karena langsung turun ke dunia bawah...dunia kegelapan...akan menjadi roh penasaran/hantu...dan menjadi anak buah sang Hyang kalika di Kuburan.....
yang hindu silahkan tambahkan,, ilmu papa mimin belum sampai ke situ.. ini hanya menurut hindu di bali..maaf tidak


--------------

Dengan adanya keimanan yang tertanam dalam hati, manusia akan mengakui kekurangan dan kelemahan dirinya dihadapan Allah sehingga tidak sempat menyombongkan diri. Bahkan manusia akan selalu merendahkan diri, memohon petunjuk dan menerima kritik dari orang lain.

 Sehingga bersihlah jiwanya baik dalam berperilaku maupun dalam beramal zariyah yang pada akhirnya makin meningkatlah rasa taqwanya pada Allah.

 
Sumber Artikel  (wisatapedia.web.id)
Sumber Gambar (dari berbagai sumber)




---------------

Sumber asli ;
https://granadamediatama.wordpress.com/poster/penciptaan-alam-semesta-dalam-al-quran-dan-sains/ 


http://waones-sbm.blogspot.com/2015/03/pemikiran-dan-pandangan-modern-dalam.html


Bila anda akan meng-copy atau memperbanyak bahasan artikel ini, seyogyanya anda tetap mencantumkan sumber pada Sumber asli dan bahan tulisan di atas.


Demikian artikel tentang Hidup Sesudah Mati
Semoga bisa menjadi hiburan dan terutama menambah wawasan anda ...

Kembali ke Halaman Utama >>>>
Pemikiran dan Pandangan Modern Dalam ARTIKEL AKHIR ZAMAN


I Hope you like the post. Stay connected for more...


Edit; wawansurya
Sumber utama bahasan;
http://wawansurya.de.vu
http://wawansurya.tk
http://wawansurya.infos.st
http://wwbisnis.blogspot.com
www.affiliate-waones.com
http://waones-sbm.blogspot.com
http://mitra-sbm.blogspot.com

Terima kasih sudah Mau Berkunjung Keblog Ini .. bila ada yang tidak berkenan .... Comment aja ... yah!!!

merchant 
Search Engine

Artikel Menarik Lainnya :



1 comment: