Sunday, April 19, 2015

Kaleidoskop Global Shirah Nabawiyah






Literatur Modernisasi Dalam Perspektif Islam
Kaleidoskop Global Shirah Nabawiyah 


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hai? Apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat wal'afiat yahh.. :WA kali ini tidak akan memposting Artikel yang berhubungan dengan Posting dan Gambar Porno :) tetapi WA akan mencoba menshare tentang bahasan mengenai ARTIKEL AKHIR ZAMAN yang disunting dari berbagai sumber dan sumber utama.

Pada pembahasan yang lalu, waones articles telah menyinggung bahasan mengenai Indahnya Surga Dahsyatnya Neraka, dan bila anda ingin membaca artikel lainnya yang berhubungan dengan artikel Akhir Zaman, silahkan klik Open dibawah ini dan Klik pada Link judul artikel tersebut.

Selamat membaca !!!
-------------
Klik Open >>>



















=========================
--------------------
 Edisi Akhir Zaman
 -------------


Kaleidoskop Global Shirah Nabawiyah

muhammad saw kaleidoskop global sirah nabawiyah
 
----------------

SIRAH NABAWIYAH

MUHAMMAD SAW KALEIDOSKOP GLOBAL SIRAH NABAWIYAH
 






SINOPSIS :
Perjalanan hidup Rasulullah SAW bagai bentangan samudra yang penuh dengan pesona, setiap mata tak pernah bosan untuk memandangnya. Ibarat deburan ombak di tepian pantai, semakin dipandang semakin terlihat indah, makin mendekat membuat rasa ingin tahu semakin dalam. Begitu indahnya pesona kehidupan beliau.

”Sungguh telah ada bagi kalian dalam diri Rasulullah teladan yang baik” (QS. Al-Ahzab : 21)

Fase Makkah545-578 Masehi :
1. Kelahiran Abdullah ayah Muhammad SAW (545)
2. Kelahiran Siti Khadijah, yang kelak menjadi istrinya (555)
3. Wafatnya Abdullah, ayah Rasulullah SAW (569)
4. Terjadi penyerbuan oleh tentara gajah pimpinan Abrahah untuk menghancurkan Ka’bah(570)
5. Lahirnya Rasulullah SAW ke dunia (Senin pagi 20 April 570M bertepatan dengan 12 Rabi’ul Awwal)
6. Lahirnya Abu Bakar Ash Shiddiq (573)
7. Wafatnya Aminah setelah pulang berziarah (576)
8. Wafatnya Abdul Muthalib (578)


581 Masehi : Lahirnya Umar bin Khaththab
Beliau di awal da’wah Islam termasuk kelompok yang menentang Rasulullah SAW namun dengan izin Allah SWT, Umar bin Khaththab RA masuk Islam dan termasuk tokoh yang memilki peran besar dalam perkembangan Islam.

582 Masehi :
Muhammad SAW melakukan perjalanan pertama kalinya ke Negeri Syam bersama Pamannya

580-590 Masehi :
Terjadi perang Fijar antara kabilah Arab.
Nabi Muhammad ketika itu masih berumur ±15 tahun, namun beliau juga turut andil dalam pertempuran itu.

600 Masehi : Lahirnya Ali bin Abi Thalib
Beliau termasuk yang pertama kali menerima seruan Islam dari golongan anak-anak, kelak termasuk tokoh besar dalam Islam dan termasuk salah satu Khulafaur Rasyidin.

605 Masehi : Terjadi pembaharuan dalam Ka’bah
Nabi SAW terlibat dalam pembangunan Ka’bah tersebut, bahkan beliau terpilih sebagai orang yang diperkenankan untuk meletakkan Hafar Aswad pada tempatnya

610 Masehi :
Rasulullah SAW mulai menerima wahyu yang pertama di Gua Hira (Senin malam tanggal 10 Agustus 610M bertepatan dengan 21 Ramadhan). Sejak saat itu periode da’wah sirriyah dimulai. Yang pertama kali beriman ialah Khadijah, Abu Bakar, Ali bin Abi Thalib dan Zaid bin Haritsah. Kesilaman Abu Bakar merupakan awal keislaman sahabat lain yang masuk dalam As Sabiqunal Awwalun, mereka adalah Abdur Rahman bin ‘Auf, Utsman bin Affan, Sa’ad bin Abi Waqqash, Thalhah bin Ubaidillah dan Zubair bin Awwam.

613 Masehi :
Memulai da’wah Jahriyah (terang-terangan) dengan mengajak kerabat terdekat, namun salah seorang pamannya yang bernama Abu Lahab menentangnya dan melecehkannya saat beliau berpidato dihadapan kaum Quraisy. Lalu Allah SWT menurunkan Surat Al-Lahab atas kasus itu.

615 Masehi :
Hijrah yang pertama kalinya ke negeri Habasyah dengan jumlah kaum muslimin ± 15 orang (tahun kelima kenabian). Pada tahun ini pula Umar bin Khaththab dan Hamzah bin Abdul Muthallib masuk Islam.

617 Masehi :1. Kaum Quraisy melakukan pemboikotan dan pemutusan hubungan dengan Nabi SAW dan kaum muslimin.
2. Rasulullah SAW memerintahkan para sahabatnya agar hijrah ke Habasyah untuk yang keduakalinya. Maka berangkatlah kaum muslimin dengan jumlah 73 laki-laki dan 11 wanita.

619 Masehi :
Bulan Syawal tahun kesepuluh kenabian, beliau berda’wah ke Thaif yang jaraknya 10 mil dari Makkah bersama Zaid bin Haritsah dan kembali ke Makkan pada akhir bulan Juni tahun yang sama.
 
620 Masehi :
Dalam tahun 11 nubuwwah tepatnya pada bulan Juni Rasulullah SAW melebarkan da’wahnya kepada kabilah-kabilah Arab yang datang dari Madinah untuk berhaji. Merekalah yang kelak berperan sebagai Anshar. Kabilah terbesar yang masuk Islam adalah suku Auz dan Kazraj, maka pada tahun 12 kenabian terjadilah ba’it Aqabah yang pertama. Pada tahun ke13 kenabian, beliau SAW mendapat kemuliaan dari Allah SWT dengan syariat Isra’ da Mi’raj. Maka pada tahun itu kewajiban sholat lima waktu diturunkan. 
 
Pada tahun ke13 kenabian pula datang lagi utusan Anshar sebanyak 73 orang, maka dilaksanakanlah bai’at Aqabah yang kedua. Kali ini isi bai’at tersebut adalah kesiapan kaum Anshar untuk membela Rasulullah SAW serta kesiapan mereka untuk melindungi da’wah tersebut dari gangguan siapapun.
 
http://butonmuna.blogspot.com/2009/01/sirah-nabawiyah.html

------------

Shirah Nabawiyah


Sirah Nabawiyah (paling kiri) di antara Sirah Shahabah dan Shahabiyah, dan Sirah Tabi'in

Kitab "Sejarah Dunia", "Sirah Nabawiyah", dan "Sirah Khalifah Ar-Rasyidun"

Kitab "Sejarah Islam" karya Imam Adz-Dzahabi yang berjumlah 53 jilid

Sirah Nabawiyah karya Ibnu Hisyam dan Al-Mubarakfuri dalam terjemahan bahasa Indonesia
Sirah (teks Arab: السيرة) artinya adalah perincian hidup seseorang atau sejarah hidup seseorang.

Pengertian Sirah

Ibnu Mandzur dalam kitab Lisanul Arab menyatakan arti as-sirah menurut bahasa adalah kebiasaan, jalan, cara, dan tingkah laku. Menurut istilah umum, artinya adalah perincian hidup seseorang atau sejarah hidup seseorang.

Sirah nabawiyah

Seringkali sirah dimaksudkan sebagai "Sirah Nabawiyah", menurut istilah syar'i maksud dari as-sirah an-nabawiyah adalah Ilmu yang kompeten yang mengumpulkan apa yang diterima dari fakta-fakta sejarah kehidupan Nabi Muhammad S.A.W secara komprehensif dari sifat-sifatnya, etika dan moral.

Ruang lingkup

Sirah Nabawiyah berisi perincian kisah hidup rasulullah, yakni asal-muasal, suku dan nasab, dan keadaan masyarakatnya, sebelum dia dilahirkan. Kemudian berlanjut kepada kelahiran dia, masa kecil, remaja, dewasa, pernikahan, menjadi nabi, serta perjuangan-perjuangan dia dalam menegakkan Islam hingga akhir hayatnya.

Perbedaan sirah nabawiyah dengan sejarah

Sirah Nabawiyah dan sejarah memiliki arti yang serupa namun sejarah bersifat lebih umum dan sirah lebih khusus, dilihat dari sumber, perincian dan tujuannya, seperti:
  1. Sirah berasal dari kata saraha berarti perjalanan hidup sedangkan sejarah berasal dari kata syajarah (syajaratun) bermaksud pohon.
  2. Sirah Nabawiyah pembahasannya bertumpu kepada perjalanan dan kisah hidup Nabi Muhammad S.A.W secara rinci. Pembahasan juga menekankan sifat pribadi, akhlak serta cara dia menjalani kehidupan sehari yang bisa diteladani. Sedangkan sejarah pembahasannya hanya mengenai peristiwa-peristiwa yang dianggap penting yang terjadi pada masa lampau. Lebih difokuskan kepada perkembangan peradaban ataupun perkembangan suatu zaman.
  3. Sirah Nabawiyah bersumber hanya dari ayat Al-Quran, hadits nabi, dan riwayat para sahabat dia. Sedangkan sejarah melalui sumber primer (bukti-bukti dan rujukan yang kukuh), sekunder (penyelidikan), dan lisan (saksi).
  4. Sirah mengkhususkan kepada seseorang individu sedangkan sejarah kepada peristiwa dan pelakunya.
  5. Kedudukan fakta Sirah Nabawiyah tidak bisa berubah karena kejadian telah tercatat di dalam al-Quran, hadits dan riwayat sahabat (tidak ada yang baru). Sedangkan sejarah bisa saja berubah dengan ditemukannya sumber ataupun bukti yang lebih awal (baru) atau jelas dari sumber sebelumnya (lebih tua).
  6. Sirah Nabawiyah bertujuan sebagai pemberi teladan, contoh dan pendukung sejarah Islam.

Versi Sirah Nabawiyah

Diantara versi Sirah Nabawiyah yang diterima dan memiliki kedudukan adalah:
  1. Sirah Ibnu Hisyam, yakni sirah yang dianggap sebagai sirah tertua yang masih tersedia saat ini dari kalangan Sunni.
  2. Rahiqul Makhtum karya Al-Mubarakfurri, yakni sirah nabawiyah yang memiliki kriteria ketat dalam penyusunan dan hanya memasukan riwayat yang benar-benar shahih. Kitab ini mendapat peringkat pertama dalam kompetisi Penulisan Sirah Nabawiyah yang diselenggarakan oleh Rabithah Alam Islami. Kitab ini menjadi populer dan telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa.
  3. Sirah Ibnu Ishaq, yakni sirah nabawiyah yang telah hilang buku aslinya, sedangkan yang beredar sekarang ini adalah hasil saduran para ulama dari Sirah Ibnu Hisyam.
Sirah Nabawiyah kemudian disusun oleh penulis kontemporer baik dari kalangan Muslim maupun orientalis, hanya saja sumber yang digunakan kadangkala dikritik, mulai dari keshahihan riwayatnya, pendapat pribadi, dan sumber yang bertentangan atau campur aduk.

Rujukan

  1. ^ Lisanul Arab, Ibnul Mandzur.
  2. ^ http://asiri.net/seerah/seerah.htm
  3. ^ http://lagendahawa.blogspot.com/2013/01/pim-sirah-perbandingan-sirah-dan-sejarah.html
  4. ^ Yakni mencampur atau menggunakan salah satu sumber dari Sunni dan Syi'ah, padahal keduanya berbeda pendapat dalam hal tersebut. Misal ketika Sunni menolak kevalidan riwayat Syi'ah atau sebaliknya.

http://id.wikipedia.org/wiki/Sirah

----------------

Sejarah Islam - Sirah Nabawi


Koleksi ceramah MP3 agama Islam tentang sejarah Islam, sirah nabawi, perjuangan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, kisah sahabat dan salafusshaleh.

Sirah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam

  1. Sirah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam 1, 2, 3, oleh Ustadz Abdullah Hadrami
  2. Kajian Siroh Nabawiyah, oleh Ustadz Firanda Andirja, MA.
  3. Kenalilah Nabi-mu shallallahu ‘alaihi wa sallam, oleh Ustadz Abdullah Hadrami
  4. Hakikat Turunnya Wahyu, oleh Aslam Muhsin
  5. Hari-Hari Terberat Rasulullah, oleh Abu Zubeir al-Hawaary, Lc.
  6. Wasiat Sang Kekasih, oleh Abu Zubeir al-Hawaary, Lc.
  7. Dakwah Rasululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam di Madinah, oleh Ustadz Agus Hasan Bashori
  8. Kebenaran Kerasulan Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, oleh Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat
  9. Wasiat Dihari-Hari Menjelang Wafatnya Rosulullah, oleh Ustadz Abu Zubeir al-Hawaary, Lc.
  10. Wasiat Perpisahan, oleh Ustadz Yazid Jawas
  11. Wasiat Terakhir Rasullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, oleh Ustadz Yazid Jawas
  12. Detik-Detik Menjelang Wafatnya Rasulullah, oleh Syaikh Dr. Sulaiman Ar-Ruhaili

Keluarga dan Istri-Istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

  1. Perintah Nabi Untuk Menghormati Ahlul Bait, oleh Ustadz Badrusalam, Lc.
  2. Cinta Sahabat & Keluarga Nabi, oleh Ustadz Abdullah Hadrami
  3. Istri – Istri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, oleh Zainal Abidin Syamsudin, Lc.
  4. Istri-Istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, oleh Ustadz Abdullah Hadrami
  5. Kehidupan Istri-Istri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, oleh Ustadz Armen Halim Naro, Lc.
  6. Kecintaan kepada Ahlul Bait, oleh Ustadz Dzulkarnain
  7. Kehidupan Keluarga Rasulullah Yang Bahagia & Harmonis, oleh Ustadz Ali Basuki

Kisah Para Sahabat

  1. Kisah Abu Bakar Radiyallahu’anhu, oleh Abu Zubeir al-Hawaary, Lc.
  2. Kisah Abu Bakar As-Siddiq, oleh Ustadz Abdurrahman Attamimi
  3. Kisah Umar bin Khattab, oleh Ustadz Abdurrahman Attamimi
  4. Kisah Utsman bin Affan, oleh Ustadz Abdurrahman Attamimi
  5. Kisah Ali bin Abi Thalib, oleh Ustadz Abdurrahman Attamimi
  6. Kisah Abu Bakar As-Siddiq dan Para Sahabat, oleh Ustadz Abdurrahman Attamimi
  7. Kisah 19 Sahabat, oleh Ustadz Abdurrahman Attamimi
  8. Kisah Salman Al-Farisi dan Para Sahabat oleh Ustadz Abdurrahman Attamimi

Peperangan di Masa Rasulullah Shalla Allahu ‘alaihi wa sallam

  1. Kisah Perang Ahzab, Badar, Uhud, oleh Ustadz Abdullah Hadrami
  2. Kisah Perang Khandaq, Bani Al-Musthaliq, Khaibar, Mu’tah, Hunain, Tabuk, oleh Ustadz Abdullah Shaleh Hadrami
  3. Kisah Perang Badar Al-Kubra, oleh Ustadz Abdullah Shaleh Hadrami
  4. Kisah Perang Uhud, oleh Ustadz Abu Salma, Lc.
  5. Antara Perang Badar Sampai Perang Uhud, oleh Ustadz Abdullah Hadrami
  6. Mendulang Hikmah Dari Kisah Ka’ab bin Malik di Perang Tabuk, oleh Ustadz Maududi Abdullah, Lc.
  7. Mendulang hikmah dari perang hunain, oleh Ustadz Armen Halim Naro Rahimahullah

Keutamaan Para Sahabat

  1. Keutamaan Sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, oleh Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat
  2. Pemahaman Sahabat Sebagai Standar Beragama, oleh Ustadz Zainal Abidin Syamsudin, Lc.

Dakwah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

  1. Manhaj Nabi dalam Berdakwah, oleh Ustadz Abu Qatadah
  2. Manhaj Dakwah Para Nabi, oleh Ustadz Badrusalam, Lc.

Bukti Cinta Kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

  1. Akhlak Mencintai Allah Dan Rasulnya, oleh Ustadz Abu Haidar
  2. Cinta Sejati Kepada Sang Nabi, oleh Ustadz Abdullah Zaen, MA.
  3. Hakikat Cinta Rosullulloh, oleh Ustadz Zainal Abidin, Lc.
  4. Tanda-Tanda Cinta Pada Rasulullah, oleh Ustadz Maududi Abdullah, Lc.
  5. Wasiat Emas Rasulullah, oleh Ustadz Abdurrahman Thoyyib
  6. Keutamaan Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, oleh Ustadz Abdullah Shaleh Hadrami
  7. Cinta Sahabat dan Keluarga Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, oleh Ustadz Abdullah Hadrami

Sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

  1. Memuliakan Sunnah Nabinya, oleh Ustadz Abdul Haq
  2. Adab Menjaga Sunnah, oleh Armen Halim Naro, Lc. Rahimahullah

Tanya Jawab

  1. Kenapa Kita Bersalawat untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Kenapa Beliau Beristighfar


------------------
--------------

Dengan adanya keimanan yang tertanam dalam hati, manusia akan mengakui kekurangan dan kelemahan dirinya dihadapan Allah sehingga tidak sempat menyombongkan diri. Bahkan manusia akan selalu merendahkan diri, memohon petunjuk dan menerima kritik dari orang lain.

 Sehingga bersihlah jiwanya baik dalam berperilaku maupun dalam beramal zariyah yang pada akhirnya makin meningkatlah rasa taqwanya pada Allah.

 
Sumber Artikel  (wisatapedia.web.id)
Sumber Gambar (dari berbagai sumber)




---------------

Sumber asli ;
https://granadamediatama.wordpress.com/poster/penciptaan-alam-semesta-dalam-al-quran-dan-sains/ 


http://waones-sbm.blogspot.com/2015/03/pemikiran-dan-pandangan-modern-dalam.html


Bila anda akan meng-copy atau memperbanyak bahasan artikel ini, seyogyanya anda tetap mencantumkan sumber pada Sumber asli dan bahan tulisan di atas.


Demikian artikel tentang Kaleidoskop Global Shirah Nabawiyah
Semoga bisa menjadi hiburan dan terutama menambah wawasan anda ...

Kembali ke Halaman Utama >>>>
Pemikiran dan Pandangan Modern Dalam ARTIKEL AKHIR ZAMAN


I Hope you like the post. Stay connected for more...


Edit; wawansurya
Sumber utama bahasan;
http://wawansurya.de.vu
http://wawansurya.tk
http://wawansurya.infos.st
http://wwbisnis.blogspot.com
www.affiliate-waones.com
http://waones-sbm.blogspot.com
http://mitra-sbm.blogspot.com

Terima kasih sudah Mau Berkunjung Keblog Ini .. bila ada yang tidak berkenan .... Comment aja ... yah!!!

merchant 
Search Engine

Artikel Menarik Lainnya :



1 comment: