Tuesday, November 13, 2012

Terence Tao : Ahli Matematika Muda dari Australia






Tao Ilmuwan Muda dalam bidang matematika

Tao di Maret 2006
 di Konferensi Memorial Erdös
di Memphis, Tennessee
Profil dan Biografi;
Lahir17 Juli 1975 (umur 37) Adelaide , Australia
Tempat tinggal Los Angeles , California
Kebangsaan Australia , Amerika Serikat
Fields Matematika
Lembaga University of California, Los Angeles
Alma mater Flinders University, Princeton University
Terkemuka penghargaan ; Salem Prize (2000) Bôcher Memorial Prize (2002) Tanah Liat Research Award (2003)Medal Masyarakat Australia Matematika (2005) Ostrowski Prize (2005) SASTRA Ramanujan Prize (2006) Levi L.Conant Prize (2005) Fields Medal (2006) MacArthur Penghargaan (2007) Fellow dari Royal Society (2007) Alan T. Waterman Penghargaan (2008)Onsager Medal (2008) Raja Faisal International Prize (2010)Nemmers Prize in Mathematics(2010) Polya Prize (2010)Crafoord Hadiah (2012)


Terence "Terry" Chi-Shen Tao FRS ( Cina disederhanakan : 陶哲轩 ; tradisional Cina : 陶哲轩 ) (lahir 17 Juli 1975, Adelaide ), adalah Australia matematika bekerja di analisis harmonik , persamaan diferensial parsial , combinatorics aditif , ergodic teori , matriks acak teori, dan analisis nomor teori . Dia saat ini memegang kursi James Collins dan Carol dalam matematika di University of California, Los Angeles . Dia adalah salah satu penerima tahun 2006 Field Medal .

Kehidupan pribadi
Tao adalah anak ajaib , salah satu mata pelajaran dalam penelitian longitudinal pada anak-anak yang sangat berbakat oleh peneliti pendidikan Miraca Gross . Ayahnya mengatakan kepada pers bahwa pada usia dua tahun, selama pertemuan keluarga, Tao berusaha untuk mengajarkan 5 tahun anak aritmatika dan bahasa Inggris .

Menurut Smithsonian Magazine online, Tao dapat melakukan aritmatika dasar pada usia dua. Ketika ditanya oleh ayahnya bagaimana ia tahu angka dan huruf, ia mengatakan ia belajar mereka dari Sesame Street . Selain bahasa Inggris, Tao berbicara Kanton , tapi tidak bisa menulis Cina.

Tao dipamerkan kemampuan matematika yang luar biasa sejak usia dini, menghadiri matematika tingkat program universitas pada usia sembilan. Dia adalah salah satu dari hanya dua anak (selain Lenhard Ng ) dalam sejarah Johns Hopkins ' Studi Bakat luar biasaprogram yang telah mencapai skor 700 atau lebih besar pada bagian matematika SAT sementara hanya 8 tahun (ia mencetak 760).


Pada tahun 1986, 1987, dan 1988, Tao adalah peserta termuda sampai saat ini di Olimpiade Matematika Internasional , pertama bersaing pada usia sepuluh, memenangkan perunggu, perak, dan medali emas masing-masing. Dia tetap menjadi pemenang termuda dari masing-masing tiga medali dalam sejarah olimpiade memenangkan medali emas ketika ia nyaris berbalik tiga belas. Pada usia 14, Tao menghadiri Penelitian Science Institute . Ketika ia berusia 15 ia menerbitkan makalah asisten pertamanya. Dia menerima gelar sarjana dan master (pada usia 16) dari Flinders University di bawah Garth Gaudry. Pada tahun 1992 ia memenangkan beasiswa Fulbright untuk melakukan studi pascasarjana di Amerika Serikat . Dari tahun 1992 sampai 1996, Tao adalah seorang mahasiswa pascasarjana di Princeton University di bawah arahan Elias Stein , menerima nya Ph.D. pada usia 20. Ia bergabung dengan fakultas dari Universitas California, Los Angeles pada tahun 1996.

Ketika ia berusia 24, ia dipromosikan menjadi profesor penuh di UCLA dan tetap orang termuda yang pernah ditunjuk untuk peringkat yang oleh institusi. Ayah Tao adalah lahir dan dibesarkan di Shanghai , dan ibu Tao adalah Kanton oleh etnis. Orang tuanya adalah imigran generasi pertama dari Hong Kong ke Australia . Ayahnya, Billy Tao ( Chinese : 陶象国 ; pinyin : TAO Xiangguo , Kanton Yale : tòuh jeuhng gwok) adalah seorang dokter anak, dan ibunya adalah fisika dan matematika lulusan dari University of Hong Kong , mantan guru sekolah menengah dari matematika di Hong Kong .
Tao memiliki dua saudara yang tinggal di Australia, keduanya mewakili Australia di Olimpiade Matematika Internasional .
Nigel Tao adalah bagian dari tim di Google Australia yang dibuat Google Wave .
Trevor Tao memiliki gelar ganda di bidang matematika dan musik dan akan segera ditampilkan dalam sebuah buku tentang sarjana autis .
Tao, istrinya Laura (seorang insinyur di NASA Jet Propulsion Laboratory), putra dan putri mereka tinggal di Los Angeles ,California .


Penelitian dan penghargaan
Tao telah memenangkan berbagai penghargaan dan penghargaan. Ia menerima Hadiah Salem pada tahun 2000, Bôcher Memorial Prize pada tahun 2002, dan Research Award tanah liat pada tahun 2003, atas kontribusi untuk analisis termasuk bekerja pada dugaan Kakeya dan peta gelombang . Pada tahun 2005 ia menerima American Society matematika 's Levi L. Conant Prize dengan Allen Knutson, dan pada tahun 2006 ia dianugerahi SASTRA Ramanujan Prize .
Pada tahun 2004, Ben Hijau dan Tao merilis preprint membuktikan apa yang sekarang dikenal sebagai Teorema Green-Tao . Teorema ini menyatakan bahwa ada sewenang-wenang panjang progresi aritmatika dari bilangan prima .

The New York Times menggambarkan seperti ini;
Pada tahun 2004, Dr Tao, bersama dengan Ben Green, seorang matematikawan sekarang di University of Cambridge di Inggris, memecahkan masalah yang berkaitan dengan dugaan Perdana Twin dengan melihat bilangan prima progresi-serangkaian angka sama spasi. (Misalnya, 3, 7 dan 11 merupakan perkembangan bilangan prima dengan jarak 4;. Nomor berikutnya secara berurutan, 15, tidak prima) Dr Tao dan Dr Hijau membuktikan bahwa selalu mungkin untuk menemukan , di suatu tempat di infinity bilangan bulat, suatu perkembangan bilangan prima dari jarak yang sama dan setiap panjang.

Untuk pekerjaan ini dan lainnya Tao dianugerahi Medali Masyarakat Australia Matematika tahun 2004.
Pada Agustus 2006, pada tanggal 25 Internasional Kongres hebat matematika di Madrid , ia menjadi salah satu orang termuda, yang pertama Australia, dan anggota fakultas UCLA pertama yang pernah diberikan Field Medal . Sebuah artikel oleh New Ilmuwan menulis tentang kemampuannya:

Tersebut adalah reputasi Tao bahwa matematikawan sekarang bersaing untuk menarik baginya dalam masalah mereka, dan ia menjadi semacam Mr Fix-it bagi para peneliti frustrasi. "Jika Anda terjebak pada masalah, maka salah satu jalan keluar adalah dengan bunga Terence Tao," kata Charles Fefferman [guru besar matematika di Universitas Princeton].

Tao adalah seorang finalis untuk menjadi Australian of the Year pada tahun 2007. Dia adalah anggota yang sesuai dari Akademi Ilmu Pengetahuan Australia , dan pada tahun 2007 terpilih sebagai Fellow dari Royal Society . Pada yang sama Tahun Tao juga menerbitkan ketidaksetaraan Tao, perluasan ke lemma keteraturan Szemerédi di bidang teori informasi .

Pada bulan April 2008, Tao menerima Alan T. Penghargaan Waterman , yang mengakui seorang ilmuwan awal karir untuk kontribusi luar biasa di bidang mereka. Selain medali, Waterman penerima beasiswa juga menerima hibah $ 500.000 untuk penelitian lanjutan.
Pada bulan Desember 2008, ia diangkat The Lars Onsager dosen tahun 2008, untuk " Kombinasi nya kedalaman matematika, lebar dan volume dengan cara belum pernah terjadi sebelumnya dalam matematika kontemporer ". Dia disajikan Medal Onsager, dan memegang nya Lars kuliah Onsager berjudul " Struktur dan keacakan dalam bilangan prima " di NTNU , Norwegia .
Tao juga terpilih sebagai Fellow dari American Academy of Arts dan Ilmu Pengetahuan pada tahun 2009. [ rujukan? ]

Pada 2010, ia menerima Hadiah Internasional Raja Faisal bersama-sama dengan Enrico Bombieri . Juga pada tahun 2010, ia dianugerahi Hadiah Nemmers di Matematika [ 26 ]bersama dengan Prize Polya (SIAM) . Tao dan Van H. vu memecahkan hukum melingkar dugaan.
Tao juga memberikan kontribusi bagi studi tentang dugaan Erdös-Straus tahun 2011 dengan menunjukkan bahwa jumlah solusi untuk persamaan Erdös-Straus meningkat polylogarithmically sebagai n cenderung tak terhingga.

Pada 2012 ia dan Jean Bourgain menerima Hadiah Crafoord di Matematika dari Royal Swedish Academy of Sciences . Ia membuktikan bahwa setiap integer ganjil lebih besar dari 1 adalah jumlah paling banyak lima bilangan prima.
Dia adalah anggota dari Royal Society , yang Australian Academy of Sciences (Anggota Sesuai), yang National Academy of Sciences (anggota Luar Negeri), dan American Academy of Arts and Sciences . Pada tahun 2006, ia menerima Medali Fields "atas kontribusi untuk persamaan diferensial parsial, kombinatorik, analisis harmonik dan aditif nomor teori", dan pada tahun 2007, ia dianugerahi Fellowship MacArthur . Ia telah tampil dalam The New York Times , CNN , USA Today , Popular Science , dan banyak media lainnya.
Seperti dari 2011 Tao telah menerbitkan lebih dari 230 makalah penelitian .

Publikasi
Memecahkan Masalah Matematika: Sebuah Perspektif Pribadi , Oxford University Press, 2006
Analisis , jilid I dan II, Hindustan Book Agency, 2006
Aditif Kombinatorik , dengan Van H. Vu , Cambridge University Press, 2006
Struktur dan Randomness: halaman dari satu tahun dari blog matematika , matematika dari Amerika Serikat. 2.008
Poincaré 's warisan: halaman dari dua tahun dari sebuah blog matematika , jilid. I dan II, American Society matematika, 2009
Sebuah Epsilon Room, I: Analisis Real: halaman dari tiga tahun dari sebuah blog matematika , American Society matematika, 2011 di sini
Sebuah Epsilon Room, II: halaman dari tiga tahun dari sebuah blog matematika , American Society matematika, 2011

Edit ; wawansurya
Sumber;
www.affiliate-waones.com
en.wikipedia


merchant 
Search Engine

Artikel Menarik Lainnya :



No comments:

Post a Comment